Cara Merawat Gigi Behel Kesayangan Kamu

Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang memakai gigi behel / gigi berkawat, namun sebagian dari mereka belum tahu betul cara merawat gigi behel. Banyak dari mereka mangaku menggunakan gigi behel untuk mengikuti trend yang sedang berkembang, ada juga yang memang karena rekomendasi dari dokter untuk menjaga kesehatan gigi atau perawatan gigi agar terlihat lebih rapi dan sehat.

Gigi Behel atau dalam dunia medis sering disebut Dental Brances memang berfungsi untuk marapikan gigi yang sebelumnya tidak rata / rapi agar menjadi rapi. Hal ini dilakukan agar gigi mudah dibersihkan dan terhindar dari penyakit yang disebut Temporomandibular Disorders atau gangguan sendi temporomandibula. Gangguan sendi ini terjadi karena tekanan sendi rahang yang bergesekan akibat gigi tidak rata. Manfaat inilah yang sebenarnya paling dianjurkan oleh dokter gigi untuk siapa saja yang memiliki sususan gigi tidak rata, baik yang memiliki rahang maju / rahang mundur. Namun karena banyak juga yang memakai gigi kawat ini karena trend fashion, maka saya akan membagikan tips perawatan gigi behel agar bisa rapi dan sehat tanpa melukai gigi.

cara merawat gigi behel

6 Tips Merawat Behel Gigi

 

1. Gunakan Sikat Gigi Untuk Behel
Perawatan yang pertama adalah memperhatikan penggunaan sikat gigi untuk behel. Ketika kamu menggunakan behel usahakan jangan memakai sikat gigi biasa, kamu memerlukan sikat gigi khusus yang disebut sikat gigi orthodontik. Karakteristik sikat gigi ini adalah bulu sikatnya yang lebih halus dan lembut. Kamu bisa mendapatkan sikat gigi orthodontik di apotek atau supermarket. Kamu harus rutin menyikat gigi bahkan setelah makan usahakan sikat gigi lagi. Cara menyikat gigi behel : Saya merekomendasikan untuk berkumur terlebih dahulu kemudian menyikat gigi tanpa pasta gigi baru setelah itu menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Hal ini dilakukan agar gigi bersih dan putih.

 

2. Gunakan Benang Gigi / Dental Foss
Terkadang menggunakan sikat gigi saja tidak cukup membersihkan gigi dari kotoran, jika kotoran tersebut tidak dibersihkan maka akan menimbulkan tebentuknya karang yang bisa berakibat burung ketika karang tersebut menumpuk. Untuk memudahkan kamu dalam membersihkan karang gigi menggunakan benang, pakailah kaca / cermin sehingga kamu tahu mana saja gigi yang masih kotor.

 

3. Gunakan Obat Kumur
Menyikat gigi dan menggunakan benang gigi saja terkadang belum membersihkan kotoran di sela-sela gigi. Anda bisa mencoba merawat gigi behel anda menggunakan obat kumur. Obat kumur sangat dianjurkan karena sifatnya yang cair dan bisa menjangkau sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi dan benang gigi.

 

4. Hindari Makanan Keras
Untuk sementara hindari makanan yang keras terlebih dahulu ketika kamu sedang ada perawatan gigi behel. Makanan yang keras bisa membuat posisi kawat gigi melenceng dan berubah posisi, untuk itu banyak makan sayur dan makanan lembut lainnya asalkan bukan jenis makanan yang bikin slilit misalnya daging atau bakso.

 

5. Hindari Mengkonsumsi gula berlebih dan permen karet
Penggunaan gula berlebih dapat menimbulkan bakteri di sekitar kawat, gula juga mengandung bahan yang bisa menimbulkan flek pada gigi dan kawat. Ketika kamu mengkonsumsi gula berlebih berarti kamu harus melakukan perawatan gigi yang lebih pula. Makanan yang perlu kamu hindari lainnya adalah permen karet, perman karet memiliki sifat lengket dan suka menempel di gigi.

 

6. Perawatan Rutin di Dokter Gigi
Dianjurkan bagi pengguna gigi behel untuk memeriksa gigi minimal 6 bulan sekali di dokter gigi, konsultasikan segala keluh kesah kamu kepada dokter gigi. Setiap orang memiliki masalah tersendiri yang kadang tidak bisa diatasi dengan perawatan gigi behel diatas. Dokter gigi senantiasa memberikan arahan dan masukan agar kamu melakukan perawatan khusus yang sesuai dengan keluh kesahmu.

Demikian 6 cara merawat gigi behel yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan gig yang rapi dan sehat, tips tersebut akan bermanfaat apabila setelah membaca artikel ini, kamu langsung memperhatikan betul apa yang harus dilakukan untuk perawatan gigi dan makanan apa saja yang tidak baik untuk perawatan gigi behel. Semoga bermanfaat, salam.