Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami

Tingkat kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan terutama kesehatan kardiovaskular. Untuk itu penting sekali mengetahui bagaimana cara mengatasi kolesterol secara alami. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti hipertensi / tekanan darah tinggi dan bisa juga menyebabkan stroke.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association menyatakan bahwa untuk menurunkan tingginya kolesterol kita bisa merubah pola gaya hidup. Selama ini kolesterol banyak disumbang oleh makanan yang diolah melalui proses penggorengan dan beberapa jenis makanan yang mengandung minyak jenuh. Kandungan minyak jenuh tersebut bila dibiarkan menumpuk didalam tubuh bisa menyebabkan Low-Density Lipoprotein atau kebanyakan lemak jahat.

cara mengatasi kolesterol secara alami

Mengurangi kolesterol secara alami

Bagaimana Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami ?

Saran yang paling direkomendasikan oleh American Heart Association untuk menurunkan kolesterol LDL adalah memilih diet sehat yang kaya akan kandungan serat. Selain makanan yang kaya akan serat berikut ini beberapa rekomendasi untuk mengatasi kolesterol secara alami :

1. Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran
Penelitian yang dilakukan di National heart, Lung and Blood Institute (NHLBI) pada publikasi yang diberi judul “The American Journal of Clinical Nutrition” menyatakan bahwa buah dan sayuran sangat baik untuk menurunkan kolesterol LDL didalam tubuh manusia. Pelajari lebih lanjut Diet kolesterol ala Dr Oz Internasional.

2. Menurunkan Berat Badan
Obesitas merupakan penyebab kolesterol tinggi, inilah pernyatakan pada publikasi “Diabetes Care” pada tahun 2007. Menurunkan berat badan merupakan cara alami untuk menurunkan kolesterol karena memperbaiki system metabolism tubuh.

3. Berolahraga Secara Teratur
Masih menurut NHLBI, olahraga setidaknya 60 menit setiap hari bisa membuat kolesterol LDL turun karena meningkatnya High-density lipoprotein / HDL. HDL merupakan kolesterol baik yang menyebabkan keseimbangan kadar kolesterol karena HDL ini berperan aktif mengurangi LDL.

4. Memilih Makanan Yang Tinggi Kandungan Lemak Omega 3
Cara mengatasi kolesterol secara alami selanjutnya bisa dimulai dari memilih jenis makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Asam lemak omega 3 yang dikombinasikan dengan olahraga teratur bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan menurunkan LDL karena memiliki kandungan HDL yang tinggi.

5. Gunakan Suplemen Serat Larut
Tubuh kita memerlukan asupan serat larut untuk menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa menggunakan beberapa jenis suplemen untuk mengobati kolesterol secara alami.

6. Batasi Lemak Jenuh
Banyak sekali makanan yang termasuk makanan pemasok lemak jenuh. Sebagian besar makanan yang melalui proses penggorengan termasuk makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuh. Batasi makanan-makanan tersebut karena sebenarnya tubuh Anda sudah mencukupi 80% kebutuhan kolesterol didalam tubuh. Anda juga bisa menggunakan makanan alternative sebagai pengganti makanan yang tinggi akan lemak jenuh. Sebagai contoh anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengganti mentega. Baca juga makanan penurun kolesterol tinggi.

7. Jauhi Lemak Trans
Asam lemak trans bisa diproduksi secara alami ataupun karena proses pengolahan makanan. Menjauhi lemak trans merupakan cara menurunkan kolesterol secara alami dan efektif. Hal ini sesuai dengan publikasi yang diterbitkan pada tahun 2010 dengan judul “Public Library of Science”. Pada publikasi tersebut menyatakan bahwa lemak trans yang ada pada makanan bisa menyebabkan tingginya LDL.

Demikian beberapa cara mengatasi kolesterol secara alami. Tujuh langkah sederhana diatas akan mengubah hidup Anda kearah yang lebih baik, lebih sehat dan lebih bermanfaat. Semoga artikel yang saya publikasikan dalam blog ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda khususnya mengenai kolesterol.