Cara Mengobati Batuk Berdahak

Apakah anda mengetahui cara mengobati batuk berdahak yang benar dan alami? Kalau belum mungkin anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan jawabannya. Beberapa hari ini saya melihat banyak sekali orang yang batuk, saya pun kemarin juga sempet batuk selama 3 hari. Hal ini wajar mengingat bulan Oktober merupakan masa transisi antara musim kemarau dengan musim penghujan di Indonesia. Meskipun belum ada hujan yang turun namun udara lembab yang datang ini membuat tubuh perlu beradaptasi. Jika tubuh dalam keadaan yang tidak fit biasanya mudah terserang flu dan batuk. Saya sendiri mengalami hal tersebut karena beberapa hari ini saya harus disibukkan dengan beberapa kegiatan yang mengharuskan saya untuk keluar ruangan dan melakukan aktifitas yang melelahkan.

cara mengobati batuk berdahak

Cara Mengobati Batuk Berdahak

Saya ingin menggarisbawahi terlebih dahulu pokok bahasan yang ingin saya sampaikan pada artikel ini. Disini saya ingin menyampaikan cara mengobati batuk berdahak, hal ini berarti tips yang akan saya sampaikan akan manjur untuk menghadapi batuk berdahak. Kita tahu bahwa secara umum batuk dibedakan menjadi batuk berdahak dan batuk kering. Anda harus bisa membedakan mana yang batuk berdahak dan mana yang merupakan batuk kering. Hal ini penting karena bila tertukar batuk anda malah menjadi lebih parah.

Pada artikel sebelumnya saya juga telah membahas mengenai gejala dan cara menyembuhkan batuk berdahak pada anak. Pada dasarnya hampir sama namun kali ini saya ingin melengkapi apa yang belum saya sampaikan pada artikel sebelumnya. Batuk berdahak adalah batuk yang terjadi karena adanya lendir atau muskus yang menyumbat saluran napas. Batuk merupakan reflek tubuh untuk menghilangkan lendir yang berada di tenggorokan. Lendir tersebut menggangu pernapasa, jadi tubuh ingin segera menyingkirkannya agar pernapasan bisa lancar kembali.

Berbeda dengan batuk kering, batuk jenis ini tidak disertai dengan adanya dahak / riak / lendir yang mengganggu saluran pernapasan. Bahaya akan datang jika seseorang yang mengalami batuk berdahak namun diberi obat batuk kering. kenapa berbahaya? jawabannya kerena obat batuk kering biasanya bersifak menghentikan batuk, padahal ketika mengalami betuk berdahak kita membutuhkan reaksi normal batuk untuk mengeluarkan dahak / riak yang berada di saluran pernapasa. Jika menderita batuk berdahak tapi tubuh tidak bisa bereaksi untuk mengeluarkan dahak besar kemungkinan dapat menggangu pernapasan. Gangguan pernapasan ini bisa seperti sesak napas.

Untuk mengobati batuk berdahak menggunakan obat, saya menganjurkan obat yang mengandung ekspektoran dan mukolitik. Ekspektoran merupakan obat yang meningkatkan sekresi bronkial. Hal ini berfungsi untuk megeluarkan lendir melalui batuk. Sedangkan fungsi Mukolitik adalah menghancurkan struktur kimia lendir sehingga lendir menjadi lebih encer dan dapat dengan mudah dikeluarkan melalui batuk. Anda harus memastikan bahwa obat yang anda beli di toko obat / di apotek mengandung kedua komposisi zat tersebut.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Selain penggunaan zat kimia / obat-obatan anda bisa menggunakan cara alami yang tentu saja lebih aman dan rendah efek sampingnya. Bahan utama untuk pengobatan secara alami ini juga terbilang mudah didapatkan. Anda cukup menyediakan jeruk nipis, madu, asam jawa, daun sirih dan jahe

1. Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan yang sering digunakan untuk menghilangkan batuk berdahak. Anda bisa mencampurkan perasan heruk nipis dengan madu. Kedua bahan tersebut dicampur menggunakan air matang kemudian bisa dikonsumsi hingga batuk berdahak sembuh. Takaran untuk masing-masing bahan bisa menggunakan 1 sendok perasan jeruk nipis ditambah dengan 3 sendok madu murni dengan air hangat 5 sendok makan saja. Anda tidak harus menghabiskan langsung ramuan tersebut, lebih baik menggunakan takaran 1 sendok teh dan diminum dua kali dalam sehari. Anda juga bisa mengkombinasikan jeruk nipis menggunakan kecap. Tentu saja ini jika anda lebih senang menggunakan kecap daripada madu.

2. Menggunakan Asam Jawa

Anda juga dapat mengobati batuk berdahak menggunakan asam jawa. Bagian asam jawa yang digunakan adalah dagingnya saja, anda bisa menghilangkan isinya kemudian merebusnya dengan air panas. Anda juga bisa menggunakan gula merah agar tidak terlalu masam jika hanya asam jawa dan air saja. Larutan ini bisa anda minum dua kali sehari dalam kondisi hangat.

3. Menggunakan Dauh Sirih dan Jahe

Cara sederhana untuk mengobati batuk berdahak adalah menggunakan rebusan dauh sirih yang ditambahi dengan jahe. Anda dapat merebus daun sirih yang ditambah dengan jahe. Air rebusan tersebut dapat anda minum untuk mengobati batuk berdahak. Untuk penggunaannya anda cukup mengonsumsi dua kali sehari saja sampai dahak yang berada dalam saluran pernapasan hilang.

Anda bisa memilih untuk menggunakan zat kimia atau bahan alami untuk mengobati batuk berdahak. Anda perlu memahami betul komposisi obat jika menggunakan zat kimia, yakinkan bahwa obat tersebut mengandung ekspektoran dan/atau Mukolitik. Sedangkan bagi yang lebih senang menggunakan cara mengobati batuk berdahak secara alami anda bisa berkonsultasi kepada dokter jika batuk anda tidak sembuh dalam tiga hari untuk penanganan lebih lanjut.