Efek Samping Teh Hijau Cap Kepala Jenggot

Ketika menggunakan sebuah produk biasanya seseorang akan memikirkan efek samping yang bisa ditimbulkan. Kali ini saya ingin membahas efek samping teh hijau cap kepala jenggot. Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti anda dengan artikel ini, namun saya ingin memberikan penjelasan bahwa produk kesehatan juga bisa memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan jika anda tidak tahu bagaimana cara mengkonsumsinya. Ada beberapa kalangan yang tidak mengetahui bahwa teh hijau kadang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan terutama bagi ibu hamil.

Beberapa hari yang lalu saya telah menulis artikel mengenai manfaat teh hijau cap kepala jenggot. Mungkin terkesan agak kontras dengan artikel ini. Artikel ini menjadi sambungan artikel sebelumnya, bagi anda yang belum membaca artikel tersebut saya sarankan anda untuk artikel tersebut karena anda akan mengetahui begitu banyaknya manfaat yang anda peroleh dari teh hijau.

efek samping teh hijau cap kepala jenggot

Efek Samping Teh Hijau Cap Kepala Jenggot

Meskipun teh hijau tergolong sebagai minuman yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari, anda disarankan untuk tidak menggunakannya dalam dosis yang besar. Kita kembali kepada ungkapan bahwa sesuatu yang berlebihan kadang malah tidak baik untuk diri kita. Saran konsumsi teh hijau yang baik adalah 300 mg per hari atau sekitar maksimal 3 cangkir dalam satu hari. Berikut ini beberapa efek samping teh hijau bila dikonsumsi berlebihan:

1. Meningkatkan Rasa Cemas
Efek samping teh hijau yang biasanya terjadi adalah meningkatnya rasa kecemasan pada diri seseorang. Ingat bahwa teh hijau juga memiliki kandungan kafein seperti halnya kopi meskipun kadarnya tidak begitu banyak. Konsumsi teh hijau berlebih berarti anda mengkonsumsi kafein yang berlebih pula. Kafein merupakan penyebab rasa gelisah dan kecemasan. Bila anda memiliki masalah dengan jantung anda, sebaiknya kurangi porsi minum teh hijau karena kafein bisa mempengaruhi detak jantung anda.

2. Memicu Tekanan Darah Tinggi
Efek samping teh hijau cap kepala jenggot bisa seperti efek samping meminum kopi pada orang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Kandungan kafein yang terdapat pada teh ini bisa memicu meningkatnya tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini juga merupakan efek dari detak jantung yang tidak normal. Tidak semua orang akan memiliki tekanan darah tinggi setelah mengkonsumsi teh hijau. Kejadian ini hanya ditemukan pada orang yang memiliki jantung yang kurang sehat atau memang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi.

3. Menyebabkan Penyakit Liver
Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa faktor genetik merupakan penyebab penyakit liver, teh hijau juga bisa memicu hal ini apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai saran penggunaan. Meskipun efek samping teh hijau cap kepala jenggot ini tidak terjadi pada semua orang tapi anda perlu berhati-hati terlebih jika memiliki keluarga yang mempunyai riwayat penyakit liver.

4. Efek Samping Teh Hijau Cap Kepala Jenggot Terhadap Mata
Glaukoma merupakan gangguan mata yang paling banyak dialami oleh masyarakat di Indonesia setelah Katarak. Glaukoma biasanya disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan pada mata. Kafein dan beberapa kandungan dalam teh hijau kadang bisa meningkatkan tekanan pada mata dan memicu terjadinya glaukoma. Bila anda sering merasakan nyeri pada mata atau mata mengeluarkan cairan yang berlebihan sebaiknya anda tidak mengkonsumsi teh hijau dalam dosis yang tinggi.

5. Meningkatkan Gula Darah
Apabila anda memiliki diabetes, sagat disarankan untuk selalu mengontrol kadar gula darah anda ketika anda mulai suka dengan kebiasaan minum teh hijau. Efek samping teh hijau bisa mempengaruhi kadar dula darah anda, apabila kadar gula darah tidak terkontrol maka bisa menyebabkan diabetes.

6. Bisa Menyebabkan Osteoporosis
Efek samping teh hijau cap kepala jenggot juga bisa terjadi pada tulang anda. Tulang membutuhkan kalsium agar tetap kuat dan kokoh. Meskipun semua orang tidak mengalami hal ini namun teh hijau bisa membuat kalsium anda terbawa bersama urin. Kafein menjadi salah satu alasan kenapa kalsium bisa ikut terbawa oleh air urin sehingga anda perlu membatasi penggunaan teh hijau.

7. Efek Samping Teh Hijau Cap Kepala Jenggot Tidak Baik Untuk Ibu Hamil dan Bayi
Bila anda sedang hamil atau sedang menyusui, anda perlu memperhatikan jumlah konsumsi teh hijau. Konsumsi yang dianjurkan tidak lebih dari 2 cangkir sehari untuk ibu hamil atau menyusui. Anda hanya memerlukan maksimal 200 mg teh hijau untuk konsumsi aman anda. Kandungan kafein dalam jumlah yang banyak sama sekali tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Mengkonsumsi teh hijau dengan dosis yang pas bisa menghindarkan dari resiko keguguran, jadi mohon konsultasikan hal ini kepada dokter anda apabila anda sensitif terhadap kafein.

Sebenarnya Efek teh hijau cap kepala jenggot bisa dihindari bila anda mengkonsumsinya dengan jumlah yang wajar. Secara umum minum teh hijau adalah aman bagi tubuh dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, hanya saja pada beberapa kasus teh hijau bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik apabila kandungan kafein tidak terkontrol.