Benarkah Ayam Penyebab Penyakit Tipes?

Penyakit tifus / orang jawa lebih suka menyebutnya dengan istilah tipes merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab penyakit tipes adalah Salmonella typhi yang sangat aktif ketika sudah menginfeksi tubuh manusia. Tipes sering terjadi pada anak-anak meskipun pada beberapa kasus ada juga orang yang mengalami penyakit ini. Anak-anak lebih sering mengalami tipes karena aktivitasnya yang kadang kurang menjaga kebersihan ataupun sering jajan makanan sembarangan. Belum sempurnanya sistem kekebalan anak juga menjadi faktor kenapa penyakit ini sering terjadi pada anak-anak. Anda perlu berhati-hati ketika anak anda atau saudara anda memiliki tanda-tanda gejala penyakit tipes, karena tipes merupakan penyakit berbahaya dengan angka kematian yang cukup tinggi.

Menurut data yang kami peroleh, penderita tipus mencapai 2, 16 juta kasus di seluruh dunia dengan angka kematian yang cukup tinggi yaitu 216.000. Asia merupakan benua yang memiliki tingkat resiko yang tinggi untuk mengalami penyakit tipes. Hampir 90% kejadian tipes tercatat terjadi di benua Asia. Indonesia sendiri juga memiliki catatan yang memprihatinkan dengan kasus kematian hingga 20 ribu orang per tahun dari 900 ribu kasus penyakit ini.

penyebab penyakit tipes

undercooked chicken penyebab penyakit tipes


Penyebab Penyakit Tipes Pada Anak dan Orang Dewasa

Bakteri Salmonella typhi menjadi aktor utama dibalik kasus penyakit tipes. Lalu bagaimana seseorang bisa mendapatkan infeksi bakteri ini dalam kehidupan sehari-hari ? Faktor lingkungan menjadi pehatian penting ketika membicarakan penyakit tipes. Selama ini banyak orang yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungannya sehingga bakteri ini berkembangbiak dengan baik disana. Berikut ini beberapa penyebab penyakit tipes yang perlu anda waspadai :

1. Fasilitas sanitasi yang kurang memadai Kita menyadari bahwa ada sebagian wilayah di Indonesia yang masih memiliki fasilitas sanitasi yang buruk. Di wilayah dengan fasilitas sanitasi yang kurang memadai tersebut seringkali bakteri salmonella berkembang diri dan mengkontaminasi lingkungan tempat tinggal manusia. Akses air bersih juga menjadi salah satu point penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah dan dinas terkait mengingat air merupakan sumber kehidupan manusia.

2. Malas untuk cuci tangan Mungkin anda tidak menyadari bahwa 5 menit waktu anda untuk cuci tangan ternyata menyelamatkan hidup anda dari infeksi bakteri salmonella. Malas cuci tangan merupakan penyebab penyakit tipes yang tidak disadari banyak orang. Biasakan untuk selalu cuci tangan sebelum anda menyentuh makanan agar makanan tersebut tidak terkontaminasi dengan bakteri.

3. Makanan yang terkontaminasi Kejadian ini saring terjadi jika anda hobby untuk jajan diluar rumah. Anda tidak tahu kan bagaimana sesungguhnya proses pengolahan bahan makanan yang ada di dapur. Bagi sebagian restoran yang memiliki mutu tinggi mungkin akan memperhatikan proses produksi yang sehat, namun adapula yang cuek dengan hal ini. Bahan makanan yang dioleh bisa terkontaminasi dengan bakteri salmonella jika tidak dicuci terlebih dahulu. Air untuk memasakpun sebenarnya bisa menyebabkan kontaminasi tersebut, maka berhati-hatilah saat memilih tempat makan.

4. Menggunakan toilet umum Sulit untuk menghindari penggunaan toilet umum ketika anda melakukan perjalanan jauh. Bagaimanapun juga anda harus memperhatikan hal ini karena penggunaan toilet umum yang memiliki sanitasi buruk menjadi penyebab penyakit tipes yang memiliki prosentasi cukup tinggi. Urin atau tinja terkadang tidak dibersihkan secara tuntas di toilet umum sehingga anda perlu berhati-hati. Anda juga wajib mencuci tangan setelah selesai menggunakan toilet umum, jangan lupa juga menggunakan sabun / cairan pembersih yang aman bagi tangan anda.

5. Ayam juga bisa menyebabkan penyakit tipes Kondisi ini diungkapkan oleh Consumer Reports pada tahun 2009. Pada pernyataan tersebut dikemukakan bahwa 66 persen ayam yang diuji ternyata telah terkontaminasi bakteri salmonella atau campylobacter. Ayam sebenarnya tidak membawa bakteri salmonella, namun mudah untuk terkontaminasi bakteri ini. Untuk tindakan pencegah tipes karena ayam, usahakan untuk selalu memasak ayam dengan suhu 165 derajat untuk mematikan bakteri ini. Anda tidak boleh sama sekali untuk mengkonsumsi ayam yang undercooked.

Baca juga : Ciri-ciri penyakit tipes

Bagaimana Penyakit Tipes Didiagnosis?

Efek dari bakteri salmonella sebenarnya tidak serta merta dirasakan oleh pasien. Biasanya butuh waktu 3 hingga 7 jam ketika anda pertama kali makan makanan yang terkontaminasi bakteri salmonella. Bakteri ini akan menyerang usus kecil dan masuk ke darah ketika telah masuk melalui makanan yang terkontaminasi. Kemudian bakteri akan dikirimkan ke sumsum hati, limpa dan tulang melalui aliran sel darah putih. Biasanya pada saat itu pasien akan mengalami gejala awal seperti demam. Bakteri kemudian masuk kedalam sistem empedu dan jaringan limfatik usus. Pengecekan tinja biasanya akan mengetahui bahwa bakteri salmonella ada didalam tubuh manusia karena mereka perkembang dengan tingkat tinggi pada saat berada di saluran usus manusia. Sampel tinja biasanya digunakan dokter untuk membantu pengecekan diagnosis penyakit tipes, jika hal tersebut tidak berhadil biasanya dokter akan menggunakan sampel darah untuk melakukan diagnosis selanjutnya.

Mencegah Penyakit Tipes

Pepatah bilang mencegah lebih baik daripada mengobati, ya tentu saja karena biaya yang dikeluarkan saat mengobati biasanya lebih tinggi. Hal-hal sederhana sebenarnya cukup untuk langkah pencegahan penyakit tipes. Contoh paling sederhana adalah mencuci tangan sebelum makan, membersihkan diri setelah buang air besar maupun kecil, menjaga kondisi lingkungan, mengakses fasilitas sanitasi yang memadai, jangan makan ditempat sembarangan dan lain sebagainya.

Artikel terkait : Obat penyakit tipes

Mengingat penyakit tipes sangat mudah untuk ditularkan maka anda perlua berhati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Masih banyak sekali penyebab penyakit tipes yang tidak kita sadari dalam kehidupan sehari-hari, maka jagalah selalu kebersihan lingkungan disekitar tempat tinggal anda.