Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Mempunyai muka berjerawat memang membuat kebanyakan orang merasa minder dan tidak pede, hal ini mengakibatkan banyak orang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Jerawat itu merupakan penyakit yang tidak hanya sakit pas tumbuh jerawat saja tapi juga ketika jerawatnya sudah tidak ada tapi ninggalin berkas jerawat atau flek hitam dimuka. Bercak hitam atau flek hitam inilah yang membuat muka menjadi kelihatan kusam dan tidak sehat.

penyebab terjadinya jerawat

Penyebab Terjadinya Bekas Jerawat

Bekas jerawat terjadi karena beberapa hal, baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja, misalnya bekas jerawat yang terjadi karena jerawat yang besar dan membuka pori-pori kulit wajah yang cukup lebar. Terbukanya pori-pori inilah yang mengakibatkan terjadinya bekas jerawat yang berbentuk bercak-bercak di kulit. Bekas jerawat juga bisa terjadi karena pencetan yang terlalu keras atau garukan yang membuat jerawat pecah. Jerawat kadang menimbulkan gatal yang berlebih sehingga tangan secara reflek ingin segera menggaruknya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Saya akan membagikan tips bagaimana menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami. Penggunaan bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping yang berlebih dibandingkan dengan penggunaan bahan kimia. Lalu bahan alami apa yang akan kita pakai ? bahan alami tersebut dapat anda peroleh dari buah dan sayur yang ternyata selalu didekat anda.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran dan Buah

Tahukah anda bahwa sayuran dan buah yang berada disekeliling anda merupakan cara tepat untuk menhilangkan jerawat? Menggunakan sayuran dan buah pada pengobatan merupakan metode detoksifikasi atau bisa diartikan dengan pembersihan racun yang berada dalam wajah yang memicu terjadinya endapan pada kelenjar kulit yang menghasilkan jerawat. Sayuran dan buah tersebut diantaranya:

a. Tomat

menghilangkan jerawat dengan tomat

Walau terkadang orang menyebut tomat adalah buah namun sebenarnya tomat itu masuk kategori sayuran. Tomat memiliki banyak manfaat, baik berupa kandungan vitamin C,  A maupun lycopene yang berfungsi untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Cara pemakaiannya bisa disesuaikan dengan cara anda masing-masing, misalnya dibikin jus atau dilembutkan untuk bahan masker. Anda bisa melakukan masker tomat secara rutin setidaknya seminggu sekali.

b. Lemon

menghilangkan jerawat dengan lemon

Lemon merupakan bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan wajah, seperti yang telah saya bahas di artikel sebelumnya. Lemon memiliki kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang mampu meregenerasi kulit wajah, kandungan ini juga yang membuat elastisitas kulit menjadi lebih baik dan mencerahkan wajah secara alami. Lemon atau yang biasa disebut dengan jeruk nipis ini juga mampu mengurangi kadar minyak di wajah yang merupakan penyebab utama terjadinya jerawat.  Cara penggunaannya : Anda bisa menggunakan irisan lemon yang langsung ditempelkan ke wajah atau bisa juga dengan peresan air lemon, namun perlu diperhatikan ketika anda menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat. Lemon akan menimbulkan rasa perih jika anda belum terbiasa, untuk yang memiliki kulit sensitif saya menyarankan anad untuk konsultasi dulu kepada dokter karena terkadang kulit sensitif tidak tahan dengan lemon dan bisa menimbulkan iritasi. Perlu diperhatikan lagi ketika anda menggunakan lemon diwajah, usahakan jangan sampai mengenai kedua mata anda karena efeknya bisa buruk untuk kesehatan mata.

c. Lidah Buaya

menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memang dikenal sebagai obat penyembuh luka bakar secara alami dari zaman dalu. Tumbuhan hijau yang identik dengan kulit berduri yang mirip “lidah buaya beneran” mempunyai kandungan antibakteri pada bagian dalamnya. Bagian dalam lidah buaya berbentuk seperti gel lembut dan agak berlendir. Bagian yang digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah bagian gel tersebut, jadi anda perlu mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Kulit gel tersebut bisa anda jadikan masker untuk penggunaan sehari-hari dan ana akan merasakan manfaatnya yaitu kulit lebih halus dan sel kulit mati akan tergantikan.

d. Belimbing Wuluh

menghilangkan jerawat dengan belimbing wuluh

Zat analgetik dan kandungan flavanoid pada belimbing wuluh mampu membantu anda untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain harganya murah, blimbing wuluh cukup efektif untuk menghilangkan jerawat dan mencerahkan wajah. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu tinggal anda kombinasikan blimbing wuluh yang telah dihaluskan dengan serbuk belerang dan jeruk nipis. Campuran ketiga bahan tersebut tinggal dioleskan pada wajah.

Beberapa jenis sayuran dan buah diatas dapat anda konsumsi dengan berbagai cara, boleh langsung disantap dengan langsung atau mengolahnya menjadi salad, jus atau makanan sejenis hasil olahan bahan-bahan diatas. Demikian tips cara menghilangkan jerawat yang mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah, semoga bermanfaat.