Khasiat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Hai kembali lagi saya ingin berbagi mengenai khasiat wortel bagi kesehatan tubuh manusia. Sebelumnya saya telah membahas mengenai beberapa manfaat wortel untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Yap kurang lengkap rasanya jika hanya melihat kegunaan wortel dari sisi kecantikan saja. Wortel merupakan salah satu jenis makanan ang bisa dioleh dengan berbagai macam cara, bisa dibuat jus, digunakan dalam bahan masakan maupun dibuat smoothie. Bagi anda yang suka nyoba-nyoba membuat kreasi jenis makanan, yuk mari pada bikin dengan wortel aja.

khasiat wortel

Khasiat Wortel Dilihat dari Kandungannya

Bagi yang belum tahu kandungan wortel, tenang aja pada artikel ini akan saya ulas beberapa kandungan penting yang ada dalam satu wortel. Kebanyakan dari pembaca mungkin sudah tahu bahwa wortel itu mengandung asupan vitamin A yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin A harian pada manusia, nilainya bahkan 204% memenuhi kebutuhan harian vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan mata, lalu apa cuma vitamin A saja yang ada dalam wortel ? jawabannya tentu saja tidak, berikut ini kandungan wortel yang bisa anda peroleh :

A. Serat
Serat merupakan salah satu kandungan wortel yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda. Hal ini dikarenakan serat merupakan salah satu dari tiga jenis karbohidrat gizi yang bisa diperoleh dari makanan. Selama ini serat dikenal memiliki kemampuan untuk mengatur kondisi usus dan pencernaan. Bila anda memiliki beberapa gangguan pencernaan karena kurang serat, anda bisa mengkonsumsi wortel untuk memenuhi kebutuhan serat tersebut. khasiat wortel selanjutnya adalah mengatur gula darah yang ada dalam tubuh manusia, hal ini berkaitan dengan kemampuan serat yang bisa mengatur dan memanajemen berat badan. Kandungan 2 gram serat dalam setiap wortel telah memenuhi 7% kebutuhan serat harian anda dan membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga cocok juga sebagai makanan diet sehari-hari.

B. Kalium
Kalium merupakan kandungan wortel yang berguna untuk mencegah dari resiko stroke maupun tekanan darah tinggi. Bagi anda yang ingin memenuhi asupan kalium harian, anda bisa menggunakan wortel sebagai makanan pelengkap yang memenuhi asupan harian tersebut. Dalam satu wortel dipercaya mengandung 400 mg kalium, bahkan The Institute of Medicine telah merekomendasikan wortel untuk mencukupi kebutuhan kalium sehari-hari. Khasiat kalium yang ada dalam wortel lainnya adalah mengontrol metabolisme tubuh dan sistem saraf yang akan berdampak baik untuk kesehatan jantung dan otot manusia.

C. Vitamin A, C dan K
Vitamin A adalah jenis vitamin yang terbanyak yang ada dalam wortel sehingga khasiat wortel untuk kesehatan mata sangatlah dominan. Disamping mengandung vitamin A, wortel juga memiliki kandungan vitamin yang lain seperti vitamin C dan K. Satu wortel mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C harian dan mengandung setidaknya 8 mcg vitamin K. Manfaat dari vitamin C adalah menyehatkan gusi dan gigi serta menjaga sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin K berfungsi untuk kesehatan ginjal dan tulang.

Khasiat Wortel untuk Kesehatan

Setelah membahas mengenai beberapa kandungan yang ada dalam satu buah wortel, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan beberapa manfaat wortel untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa dari khasiat wortel dibawah ini berkaitan dengan kandungan yang dimiliki pada wortel dan telah saya bahas diatas.

1. Perawatan Mata
Khasiat wortel yang paling utama adalah kemampuan untuk menjaga kesehatan mata. Beta karoten yang jumlahnya melimpah dalam wortel akan diubah menjadi vitamin A pada saat proses yang terjadi pada hati. Dari proses konversi tersebut nantinya vitamin A akan diolah dalam retina untuk rhodopsin / pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan malam. Kandungan beta karoten juga berkhasiat untuk mengurangi resiko glaukoma, degenerasi makula dan katarak pikun.

2. Membantu Proses Penyembuhan Luka
Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh wortel memiliki khasiat yang bagus untuk menyembuhkan luka. Wortel mentah ataupun parutan sangat berguna untuk menyembuhkan luka bakar dan merevetalusasi kulit yang terkelupas.

