Manfaat Minum Kopi Untuk Mencegah Penyakit

Kadangkala kopi dianggap sebagai minuman yang tidak bermanfaat melainkan hanya mengandung kafein yang akan berdampak buruk dalam konsumsi yang berlebihan. Hari ini saya ingin mengulas manfaat minum kopi yang ternyata bisa mencegah beberapa penyakit berbahaya. Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya Anda mengetahui apakah Anda termasuk orang yang memiliki masalah kesehatan jika minum kopi atau tidak. Hal ini untuk mencegah alergi atau penyakit yang berkaitan dengan ketidakcocokan makanan yang dikonsumsi.

Biji kopi yang merupakan bahan utama pembuatan minuman ini banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Biji kopi merupakan komoditas yang banyak dicari sehingga dianggap sebagai komoditas menguntungkan. Ada banyak jenis kopi du dunia ini, namun pada artikel ini manfaat kopi diperoleh dari minuman kopi secara umum dan tidak spesifik pada jenis kopi tertentu.

manfaat minum kopi

Manfaat minum kopi

Manfaat Minum Kopi Untuk Mengurangi Resiko Penyakit Berbahaya

Biji kopi adalah sumber makanan yang mengandung banyak antioksidan. Biji kopi juga merupakan sentakan energi pagi / booster yang memberi semangat dan percaya diri yang tinggi. Selain itu beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengindarkan resiko penyakit diabetes, parkinson dan beberapa jenis penyakit lainnya. Berikut ini manfaat minum kopi yang bisa Anda peroleh untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Kopi Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyakarakat urban. Angka penderita diabestes cukup tinggi di Indonesia, sehingga kita perlu memilih makanan dan minuman yang bisa mengurangi resiko diabetes. Menurut penelitian yang dilakukan dengan cara menguji menghilangkan kebiasaan minum kopi pada orang yang terbiasa minum kopi. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada keterkaitan asupan kopi dengan inflamasi yang menjadi penyebab diabetes. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa minum kopi bisa menurunkan kadar isoprostan dan interleukin. Fakta lain yang ditemukan adalah kopi meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL. Baca penjelasan HDL dan LDL secara lengkap.

2. Penyakit Parkinson

Manfaat minum kopi ternyata bisa mengurangi resiko penyakit parkinson. Parkinson merupakan penyakit karena degenerasi fungsi sel saraf yang ditandai dengan rasa gemetaran dan melemahnya saraf-saraf. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang lanjut usia. Penelitian yang diterbitkan dengan judul “Journal of American Medical Association” pada tahun 2000 menyatakan bahwa minum kopi bisa menurunkan resiko penyakit parkinson pada saat usia lanjut.

3. Mencegah Kanker Hati

Kanker menjadi penyakit paling berbahaya saat ini, apalagi jika terjadi pada hati / liver. Melansir pernyataan studi yang dipublikasikan dengan judul “Journal of National Cancer Institute”, kopi sangat berguna untuk mengurangi resiko kanker hati. Manfaat minum kopi bisa mencegah karsinoma hepatoseluar atau yang lebih dikenal dengan sebutan kanker hati.

4. Kanker Prostat

Kanker prostat berhubungan dengan kesehatan laki-laki. Banyak yang mengira bahwa minum kopi tidak baik untuk kesehatan prostat. Faktanya menurut Science Daily, minum kopi malah menurunkan kanker prostat, hal ini karena kandungan kafein yang mengandung antioksidan dan mineral yang membantu mencegah terjadinya kanker prostat.

Itulah 4 manfaat minum kopi yang dikaitkan dengan beberapa penyakit berbahaya. Semoga artikel ini membuka pengetahuan Anda akan mitos-mitos yang kadang justru tidak benar. Perlu saya ingatkan kembali bahwa terkadang kita juga perlu membatasi konsumsi kopi karena meskipun memiliki banyak manfaat tapi sesuatu yang berlebihan justru tidak baik.