Manfaat Apel Untuk Ibu Hamil

“An apple a day keep the doctor away” adalah sebuah ungkapan yang sangat terkenal diseluruh dunia. Ungkapan itu secara sederhana mengatakan bahwa anda hanya perlu memakan satu apel sehari untuk mengusir dokter anda, hehehe. Kata-kata tersebut sudah ada sejak February 1866 pada sebuah publikasi yang bernama “Notes and Queries”. Begitu banyaknya kandungan pada apel membuat saya tertarik sekali untuk membicarakan manfaat apel untuk ibu hamil.

Kenapa harus ibu hamil? jawabannya tentu saja berhubungan dengan kesehatan janin yang ada dalam kandungan seorang calon ibu. Apel merupakan salah satu jenis makanan yang bisa disebut dengan nama powerfood dan sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari, bahkan sangat disarankan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari. Hal tersebut adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat apel untuk ibu hamil. Beberapa waktu lalu kita mungkin mendengar salah satu jenis apel yang sempat dilarang peredarannya di Indonesia karena diindikasi terkontaminasi sehingga diharapkan untuk tidak mengkonsumsi apel tersebut. Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena ada banyak sekali jenis apel di dunia ini dan tentu saja semua dengan kewaspadaan anda saat memilih buah-buahan terlebih bagi anda yang sedang hamil.

manfaat apel untuk ibu hamil

Manfaat Apel Untuk Ibu Hamil

Perlu anda ketahui bahwa dalam satu buah apel anda akan mendapatkan kandungan seperti vitamin C, A, dan flavonoid dan dengan jumlah yang lebih kecil dari fosfor, zat besi dan kalsium. Semua kandungan tersebut bisa anda dapatkan dengan cara mengkonsumsinya langsung atau dengan cara menjadikannya menjadi jus. Kandungan dari apel tersebut bisa dikatakan sangat cocok sekali untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Berikut ini beberapa manfaat buah apel untuk ibu hamil :

1. Menghindarkan Anak Anda Mempunyai Penyakit Asma
Penelitian yang dilakukan di University of Aberdeen dan didanai oleh badan amal Asthma UK menyatakan bahwa seorang ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah apel akan mengurangi resiko anaknya mengalami penyakit asma ketika anak anda lahir dan menjalani hidup untuk lima tahun awal. Resiko asma menjadi hal yang penting karena akan menentukan kesehatan anak anda nantinya. Sebenarnya olahraga renang juga dapat mengurangi resiko penyakit asma, namun anda bisa menambahkan apel dalam diet anda saat sedang hamil untuk mencegah terjadinya asma.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Bagi Ibu yang Sedang Hamil
Manfaat apel untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi resiko kolesteol tinggi. Beberapa hal kadang bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi saat ada sedang hamil. Penurunan tingkat sekresi karena mengkonsumsi buah apel merupakan salah satu manfaat apel untuk ibu hamil yang berguna mengontrol tingginya kolesterol yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janinnya.

3. Mencegah Diabetes Gestasional
Diabetes gestasional merupaka jenis penyakit diabetes yang sering terjadi pada ibu hamil. Saat hamil terkadang seorang perempuan akan mengalami permasalahan resistensi pada insulin yang memicu terjadinya diabetes gestasional. Permasalahan ini bisa semakin parah jika tidak segera ditangani karena bisa memicu terjadinya diabetes tipe 2 pada ibu hamil. Jenis apel yang efektif untuk mengurangi resiko terjadinya diabetes gestasional adalah apel hijau. Konsumsilah apel hijau setidaknya sekali sehari untuk memperoleh manfaat apel untuk ibu hamil.

4. Baik Untuk Melancarkan Pencernaan
Manfaat apel untuk ibu hamil selanjutnya adalah melancarkan proses pencernaan. Pada saat mengandung janin, terkadang seorang ibu hamil mengalami permasalahan pada perutnya. Permasalahan biasanya membuat ibu merasa mual atau bahkan merasakan sembilit. Saat-saat seperti itu tubuh anda membutuhkan banyak serat agar pencernaan menjadi lancar. Kandungan serat pada apel hijau merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

5. Mencegah Kerusakan pada DNA
Kandungan antioksidan pada apel mengurangi resiko kerusakan DNA disaat anda hamil. Kerusakan DNA bisa disebabkan oleh banyak hal pada ibu hamil, bahkan kerusakan DNA tersebut bisa memicu terjadinya kanker. Anda bisa menggunakan apel hijau untuk mencegah kerusakan DNA karena kandungan antioksidan dalam apel hijau cukup tinggi.

6. Mencegah Tumbuhnya Jerawat
Fluktuasi hormon pada saat masa kehamilan dapat memicu timbulnya jerawat pada ibu hamil. Hal ini bisa dikontrol menggunakan apel karena kandungan apel dipercaya mampu untuk mengontrol hormon yang memicu terjadinya jerawat. Apel juga mengandung Vitamin A, B dan C yang baik untuk kesehatan kulit anda.

7. Mencegah Kelahiran Prematur
Manfaat apel untuk ibu hamil yang paling utama adalah mencegah kelahiran prematur. Kelahiran prematur bisa terjadi karena banyak hal, contohnya karena sekresi empedu yang berlebihan. Sekresi empudi yang berlebihan didalam hati/ liver anda bisa menyebabkan komplikasi yang bisa menyebabkan kelahiran prematur. Apel merupakan buah-buahan yang bisa membantu anda untuk menghindari kelahiran prematur.

8. Apel Mencegah Preeklamsia
Preeklamsia tau yang juga dikenal dengan tekanan darah tinggi adalah penyakit yang bisa terjadi pada masa kehamilan anda. Tekanan darah tinggi ini bisa terjadi karena kekurangan kandungan Vitamin C pada tubuh ibu hamil. Anda bisa menggunakan apel untuk menjaga asupan vitamin C untuk mengontrol tekanan darah anda.

9. Mengurangi Rasa Nyeri
Terkadang nyeri itu datang begitu saja ketika anda hamil. Perubahan kondisi rahim membuat banyak tekanan pada tubuh anda. Apabila anda sering merasa nyeri tanpa sebab yang pasti, anda mungkin akan berfikir untuk mencari solusi yang tepat. Nah itulah salah satu manfaat apel untuk ibu hamil, apel memiliki kandungan yang meringankan rasa nyeri pada diri anda.

10. Apel Membuat Jantung Anda Sehat
Selain memiliki kandungan seperti vitamin A, C, flavonoid, fosfor dan kalsium. Apel juga memiliki kandungan zat besi kalsium dan kalium yang sangat bagus untuk kesehatan jantung anda. Jantung merupakan bagian vital dalam kehidupan ini terutama bagi ibu hamil yang juga menanggung kesehatan janinnya.

Beberapa manfaat buah apel tersebut mungkin belum bisa mencakup segala khasiat yang dimiliki oleh buah apel, hal ini mungkin karena keterbatasan saya untuk membagikan tulisan ini. Semoga ungkapan “An apple a day keep the doctor away” bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akhir kata semoga tulisan saya dengan tema manfaat buah apel untuk ibu hamil menjadi tambahan ilmu anda.