Gejala dan Tanda-tanda Kencing Manis

Bagi sebagian orang mengenali tanda-tanda kencing manis / gejala kencing manis bukanlah hal yang mudah. Penyakit ini merupakan penyakit kronis, yang artinya seseorang tidak dapat mengetahui penyakit apa yang dideritanya dalam waktu dekat. Biasanya Dokter baru bisa mendeteksi penyakit kencing manis ini setelah melihat gejala yang timbul dari waktu ke waktu.

Penyakit kencing manis atau yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah Diabetes melitus merupakan penyakit yang sering terjadi di Indonesia. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya anak muda dan anak kecil yang mengalami obesitas. Obesitas memang tidak bisa terlepas dari kencing manis karena obesitas merupakan sumber masalah yang mengakibatkan glukosa yang berada dalam tubuh tidak bisa di oleh dengan sempurna. Meskipun pada artikel sebalumnya saya telah membahas mengenai pengertian diabetes melitus, saya ingin mengingatkan sedikit tentang apa itu penyakit diabetes / kencing manis.

Penyakit kencing manis / Diabetes Melitus adalah suatu gangguan metabolisme tubuh yang mengakibatkan glukosa tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal menjadi energi yang bermanfaat. Glukosa yang tidak dimanfaatkan ini akan menjadi penyakit dan menumpuk didalam darah hingga akhirnya menyebabkan penyakit yang lebih ganas seperti penyakit jantung, stroke dan penyakit pankreas. Anda tahu apa glukosa itu? dan kenapa glukosa tidak bisa dimanfaatkan oleh tubuh ketika orang tersebut menderita kencing manis?

Glukosa adalah gula sederhana / monosakarida yang diperoleh dari karbohidrat dan gula dari makanan yang dikonsumsi. Glukosa ini sangat bermanfaat bagi meabolisme tubuh karena menjadi sumber energi utama. Untuk mengubah glukosa menjadi energi yang baik, tubuh memerlukan cairan insulin yang diproduksi dalam tubuh, tepatnya di pankreas. Ketika orang mengalami diabates entah tipe 1 atau tipe 2, pankreas tidak dapat memproduksi insulin dengan jumlah yang cukup untuk mengurai glukosa. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab dimana tiap-tiap tipe diabetes memiliki penyebab yag berbeda satu sama lain. Anda bisa membacanya lebih lanjut di artikel penyebab kencing manis, saya telah membedakan antara diabetes tipe 1, tipe 2 dan gestational diabetes.

tanda-tanda kencing manis

Lalu apa tanda-tanda Kencing manis ini?

Meskipun agak sulit menentukan apa gejala / tanda-tanda kencing manis tapi anda perlu berwaspada kalau tiba-tiba anda mengalami hal-hal yang akan saya sebutkan dibawah ini. Gejala ini bisa anda jadikan patokan agar anda bisa mengenali lebih dini dan mengantisipasi terjadinya komplikasi yang lebih buruk.

A. Sering Merasa Lapar

Kadang orang tidak menyadari bahwa sering merasa lapar merupakan salah satu gejala diabetes. Hal ini terutama terjadi untuk anak kost yang biasanya menahan lapar sehingga pola makan menjadi tidak teratur. Sering lapar sebenarnya memiliki hubungan dengan kondisi insulin yang berada didalam tubuh. Jika anda sering merasa lapar meskipun jam makan teratur maka anda perlu berhati-hati.

B. Tak Berenergi dan Mudah Lelah

Siapa yang mengira bahwa mudah lelah dan tak berenergi merupakan tanda-tanda kencing manis. Hal yang samar ini justru membuat orang menyepelekan hal tersebut, padahal orang yang mudah lelah bisa saja karena kadar glukosa dalam tubuhnya tidak diolah dengan maksimal. Glukosa ini tidak terurai menjadi energi karena produksi insulin yang tidak mencukupi.

C. Sering Kesemutan

Bagi anda yang sering banget merasa kesemutan pada kaki dan tangan, sebaiknya anda berhati-hati dengan hal tersebut. Glukosa yang menumpuk dalam darah bisa menggangu sistem saraf yang mengakibatkan anda kesemutan. Jika anda sering merasa kesemutan ketika duduk bersila atau melakukan kegiatan lain, anda perlu cek gula darah anda. Hal ini utnuk memastikan bahwa anda menderita penyakit kencing manis atau tidak.

D. Jika Luka sembuhnya lama

Permasalahan yang sering muncul ketika kadar insulin tidak sesuai dengan kebutuhan adalah berkurangnya kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang terganggu mengakibatkan proses recovery dari suatu luka kecil menjadi terganggu. Jika anda mempunyai luka gores atau luka bakar yang jumlahnya kecil namun sembuhnya lama banget, saya sarankan untuk memeriksa kadar gula darah anda. Jika kadar gula darah anda tinggi, anda perlu merubah pola hidup anda menjadi hidup yang sehat.

E. Kemampuan Penglihatan Menurun

Efek bahaya dari tingginya kadar gula darah adalah kerusakan pada pembuluh darah yang menyebabkan cairan pada lensa mata berkurang. Anda perlu berhati-hati dengan hal ini, karena jika kejadian seperti ini dibiarkan akan menggangu penglihatan anda.

Menjaga pola hidup yang sehat sangat penting bagi kita agar terhindar dari penyakit yang diam-diam menjadi momok yang menghantui kita. Tanda-tanda kencing manis ini bisa menjadi pengingat kita agr selalu hidup sehat dan menerapkan pola hidup yang lebih baik.