5 Penyebab Sakit Tenggorokan

Sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa saya mau menjelaskan penyebab sakit tenggorokan pada artikel yang berbeda. Sakit tenggorokan atau biasa di sebut faringitis dalam dunia kesehatan merupakan gangguan yang berupa peradangan di sekitar tenggorokan. Peradangan ini bisa menggangu aktivitas anda terutama saat makan. Ketika mengalami peradangan di tenggorokan, anda akan merasa sakit jika menelan makanan. Hal yang menggangu lainnya adalah rasa gatal yang cukup menggangu. Perlu anda ketahui peradangan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor / sebab, dimana masing-masing penyebab harus di obati dengan cara yang berbeda. Pengetahuan mengenai sebab peradangan ini bisa membantu anda mengetahui langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

penyebab sakit tenggorokan

Penyebab Sakit Tenggorokan Yang Paling Sering Terjadi

Sebenarnya dari lima penyebab yang saya sebutkan dalam judul bisa dikelompokkan menjadi 3 bagian penyebab utama. Penyebab utama tersebut dikelompokkan dalam kategori infeksi virus, infeksi bakteri dan sebab non infeksi.Dari ketiga penyebab sakit tenggorokan diatas biasanya yang paling sering terjadi adalah infeksi virus. Virus ini biasanya yang juga menyebabkan flu atau pilek sehingga sakit tenggorokan juga menjadi gejala penyakit flu dan pilek.

A. Virus

Penyebab sakit tenggorokan yang paling umum adalah Virus, virus yang familiar dengan kita adalah influenza dan Mononucleosis. Virus ini menyebabkan adanya lendir di tenggorokan sehingga menyebabkan peradangan. Virus ini juga menjadi penyebab sakit flu sehingga kadang orang yang mengalami flu terlebih dahulu harus mengalami sakit tenggorokan.

Ada beberapa virus lain yang juga menjadi penyebab sakit tenggorokan, diantaranya Apthous stomatitis, virus campak dan virus croup. Jika anak anda mengalami batuk yang cukup keras hingga menggeru-geru biasanya penyebabnya adalah virus croup.

 

B. Bakteri

Bakteri yang biasanya menyebabkan sakit tenggorokan adalah Streptococcus. Bakteri Streptococcus ini menyebabkan penyakit yang dalam dunia medis disebut Strep Throat. Bakteri ini menyebar dengan adanya kontak air liur dan sekresi hidung yang mengalami infeksi. Jenis penyakit Strep Throat sebenarnya lebih umum terjadi pada anak-anak, naum tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalami hal tersebut.

Bakteri lain penyebab sakit tenggorokan adalah Arcanobacterium haemolyticum. Bakteri jenis ini membuat bagian tenggorokan luka-luka bahkan seperti meninggalkan noda/ruam di tenggorokan.

 

C. Alergi

Salah satu penyebab yan bukan dikarenakan infeksi adalah alergi. Alergi bisa mengakibatkan sakit tenggorokan. Contoh alergi yang biasanya terjadi adalah alergi karena debu, alergi karena bulu kucing/anjing, alergi jamur dan masih banyak lagi. Jika anda termasuk orang yang mudah alergi usahakan menggunakan masker saat berkegiatan diluar ruangan. Hal ini membantu anda mengurangi resiko sakit tenggorokan.

 

D. Tenggorokan Kering

Kurang lembabnya tenggorokan juga dapat menyebabkan peradangan. Gejala tenggorokan kering ini bisa disebabkan karena kurang minum air, suhu panas dan berdebu atau saat anda pilek sehingga harus bernapas menggunakan mulut karena hidung anda tersumbat.

 

E. Iritasi
Jika anda sering makan gorengan atau makanan kering yang menyebabkan tenggorokan anda sakit. Hal itu termasuk dalam kategori iritasi, tubuh anda tidak terbiasa atau cukup terganggu dengan lingkungan yang memiliki kualitas udara yang buruk sehingga saluran pernapasan mengalami peradangan terutama dibagian tenggorokan.

Anda bisa mengambil langkah-langkah selanjutnya untuk mengatasi sakit tenggorokan ini. Coba cek artikel cara mengobati sakit tenggorokan untuk solusi aman menangani sakit tenggorokan. Demikian informasi mengenai penyebab sakit tenggorokan yang sering terjadi baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, sran saya selalu jaga kondisi tubuh dan jaga kebersihan.