Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Dipagi hari ini saya ingin menyampaikan beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil. Mungkin diantara pembaca sedang hamil atau istrinya yang sedang hamil, selamat ya semoga selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam proses kehamilannya. Hamil merupakan anugerah bagi setiap pasangan suami-istri untuk membina keluarga yang lebih baik. Segala persiapan sudah harus dilakukan saat perempuan hamil, termasuk kesehatan kandungan. Kesehatan kandungan akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang si anak kelak. Salah satu cara menjaga kesehatan kandungan adalah mengatur pola makan yang sehat dan seimbang termasuk dalam memilih buah-buahan untuk ibu hamil. Salah satu buah yang bisa anda konsumsi saat hamil adalah buah naga, tahu kenapa?

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai khasiat buah naga, saya sarankan anda membaca artikel tersebut bila belum pernah membacanya. Buah Naga / Dragon Fruit merupakan buah yang berasal dari benua Amerika. Di Benua Amerika buah ini lebih dikenal dengan istilah Pitaya. Buah ini bisa masuk ke Asia karena aktifitas perdagangan yang dilakukan pada zaman dahulu terutama perdagangan yang melibatkan negara Amerika, Cina dan Vietnam.

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Manfaat Buah Naga

Buah naga dikenal memiliki banyak manfaat, hal ini dikarena kandungan buah naga yang cukup lengkap. Satu buah naga atau takarannya setara dengan 100gram / 2 ons mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 60 Kalori
  • 8 gram Karbohidrat
  • 9 gram Gula
  • 8 gram Kalsium
  • 2 gram Protein
  • 1 gram Serat

Kandungan nutrisi tersebut sangatlah bermanfaat untuk mencegah beberapa resiko penyakit seperti penyakit jantung, penyakit kanker, mencegah penyakit diabetes / kencing manis dan bermanfaat untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga merupakan salah satu buah terbaik untuk wanita hamil. Seperti halnya dengan apel, buah cherry, stroberry, anggur dan jambu air, buah naga cukup mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap ibu hamil. Berikut ini penjelasannya:

A. Mengandung Karbohidrat yang cukup

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh, wanita yang hamil disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 135 gram karbohidrat tiap hari. Hal ini ditujukan untuk memberikan kekuatan pada sang ibu untuk membawa perut yang mulai membesar. Kandungan karbohidrat pada buah naga dirasa cukup karena setiap 100 gram buah naga mengandung 8 sampai 15 gram karbohidrat. Ingat bahwa karbohidrat yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, jadi misalnya anda sudah mengkonsumsi 15 krabohidrat anda tinggal menambahkan sumber karbohidrat yang lain.

B. Sumber Energi

Selain karbohidrat, gula juga merupakan sumber energi yang baik jika kadarnya tidak berlebihan. Gula ini akan menjadi cikal glukosa yang akan diserap oleh sel darah merah menjadi energi yang positif. Manfaat buah naga untuk ibu hamil dari gula diperoleh dari jumlahnya yang kecil. Ingat bahwa makanan yang mengandung banyak gula menyebabkan diabetes tipe gestational, untuk lebih jelasnya silahkan membaca artikel mengenai pengertian diabetes melitus.

C. Memiliki Kandungan Serat

Serat merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melarutkan kotoran yang berada di usus dan melancarkan pencernaan. Seperti yang telah saya sebutkan diatas, dalam tiap 100gram buah naga mengandung 1 gram serat yang berfungsi mengatur kinerja usus agar lebih baik.

D. Kaya akan Kandungan Asam Folat

Asam folat merupakan jenis vitamin B yang berfungsi untuk perkembangan dan metabolisme sel. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kesehatan sang bunda dan calon buah hati. Manfaat Buah naga untuk ibu hamil yang diperoleh dari asam folat adalah mencegah kelahiran prematur dan mengurangi resiko cacat pada bayi. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat setidaknya 400 mikrogram per hari dan kabar baiknya kandungan tersebut ada di buah naga.

E. Kaya akan kalsium

Kalsium dapat mencegah osteoporosis, hal ini tentu saja membantu wanita yang sedang hamil karena beban perut saat hamil semakin berat. Kandungan kalsium ini akan membantu menguatkan tulang-tulang agar tidak mudah capek dan sakit.

F. Kalori yang Seimbang

Jumlah kalori yang tidak begitu banyak menyeimbangkan dnegan aktifitas wanita yang sedang hamil. Disaat hamil wanita tentu saja tidak bisa bergerak bebas seperti halnya wanita yang tidak hamil. Hal ini tentu saja mengurangi aktifitas yang membakar kalori, sehingga jika kurang aktifitas dan kebanyakan kalori bisa menimbulkan diabetes.

Cara Mudah Memanfaatkan Buah Naga untuk Ibu Hamil

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, anda bisa menggunakan beberapa variasi untuk menghindari kebosanan anda mengkonsumsi buah naga. Cara yang paling mudah untuk mengkonsumsi buah naga adalah dengan membuat jus buah naga. Blend buah naga dengan air yang cukup dan jika perlu tambahkan susu yang rendah lemak. Anda juga bisa mencampurkan potongan-potongan buah naga yang berbentuk dadu pada minuman anda.

Demikian sedikit manfaat buah naga untuk ibu hamil yang bisa saya utarakan, harapan saya semoga anda bisa menjalani proses kehamilan ini dengan sehat baik untuk bunda dan anaknya.