Bahayanya Penyakit Jantung Bocor

Penyakit jantung bocor merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang sangat berbahaya dan mematikan. Sama dengan diabetes atau demam berdarah, penyakit ini sering menjadi penyakit yang mematikan. Penyakit ini bisa terjadi pada orang dewasa dan bahkan pada bayi. Ada beberapa kasus yang terjadi di Indonesia melibatkan bayi yang mengalami gangguan pada jantungnya. jantung bocor pada bayi yang baru lahir bisa dikarenakan oleh faktor bawaan sejak lahir atau karena penyebab lain. Bayi bisa memiliki kelainan jantung dimana bilik jantung bisa terdapat lubang. Saat ini penyebab kelainan jantung yang merupakan penyakit bawaan masih belum diketahui secara pasti. Beberapa literatur yang saya baca menyatakan bahwa hampir 90% penyebab kelainan jantung bawaan memiliki penyebab yang tidak diketahui, sedangkan faktor lingkungan atau infeksi memiliki 3% dan 7% sisanya merupakan penyebab genetika / keturunan.

Literatur tersebut juga menyebutkan apa saja faktor lingkungan yang menjadi penyebab penyakit jantung bocor. Faktor lingkungan tersebut diantaranya kebiasaan ibu yang merokok saat hamil, mengkonsumsi obat-obatan yang tidak sesuai dengan resep dokter dan terjadinya infeksi saat hamil. Kelainan jantung bocor pada orang dewasa juga hampir sama penyebabnya, yaitu faktor lingkungan atau karena kondisi kesehatan yang membuat katup jantung tidak bekerja secara maksimal sehingga menggangu aliran darah dari jantung keseluruh tubuh.

penyakit jantung bocor

Pengertian Penyakit Jantung Bocor

Mungkin anda beberapa dari pembaca yang belum mengetahui mengapa penyakit ini dinamakan jantung bocor. Sebelum membahas mengapa jantung bisa bocor kita pelajari anatomi jantung terlebih dahulu. Jantung merupakan bagian vital dalam kehidupan kita, fungsinya adalah memompa darah yang kemudian didistribusikan keseluruh tubuh. Tuhan menciptakan jantung kita dengan sempurna kecuali bagi beberapa teman kita yang memiliki kelainan sehingga fungsi jantung tidak berjalan sebagaimana mestinya. Kelainan yang menyebabkan penyakit jantung bocor adalah tidak berfungsinya katup jantung yang berfungsi untuk mengatur aliran darah. Katup bergerak seperti sistem buka tutup dan memastikan aliran darah sesuai dengan aliran dalam bilik jantung. Secara umum manusia memiliki 4 katup untuk menjalankan fungsinya. Berikut ini 4 katup jantung yang ada dalam tubuh manusia.

  • Katup Trikuspid
  • Katup Pulmonal
  • Katup Mitral
  • Katup Aorta

Dari 4 katup diatas hanya katup mitral yang memiliki dua klep sedangkan ltiga lainnya memiliki 3 klep. Klep tersebut akan membuka dan membiarkan aliran darah bergerak dalam satu arah melalui bilik. Klep pada katup kemudian akan menutup agar aliran darah tidak kembali mundur.

Kelainan pada kesehatan jantung membuat salah satu katup jantung bocor. Istilah penyakit jantung bocor digunakan untuk menggambarkan kondisi dimana setelah jantung memompa darah kedepan, ada sebagian darah yang bocor kebelakang melalui katup yang tidak tertutup secara sempurna. Kejadian bocornya darah melalui katup yang tidak menutup secara sempurna bisa disebut juga dengan istilah regurgitasi katup / valve regurgitation.

Diagnosis Jantung Bocor pada Orang Dewasa

Untuk mengetahui jantung bocor pada orang dewasa biasanya anda memerlukan pemeriksaan dokter. Terkadang sulit sekali untuk mengenali apa gejala jantung bocor sehingga saran saya adalah memeriksakan diri apabila anda sering mengalami sesak napas dan denyut jantung yang begitu cepat. Berikut ini diagnosis yang biasanya dilakukan oleh dokter:

  • Menggunakan stetoskop untuk mendengarkan jantung dan beberapa suara abnormal pada jantung
  • Menggunakan bantuan USG untuk melihat kondisi jantung, diagnosis ini juga sering disebut dengan ekokardiogram

Katup jantung bocor biasanya dapat didiagnosis dengan echocardiogram dengan deskripsi tingkat keparahan katup. Deskripsi tersebut akan dilengkapi dengan diagnosis pemeriksaan fisik pada jantung manusia. Anda bisa memeriksakan diri anda bila mengalami beberapa gejala umum jantung bocor pada bagian selanjutnya.

Ciri-Ciri Jantung Bocor

Beberapa dari penderita penyakit jantung bocor tidak menyadari kalau dirinya memiliki kelainan jantung. Kejadian seperti ini sering terjadi karena katup jantung yang bocor biasanya tidak menumbulkan gejala yang bisa dirasakan secara langsung bagi penderitanya. Inilah yang menyebabkan jantung bocor sangat berbahaya karena saat ini ada sebagian orang sehat yang kadang juga memiliki katup yang bermasalah. Masalah tersebut bisa menjadi parah ketika jantung bocor mulai menyebabkan gagal jantung kongestif.

Gejala gagal jantung kongestif ini bisa digunakan bagi anda untuk mengetahui ciri-ciri penyakit jantung bocor. Ciri-cirinya diantaranya:

  • Kaki yang membengkak
  • Retensi cairan ditubuh
  • Sesak napas meskipun tidak melakukan kegiatan yang berat
  • Denyut jantung yang cepat
  • Jantung berdebar-debar tanpa sebab yang pasti / palpitasi

Bagaimana Jika Sudah Terdiagnosis Terkena Penyakit Jantung Bocor

Menindaklanjuti ciri-ciri jantung bocor diatas dengan memeriksakan diri ke dokter adalah langkah yang benar. Memastikan kesehatan katup jantung tersebut akan mengurangi resiko yang lebih besar dan membuat seseorang akan mengetahui apa saja langkah yang harus diambil agar akibat dari jantung yang bocor bisa dihindari.

Apabila seseorang telah terdiagnosis mengalami penyakit jantung bocor, olahraga ringan menjadi pilihan utama untuk menjaga kesehatan jantung anda. Seseorang juga perlu melakukan konsultasi pada dokter jika memang diagnosis tersebut mengatakan bahwa dirinya mengalami jantung bocor yang parah. Rokok juga merupakan benda yang harus dihindari bagi setiap orang yang terdiagonsis mengalami jantung bocor. Rokok bisa mempengarungi kesehatan tubuh dan kondisi katup seseorang.

Begitu bahanya penyakit ini apabila anda tidak peduli dengan kesehatan anda, lingkungan anda dan jantung anda. Penyakit yang tidak menimbulkan gejala justru lebih berbahaya dibandingkan dengan penyakit yang menimbulkan gejala yang bisa dirasakan melalui perubahan fisik seperti luka bakar atau penyakit lainnya. Semoga pembahasan mengenai penyakit jantung bocor ini memberikan kesadaran bagi semua untuk selalu menjaga kondisi kesehatan jantung.