Jahe, Lemon dan Madu Sebagai Obat Batuk Tradisional

Ada beberapa pilihan untuk mengobati batuk, bisa menggunakan obat yang dibeli di apotek atau menggunakan obat batuk tradisional dari bahan alami. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan informasi yang berkaitan dengan pengobatan alternatif / pengobatan tradisional menggunakan bahan alami. Bahan alami ini kalau di masyarakat jawa sering disebut dengan jamu, tapi ada juga yang menyebutnya dengan tanaman herbal yang berkhasiat.

Ada banyak jenis tanaman herbal yang ada di Indonesia, terlebih negara ini telah dikenal sebagai salah satu penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Pemanfaatan rempah-rempah sebagai pengobatan juga sudah diajarkan oleh nenek moyang bangsa ini. Dengan mengenal beberapa jenis obat tradisional ini, semoga kita bisa melestarikan kebudayaan dan mengenalkannya ke masyarakat luas bahkan hingga mancanegara jika perlu.

obat batuk tradisional

Jahe, lemon dan madu sebagai obat herbal

Obat Batuk Tradisional Itu Ada Pada Jahe, Lemon dan Madu

Batuk bisa jadi adalah gejala iritasi bronkial karena efek lingkungan sekitar. Baik karena kualitas udara yang kurang baik atau karena penyakit pernapasan seperti pilek, flu atau bahkan bronkitis. Beberapa waktu lalu saya sempat membuar artikel yang membahas mengenai batuk yang bisa disembuhkan dengan makanan. Artikel tersebut saya buat karena ada beberapa opini yang mengatakan bahwa batuk bukanlah suatu penyakit dan bisa sembuh bila kita memperbaiki kualitas gizi pada makanan kita. Bila Anda belum membaca artikel tersebut, saya sarankan untuk membacanya juga nanti karena banyak sekali ilmu yang bisa Anda dapatkan. Oke kembali ke masalah obat tradisional untuk batuk. Jahe, lemon dan madu merupakan obat batuk herbal yang diresepkan oleh dokter bila Anda meminta resep obat berupa herbal, berikut ini penjelasannya :

1. Lemon
Lemon mengandung kandungan asam askorbat atau yang lebih dikenal dengan vitamin C. Vitamin C merupakan asupan yang bisa membantu perbaikan fungsi kekebalan tubuh. Apabila batuk Anda dikarenakan oleh bakteri atau virus maka vitamin C ini akan membantu tubuh Anda untuk melawan infeksi. Menurut buku yang berjudul “The Herbal Drugstore” yang ditulis oleh Linda B. White, MD menyatakan bahwa kandungan asam dalam segelas jus lemon bisa membantu menghilangkan dahak di tenggorokan yang kadang menyebabkan batuk terjadi. Tips yang diberikan untuk membuat obat batuk tradisional menggunakan lemon ini cukup mudah, gunakan lemon sebagai bahan pembuatan jus dengan menggunakan air panas atau bisa juga dengan teh panas.

2. Madu
Madu merupakan obat batuk tradisional yang bisa meringankan analgesik. Madu sering disebut dengan antibiotik topikal yang bisa membantu Anda menetralkan bakteri yang ada di tenggorokan, baik berupa radang hingga bronkitis yang memicu batuk. Madu juga bisa dikombinasikan dengan lemon dan air panas untuk membersihkan lendir di tenggorokan dan memberikan lapisan yang menenangkan pada tenggorokan sehingga mengurangi resiko iritasi tenggorokan yang biasanya terjadi saat batuk.

3. Jahe
Jahe merupakan produk herbal yang bisa Anda jadikan sebagai obat batuk tradisional untuk melengkapi madu dan jahe. Menurut penelitian University of Maryland Medical Center ramuan yang terbuat dari jahe bisa mengurangi peradangan bronkial yang berkaitan dengan penyakit pernapasan tertentu. Publikasi tersebut juga menyertakan manfaat jahe yang bisa meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh pilek dan flu. Penggunaan jahe yang disarankan oleh University of Maryland Medical Center adalah dengan menggunakan 2 curam jahe yang diparut / sekitar 2 sendok makan jahe yang sudah terparut kemudian dimasukkan kedalam 1 cangkir air panas, bila perlu tambahkan satu sendok teh lemon dan dua sendok teh madu untuk khasiat yang lebih baik. Anda cukup meminumnya dua kali sehari.

Perlu Anda ketahui juga bahwa penggunaan jahe sangat tidak disarankan untuk anak dibawah 2 tahun. Bila Anda ingin mengobati batuk untuk anak dibawah 2 tahun, saya sarankan untuk membaca artikel menghindari obat batuk anak dibawah 2 tahun. Hal ini dikarenakan jahe mengandung senyawa tanaman yang disebut dengan fenol. Fenol bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat tertentu sehingga Anda harus mengkonsultasikan ke dokter anak sebelum menggunakannya. jahe juga memiliki sifat pengencer darah sehingga tidak baik untuk orang yang mengalami warfarin atau rejimen aspirin.

Demikian sharing saya hari ini, semoga bermanfaat dan membantu Anda mengetahui beberapa obat batuk tradisional yang bisa Anda gunakan sebagai pengobatan rumahan yang bersifat alami dengan beberapa produk herbal. Bila Anda memiliki riwayat masalah dengan ketiga jenis herbal diatas, saya sarankan untuk melakukan konsultasi dokter terlebih dahulu.