Balapan di Misano, Rossi Siap Menang di Kandang Sendiri

Valentino Rossi merasa siap untuk kembali bertarung di Grand Prix MotoGP Misano akhir pekan ini. Rossi yang masih terpaut 10 poin dari Dani Pedrosa memandang ini adalah waktunya memangkas poin di kandangnya sendiri. Kita tahu bahwa lanjutan seri ke-13 akan diselenggarakan di sirkuit Misano, San Marino yang notabene merupakan markas pembalap Italia seperti Valentino Rossi dan Andrea Iannone.

valentino rossi

“Saya senang kalau balapan di San Marino. Balapan ini selalu menjadi istimewa bagi saya karena jarak rumah saya dengan sirkuit Misano cuma 10 kilometer yang artinya ini rumah saya dan banyak sahabat dan teman saya akan menyemangati saya disini. Saya juga merasa sirkuit Misano merupakan tempat favorit saya, ” Kata The Doctor dikutip dari Crash.

Sirkuit Misano atau dengan nama lengkap Marco Simoncelli Misano, perubahan nama yang ditujukan untuk menghormati mendiang Marco Simoncelli ini terletak di Republik San Marino, di dekat kota Ariatic Riviera  atau 10 km dari kota Tavullia, tempat tinggal Rossi. Sirkuit Misano memiliki karakteristik panjang lintasan 4, 2 km dan lebar 12 meter dengan 16 tikungan ( 10 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri). Sirkuit ini mampu memiliki 6.000 kursi yang akan dipenuhi penonton yang menyemarakkan balapan. Sirkuit Misano masuk ke dalam kalender MotoGP pada tahun 2007, meskipun sebelumnya pernah menjadi tuan rumah motogp pada tahun 80-90’an.

Untuk Sirkuit Misano, Valentino Rossi sendiri meraih podium utama pada gelaran motoGP tahun 2012 yang lalu, namun dia selalu tampil impresif di sirkuit ini, meskipun pada balapan di Silverstone dia cuma mampu memperoleh podium tiga, kita berharap dia mampu menjuarai seri ini karena sampai ke seri 12 tidak satu pun seri dimenangkan oleh Valention Rossi. The Doctor juga berharap agar saat balapan cuacanya baik, balapan tahun ini memang sering terjadi pada cuaca yang membingungkan sehingga pebalap sendiri merasa kesulitan menentukan apakah ingin menggunakan ban soft atau hard, perbedaan cuaca ini menuntut pembalap untuk memiliki strategi alternatif ketika setup pada saat free practice ternyata beda dengan kondisi saat balapan terjadi.

Saat ini klasemen masih dikuasai oleh dua pembalap Honda, Marc Marques dan Dani Pedrosa yang akhirnya menyicipi satu podium utama ketika balapan di Brno, Czech Republic. Poin sementara : Marc Marques memimpin klasemen dengan 288 poin, disusul rekan satu tim Dani Pedrosa yang mengumpulkan 199 poin , Valentino Rossi dengan 189 Poin sedangkan posisi 4 dan 5 ditempati Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso dengan 157 Poin dan 129 poin.