Cara Bermain Sepak Bola Agar Menjadi Pemain Handal

Yuk hari ini kita bahas cara bermain sepak bola yang baik dan benar. Bermain sepak bola sebenarnya mudah namun untuk menjadi professional anda perlu melakukan banyak latihan dan terus latihan, seperti yang dilakukan oleh Criatiano Ronaldo yang menjadi pemain hebat dunia karena kegigihannya dalm berlatih. O..iya saya membedakan 2 pemain hebat dalam sepak bola, yang satu karena dia berbakat sejak lahir dan satunya karena latihan keras. Anda termasuk ke tipe yang mana? Anda sendiri yang mengetahuinya.

Tips Bermain Sepak Bola Biar Jadi Pemain Handal

Tips bermain sepak bola ini sakan saya bagikan secara cuma-cuma alias gratis. Saya berharap anda juga mencontoh apa yang saya lakukan namun kalau anda belum menjadi pemain sepak bola yang handal jangan mudah putus asa ya, berarti anda butuh waktu lebih untuk hal ini.

1. Palajari Peraturan Sepak Bola
Mungkin ini lebih ke teori atau knowlegde yang bisa anda bangun agar anda memahami betul apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam sepak bola. Cara mempelajarinya bisa dilihat di artikel saya mengenai peraturan sepak bola yang dikeluarkan FIFA. Dengan mempelajari aturan main jelas anda memiliki poin penting bagaimana anda bisa membela diri apabila merasa dirugikan dalam satu permainan atau menghindari mendapat kartu karena anda bisa mempertimbangkan sebelum melakukan pelanggaran.

 

2. Kuasai Teknik Dasar Bermain Sepak Bola
Setelah anda mempunyai pengetahuan terhadap sepak bola, anda bisa melakukan latihan teknik dasar. Teknik dasar ini menjadi pondasi teknik bermain, anda bisa berlatih bagaimana melakukan dribbling, passing, heading dll. Untuk lebih lengkapnya saya anjurkan untuk membaca artikel mengenai teknik dasar permainan sepak bola.

 

3. Latihan Rutin
Latihan rutin merupakan cara efektif untuk bermain sepak bola. Apapun yang dilakukan secara rutin membuat anda lebih mudah untuk menguasainya. Anda bisa melalukan latihan teknik dasar yang telah anda pelajari sebelumnya. Untuk meningkatkan kualitas diri anda anda bisa mengikuti tips selanjutnya yaitu gabung dengan SSB / perkumpulan sepak bola

 

4. Gabung dengan Sekolah Sepak Bola /SSB
Dengan mengikuti SSB anda akan mempunyai peluang menunjukkan kemampuan anda dan mengasah cara bermain sepak bolamu. Sebaiknya mengikuti SSB sejak kecil, namun kalau kamu udah terlanjur gede ikut saja tim sepak bola persatuan. Kenapa saya menyarankan untuk gabung ke persatuan sepak bola / SSB ? jawabannya ada di tips kelima

 

5. Mengikuti Pertandingan / Kompetisi
Kalau kamu cuma belajar sendiri, kecil kemungkinan kamu bisa menimba ilmu dari orang lain di luar sana. Dengan adanya kompetisi, kamu bisa mengukur kemampuanmu dalam sepak bola, mengukur kontribusi kamu dalam tim. nah bagaimana jika tidak gabung dengan SSB ? ya coba aja ikut kompetisi di kampung-kampung, tidak berbeda jauh kok yang penting coba ukur kemampuan kamu bermain secara tim. Ketika kamu berhasil menjadi bagian tim, kamu pasti akan memperoleh kesempatan lainnya seperti promosi, diajak teman gabung dengan timnya, dll.

 

6. Cari Posisi Bermain yang Pas Buat Kamu
Nah bagian ini kamu sendiri yang lebih tau, kalau saya boleh menyarankan kamu bisa minta pelatih untuk menempatkan posisi yang kamu sukai dan berikan kontribusi dari posisi yang diberikan oleh pelatih. Lalu bagaimana yang belum tau posisi yang cocok? Anda bisa meminta pelatih untuk membiarkan anda bermain di segala posisi, tentu saja ini dilakukan pada saat latihan saja, misalnya pada hari senin minta diposisi gelangdang, selasa striker, rabu menjadi bek, duh tiap hari latihannya, hehehe

 

7. Cari Referensi
Cara bermain sepak bola juga dapat kamu asah dengan menonton tutorial di Youtube, ada banyak tutorial disana seperti bagaimana melakukan trik melewati lawan, bagaimana harus menghadapi lawan dan masih banyak lagi yang lain.

Nah itu dia caranya menjadi pemain sepak bola yang bagus, kalau kamu tidak punya bakat dari lahir berarti kamu punya waktu yang lebih lama untuk dihabiskan dalam latihan sepak bola, tidak perlu menyalahkan bakat, karena menurut saya jika kamu memiliki passion dibidang itu pasti deh kamu bisa menguasainya. inilah caraku bermain sepak bola, bagimana dengan caramu?