3.Menyehatkan Gigi
Kesehatan gigi sangatlah penting baik untuk anak kecil maupun orang dewasa. Manfaat wortel bisa membuat gigi menjadi sehat, caranya yaitu dengan merangsang gusi dang memfasilitasi pembentukan air liur. Air liur berkhasiat sebagai alkali alami yang memberikan keseimbangan bakteri pembentuk asam yang sifatnya baik untuk kesehatan gusi dan gigi. Kandungan mineral yang ada dalam wortel juga berguna untuk membunuh kuman berbahaya di dalam mulut dan mencegah kerusakan gigi.

4. Khasiat Wortel untuk Kesehatan Kardiovaskular
Kardiovaskular atau hal-hal yang berkaitan dengan jantung menjadi pembicaraan yang sangat penting karena berkaitan dengan bagian penting dalam kehidupan manusia. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa merenggut nyawa penderita kapanpun juga. Bagi anda yang suka dengan wortel, berutunglah anda karena wortel sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dan polycatylenes pada wortel berkhasiat untuk menjadi perisai pelindung jantung. Mengkonsumsi wortel secara rutin berarti anda mengurangi resiko kerusakan oksidatif, pembentukan plak dan elevasi kolesterol jahat.

5. Mencegah Kanker
Selain berkhasiat untuk kesehatan jantung, wortel juga berperan dalam mengurangi resiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Khasiat ini bisa anda perolah dengan mengkonsumsi wortel secara rutin. Wortel mengandung poli-acetylene antioksidan dan falcarinol yang berguna untuk menghancurkan sel-sel kanker. Wortel juga memiliki sifat anti-karsinogenik yang menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

6. Manfaat Wortel untuk Sistem Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh menjadi isu penting bagi orang yang memiliki kegiatan yang membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Apabila kekebalan tubuh tidak terjaga maka seseorang menjadi lebih mudah sakit dan terserang penyakit. Apabila anda menginginkan sistem kekebalan tubuh yang baik, anda bisa mengkonsumsi wortel secara rutin. Khasiat wortel dikenal memiliki nutrisi, antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

7. Bermanfaat selama Menstruasi dan Tahap Pasca Menopause
Manfaat wortel untuk kesehatan reproduksi juga banyak, terutama bagi perempuan. Kandungan phytoestrogen dalam wortel dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri saat haid. Wortel juga bermanfaat untuk melancarkan bagi yang memiliki aliran menstruasi berat. Hal ini juga bermanfaat bagi wanita pasca menopause karena membantu menyingkirkan hot flushes dan menstabilkan gejala menopause lainnya.

8. Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil
Khasiat wortel juga sangat penting bagi ibu hamil. Wortel memiliki manfaat mengurangi resiko infeksi janin dan keguguran. Bagi anda yang sedang hamil, sangat disarankan untuk mengkonsumsi wortel secara teratur guna meningkatkan kesehatan janin dan nantinya juga membantu anda dalam memberikan ASI yang berkualitas.

9. Pencernaan Kesehatan
Wortel merupakan sumber serat yang baik yang membantu dalam regularizing buang air besar dan membantu pencernaan. Hal ini juga bermanfaat dalam kondisi seperti sembelit dan refluks asam. Selain itu, bantuan serat ini dalam penurunan berat badan dan menghindari kenaikan gula dalam darah. Khasiat wortel ini sangat penting bagi anak-anak maupun orang dewasa.

10. Mencegah Penuaan
Penuaan menjadi hal yang pasti bagi setiap orang, namun kalau penuaan dini sebaiknya dihindari karena bisa menggangu penampilan seseorang. Bahan anti aging biasa berasal dari emas dan mnugkin harganya cukup mahal, namun kalau anda tahu bahwa wortel berkhasiat untuk mencegah penuaan, mungkin anda akan beralih menggunakan wortel dan menyimpan sejumlah uang anda untuk keperluaan yang lain. Kandungan beta karoten yang banyak pada wortel dapat membantu anda memperlambat penuaan sel-sel dan mengembalikan metabolisme dengan baik sehingga terhindar dari penuaan dini.

10 Manfaat wortel untuk kesehatan diatas adalah sebagian dari beberapa khasiat wortel yang belum saya tuliskan pada artikel ini. Beberapa manfaat diatas bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi wortel secara teratur dan mendapatkannya dengan harga yang tidak terlalu mahal. Mungkin sampai sini dulu pembahasan mengenai khasiat wortel, semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan anda dan keluarga.