Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa

Pada sore hari ini saya ingin membahas mengenai gejala penyakit tipes pada orang dewasa. Meskipun penyakit tipes banyak terjadi pada anak-anak, ternyata penyakit tipes juga bisa membahayakan orang dewasa sehingga tergolong sebagai penyakit untuk semua kalangan umur. Penyakit tipes sebenarnya jarang terjadi pada daerah industri, namun kita harus mewaspadai penyakit ini karena sering banget terjadi di Indonesia. Bahaya tipes juga diakibatkan dengan kurangnya pengertian mengenai gejala atau tanda-tanda munculnya penyakit tipes, bahkan saya sering mendengar gejala tipes ini sering sama dengan gejala demam berdarah sehingga dokter perlu meneliti dan mengawasi sampai beberapa hari untuk memastikan penyakit tersebut merupakan penyakit tipes atau demam berdarah.

penyebab penyakit tipes

Penyebab Penyakit Tipes

Penyakit tipes atau yang dalam dunia medis lebih dikenal dengan Tifoid Fever merupakan penyakit akut yang berhubungan dengan demam. Tergolong penyakit akut karena tanda-tandanya bisa terjadi hingga 1-3 minggu dan yang lebih memungsingkan lagi gejalanya hampir mirip dengan penyakit demam berdarah. Penyebab penyakit tipes adalah adanya bakteri Salmonella Typhi yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan dan air yang telah terkontaminasi atau karena adanya kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini. Bakteri Salmonella Typhi yang masuk kedalam tubuh akan berkembang biak dan mulai mengkontaminasi saluran pencernaan hingga akhirnya ke pembuluh darah yang mengakibatkan penderita penyakit tipes mengalami gejala-gejala klinis. Gejala tersebut bisa diobati dengan menggunakan antibiotik yang membantu tubuh untuk memerangi bakteri jahat sehingga orang yang terkena penyakit tipes menjadi lebih baik, namun adakalanya penderita mengalami komplikasi yang menyebabkan meninggal dunia karena penyakit ini.

Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa

Gejala penyakit tipes pada orang dewasa terkadang sama persis dengan gejala tipes pada anak-anak, namun gejala tipes orang dewasa biasanya baru diketahui dalam waktu 1 -3 minggu setelah terpapar penyakit. Hal ini berbeda dengan yang terjadi pada anak-anak yang lebih sering terjadi dengan tiba-tiba atau langsung merasakan gejalanya di awal. Saya akan memberikan gejala penyakit tipes secara umum saja, hal ini karena setiap orang kadang mengalami hal yang berbeda. Gejala penyakit tipes secara umum ini bisa anda gunakan sebagai langkah antisipasi hal yang lebih buruk, sehingga ketika salah satu atau beberapa gejala ini terjadi pada anda, segeralah periksa ke dokter. Berikut ini gejala penyakit tipes pada orang dewasa secara umum:

a. Pada Minggu Pertama

Gejala yang terjadi pada minggu awal atau minggu pertama terpapar penyakit tipes adalah :

  • Sakit Demam yang meningkat, biasanya mencapai suhu 39 – 40 derajat Celcius
  • Sakit kepala yang berat
  • Badan terasa sangat lemah
  • Nafsu makan berkurang
  • Diare
  • Nyeri perut yang meronta-ronta
  • Bercak-bercak merah di tubuh

b. Pada Minggu Kedua

Kalau anda merasa bahwa gejala pada minggu pertama hanyalah penyakit biasa, maka pada minggu kedua gejala yang terjadi pada minggu pertama menjadi lebih parah, seperti :

  • Demam semakin tinggi
  • Sembelit pada perut
  • Penurunan berat badan yang ekstrim
  • Perut membuncit

c. Pada Minggu Ketiga

Gejala pada minggu ketiga biasanya sudah terjadi gejala komplikasi yang mengakibatkan anda mulai mengigau dan mata seperti bergerak sendiri ketika mata terjaga.

d. Pada Minggu Keempat

Pada minggu keempat, gejala komplikasi yang buruk mulai membaik bahkan anda kembali mempunyai suhu tubuh yang normal, ini seperti yang terjadi pada penyakit demam berdarah yaitu adanya anti klimaks namun gejala demam bisa muncul lagi seperti pada minggu ketiga jika tidak segera diobati.

Artikel terkait : Obat penyakit tipes

Karena Gejala tipes pada orang dewasa ini seperti gejala penyakit lain pada umumnya, lebih baik anda segera memeriksakan diri jika mengalami salah satu gejala diatas, bahkan gejala yang terjadi pada minggu pertama. Hal ini dikarenakan bakteri Salmonella Typhi bisa berkembangbiak secara cepat bila tidak dicegah dengan baik. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai tanda-tanda penyakit Typhoid Fever, kunjungi juga halaman yang membahas tanda-tanda penyakit lupus atau penyakit liver untuk menambah wawasan anda terhadap beberapa penyakit yang menurut saya cukup berbahaya.