Cara Merawat Rambut Smoothing Dengan 10 Langkah

Kali ini saya ingin berbagi mengenai 10 cara merawat rambut Smoothing. Rambut smoothing yang kami maksud disini adalah rambut yang awalnya keriting / tidak lurus kemudian dirawat supaya menjadi lurus dan indah dengan teknik perawatan smoothing, yaitu meluruskan rambut dengan menggunkan jari dan tidak menggunakan catok seperti halnya teknik rebonding. Bagi sebagian besar wanita di Asia memiliki rambut yang lurus, hitam dan berkilau adalah suatu idaman. Mereka tentu saja akan melakukan apapun untuk menghasilkan rambut yang indah, namun terkadang ada beberapa orang yang belum mengetahui bagaimana cara merawat rambut secara benar dan alami.

10 Cara Merawat Rambut Smoothing Secara Alami

tips cara merawat rambut smoothing

Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus membayar ahli rambut yang mungkin biayanya cukup mahal bagi sebagian orang:

1. Jangan keramas setelah smoothing
Biasakan jangan melakukan keramas setelah melakukan perawatan rambut dengan smoothing, selama lebih kurang 3 hari biarkan rambut anda tidak terkena air. Hal ini dilakukan agar rambut tersebut mengembang dan menghilangkan efek obat pelurus yang digunakan.

2. Gunakan masker rambut
Setelah 3 hari tidak keramas, pada tahap ini anda boleh keramas, usahakan menggunakan shampo yang biasa dipakai saja / shampo khusus rambut lurus juga lebih bagus. Setelah keramas kemudian keringkan dengan handuk agar mudah dalam mengolesi masker. Masker rambut dioleskan dari batang hingga ujung rambut, usahakan mengolesi masker setidaknya seminggu sekali agar rambut memperoleh nutrisi. Setelah rambut diolesi masker secara merata, tunggu 5-10 menit baru bilas dengan air bersih

3. Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut
Usahakan jangan langsung menggunakan hair dryer setelah menggunakan masker rambut, cukup dengan handuk yang ditekan perlahan-lahan agar air meresap kedalam handuk.

4. Melakukan trim pada rambut
Potong bagian rambut yang kelihatan bercabang dan memiliki permukaan yang kasar, anda bisa melakukan hal ini setidaknya sebulan sekali, atau sesuai kebutuhan karena kalau memang tidak ada yang bercabang dan kasar anda tidak perlu memotongnya.

5. Gunakan sisir yang tidak rapat
Sisir yang rapat bisa membuat rambut anda rontok, jadi untuk sementara gunakan sisir yang tidak terlalu rapat. Anda juga bisa mencoba menggunakan sisir yang terbuat dari bahan kayu agar terhindar dari efek listrik statis yang biasa terjadi jika menggunakan sisir plastik

6. Jangan terlalu sering melakukan pencatokan
Karena kita disini membahas teknik smoothing, usahakan jangan terlalu sering menggunakan catok seperti halnya teknik rebonding. Pencatokan rambut sebenarnya hanya membuat rambut menjadi kering dan mudah rusak, tapi kalaupun anda tetap ingin menggunakan catok usahakan menggunakan pelembab rambut (hair moisturizer).

7. Jangan mengucir/mengikat rambut
Mengikat rambut akan membuat efek lurus menjadi berkurang, rambut yang anda ikat akan meninggalkan bekas ikatan yang bergelombang, tentu saja ini tidak akan membantu anda dalam teknik smoothing

8. Lakukan creambath atau spa rambut
Rambut anda juga perlu memerlukan nutrisi dan vitamin, creambath atau spa rambut dapat membantu anda memperoleh rambut yang sehat. Anda bisa melakukan kegiatan ini setidaknya dua minggu sekali.

9. Tidak perlu cat rambut
Cat rambut mengandung zat kimia yang tidak bagus untuk rambut smoothing, tunggu hingga 3 bulan ketika rambut anda mulai normal kembali anda bisa melakukan cat rambut jika ingin mengecatnya.

10. Gunakan sarung bantal berbahan satin
Sarung bantal yang terbuat dari bahan satin dapat mengurangi efek kusut di rambut. Gunakan sarung bantal dari satin kerika anda tidur sehingga ketika bangun tidur, rambut anda masih terlihat rapi dan tidak kusut.

Demikian tips merawat rambut yang bisa saya sampaikan, jagalah kesehatan dan keindahan rambutmu karena itu merupakan aset yang berharga bagi seorang wanita.