Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Manusia

Sangat menarik apabila pada kesempatan kali ini kita membahas mengenai manfaat buah kelapa. Bagaimana tidak, kelapa merupakan tanaman yang serbaguna. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari tumbuhan ini, mulai dari buahnya, pohonnya, daunnya, kayunya serta air kelapanya. Kelapa juga berperan penting dalam kehidupan manusia, baik untuk kesehatan hingga pada manfaat ekonomi masyarakat. Contoh manfaat ekonomi dari pohon kelapa bisa diketahui dari banyaknya olahan yang menggunakan bahan dasar buah kelapa ataupun seni kerajinan yang memanfaatkan batok kelapa. Berhubung fokus artikel ini bukan untuk membahas masalah manfaat ekonomi dari buah kelapa maka pembahasan akan dipersempit dalam lingkup kesehatan saja.

Buah kelapa yang memiliki nama ilmiah Cocos Nucifera merupakan buah yang termasuk dalam keluarga Palm / Arecaceae. Pohon ini bisa tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Tidak heran jika anda akan dengan mudah mendapatkan buah kelapa dilingkungan sekitar anda. Harga buah kelapapun juga tidak mahal, sehingga tidak akan rugi bila kita melihat kegunaan buah kelapa untuk kesehatan kita.

Baca juga : Manfaat buah naga

manfaat buah kelapa

Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan

Saat ini buah kelapa ada pada kisaran 5 ribu hingga 7 ribu dapat satu biji. Hara tersebut sesungguhnya cukup murah apabila kita telah mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang ada pada buah kelapa. Perlu anda ketahui bahwa dalam secangkir daging kelapa itu mengandung cukup kalori, serat, kalium dan kandungan vitamin yang bisa memenuhi asupan harian yang dibutuhkan oleh tubuh dalam satu hari. Berikut ini beberapa kegunaan buah kelapa untuk kehidupan kita :

1. Kandungan Lemak Jenuh Pada Level Sedang
Apakah anda yakin anda tidak membutuhkan lemak jenuh? lho bukannya lemak itu justru tidak baik untuk kesehatan manusia. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mungkin muncul dibenak anda. Faktanya studi yang dilakukan oleh “The Philippine Journal of Cadiology” menyatakan bahwa lemak jenuh yang ada di buah kelapa bisa membantu menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh dengan meningkatkan jumlah kadar kolesterol baik. Lemak jenuh yang ada pada buah kelapa tergolong tipe yang mudah untuk dipecah sehingga tidak memicu gejala kolesterol tinggi. Setiap secangkir daging buah kelapa mengandung 283 kalori dengan bagian terbesarnya adalah 26,8 gram lemak. Sebenarnya jumlahnya lebih banyak dibandingkan makanan nabati, namun berhubung tipe lemak jenuhnya mudah dipecah maka tidak begitu memicu naiknya kolesterol. Namun menjadi catatan penting apabila anda memiliki resiko memiliki kolesterol tinggi atau mengidap penyakit jantung, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anda mengenai manfaat buah kelapa jika dibandingkan resiko yang ditimbulkan.

2. Buah Kelapa Kaya Akan Serat Alami
Meskipun hanya makan sedikit buah kelapa, seseorang akan merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Hal ini karena buah kelapa merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam 7,2 gram saja telah mencukupi 20 persen dari kebutuhan serat harian manusia. Manfaat serat dari buah kelapa adalah membantu proses pencernaan dan menjadi diet yang bagus untuk menurunkan berat badan.

3. Kegunaan Buah Kelapa dari Kandungan Mangan
Mungkin beberapa orang asing akan kandungan mangan yang ada pada buah kelapa. Mangan merupakan salah satu sumber mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk metabolisme. Menjaga sistem kekebalan tubuh dan saraf merupakan bagian dari manfaat buah kelapa untuk kesehatan manusia. Dalam satu cangkir buah kelapa telah mencukupi setidaknya 67 persen dari kebutuhan harian kita.

4. Kaya Akan Sumber Mineral
Selain mangan tubuh kita juga membutuhkan asupan mineral lain seperti kalium dan tembaga. Kabar baiknya adalah kedua sumber mineral tersebut terdapat dalam buah kelapa. Manfaat buah kelapa jika di nilai dari Kandungan kalium yang ditakar menggunakan satu cangkir setara dengan kebutuhan 14 persen kalium harian yang disarankan oleh ahli kesehatan. Dalam secangkir tersebut juga mengandung 39 persen tembaga yang sangat penting untuk produksi sel darah merah. Saat ini buah kelapa juga dikenal sebagai buah yang menghilangkan dehidrasi karena airnya sangat banyak mengandung mineral yang diperlukan untuk menggantikan ion tubuh yang hilang.

5. Kaya Akan Vitamin B
Seperti halnya manfaat air kelapa, daging buah kelapa juga memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin B. Manfaat buah kelapa muda ini sangat spesial karena kandungan vitamin B tersebut sangat berperan dalam pembentukan energi dan produksi sel darah merah.

6. Buah yang Rendah Kalori
Bila anda menginginkan untuk diet dan menghindari kolesterol, anda akan menemukan kegunaan buah kelapa disitu. Bila kita membandingkan dengan buah pisang saja, perlu 4 pisang untuk menyamai kandungan kalium yang ada pada satu cangkir daging kelapa.

Manfaat Daging Kelapa Muda

Kadangkala seseorang memilih untuk mengkonsumsi daging kelapa muda jika dibandingkan dengan yang sudah tua. Tekstur lembut dan kenyal pada kelapa muda menjadi daya tarik tersendiri ketika mengkonsumsi kelapa. Memang sih daging kelapa muda lebih cocok untuk dikonsumsi langsung setelah minum air kelapa sedangkan daging kelapa yang sudah tua cocoknya digunakan untuk bahan masakan atau santan. Manfaat daging kelapa muda juga tidak jauh berbeda dengan manfaat air kelapa. Daging kelapa tersebut dikenal memiliki kandungan natrium, kalium, serat serta vitamin B yang cukup bagus untuk produksi sel darah merah.

Daging kelapa muda juga cocok digunakan untuk menu diet harian apabila anda ingin cepat kurus. Kandungan serat yang ada pada daging kelapa membuat anda akan kenyang lebih lama. Buah kelapa sendiri tergolong aman untuk dikonsumsi segala umur, baik anak kecil maupun orang dewasa bisa menikmatinya dan mendapatkan segala manfaat daging kelapa muda.