Manfaat Minum Kopi Bisa Untuk Kesehatan Tubuh

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Minuman yang terbuat dari biji kopi ini sudah sejak lama menjadi kebudayaan bangsa Indonesia. Banyak pertanyaan yang kami peroleh dari beberapa pembaca yang menanyakan masalah manfaat minum kopi untuk kesehatan tubuh. Ternyata masih ada banyak orang yang meragukan manfaat kopi terutama di bidang kesehatan, meskipun banyak yang mempercayai bahwa minum kopi bisa membuat orang tahan ngantuk.

Kamipun akhirnya mengumpulkan beberapa data dari sumber-sumber yang kami terpecaya hingga kami peroleh studi-studi yang menyatakan bahwa manfaat minuman ini tidak hanya sekedar menahan ngantuk saja. Hasil penelitian dari National Cancer Institute yang dipublikasikan dalam jurnal yang berjudul “New England Journal of Medicine” menyatakan bahwa peminum kopi bisa menurunkan resiko kematian dini hingga 16 persen. Studi tersebut dilakukan selama 13 tahun dengan meneliti 402.260 anggota AARP. Dalam jurnal tersebut juga dinyatakan bahwa kopi berbeda dengan popcorn, cokelat dan anggur yang karena pengolahannya kadang manusia tidak bisa mendapatkan manfaatnya dalam bidang kesehatan.

manfaat minum kopi

Manfaat minum kopi

Bukti Yang Mendukung Manfaat Minum Kopi Dari Penelitian Yang Telah Dilakukan

Robert Davis, seorang peneliti di Emory University Rollins School of Public Health dan juga penulis buku “Kopi Baik untuk Anda: Dari Vitamin C dan Makanan Organik ke Rendah-carb dan Detox Diet , Kebenaran Klaim Tentang Diet dan Nutrisi” membenarkan beberapa bukti yang menguatkan manfaat kopi untuk masyarakat meskipun ia juga menghimbau bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa meningkatkan kadar hormon stres kortisol dan menyebabkan ketergantungan terhadap kafein. Bila anda bijak, tentu anda akan bisa memaksimalkan manfaat yang ada dalam biji kopi untuk kesehatan tubuh anda. Berikut ini manfaat kopi untuk tubuh kita :

1. Mencegah Batu Empedu
Penelitian yang dilakukan di Harvard University pada tahun 2002 menyatakan bahwa wanita yang minum kopi di kehidupannya justru memiliki resiko 25 persen lebih rendah mengalami masalah batu empedu dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah mengkonsumsi kopi. Penelitian ini sebenarnya untuk melengkapi penelitian sebelumnya yang dilakukan pada pria, dimana hasil yang diperoleh adalah serupa.

2. Mencegah Depresi
Menurut laporan Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 menyatakan bahwa wanita yang minum kopi empat cangkir setiap hari memiliki resiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi dibandingkan dengan wanita yang hanya minum dua hingga tiga cangkir kopi.

3. Peningkatan Memori
Manfaat minum kopi ternyata juga bisa meningkatkan daya memori untuk manusia. Hal ini sesuai laporan studi yang dilakukan pada tahun 2005 di masyarakat radiologi Amerika Utara. Para peneliti tersebut menyampaikan bahwa minum kopi 2 cangkir bisa meningkatkan memori dan reaksi kali jangka pendek untuk manusia.

Ada penelitian lagi yang dilakukan pada wanita yang sudah berumur, dimana umur mereka sudah 65 tahun namun dengan kebiasaan minum kopi setiap hari mereka mampu menyelesaikan tes meori dengan lebih baik dan menyatakan tidak mengalami penurunan memori. Meskipun demikian penelitian tersebut masih menjadi pro kontra karena melibatkan wanita yang sudah berumur dan kekhawatiran terhadap penyakit Alzheimer yang seringkali terjadi pada seseorang di usia lanjut.

4. Mengurangi Risiko Kanker
Kanker merupakan salah satu penyebab kematian tersebar di Indonesia. Banyak peneliti yang melakukan studi yang berkaitan dengan kebiasaan minum kopi untuk mengurangi resiko kanker. Akhirnya pada tahun 2008 sebuah studi menyatakan bahwa minum kopi bisa mengurangi resiko kanker payudara.

Studi tersebut didukung oleh penelitan yang dilakukan oleh Breast Cancer Research yang menyatakan bahwa manfaat minum kopi untuk mengurangi resiko kanker payudara estrogen-reseptor negatif, dengan mengutip penelitian yang menyatakan bahwa minum kopi lebih dari empat cangkir sehari bisa mengurangi resiko kanker endometrium hingga 25 persen. Selain untuk wanita, ternyata ada kabar gembira bagi pria yang suka mengkonsumi kopi. Penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa baik kopi biasa atau kopi tanpa kafein bisa menurunkan resiko kanker prostat.

5. Meningkatkan Metabolisme
Sebenarnya penelitian manfaat kopi yang berkaitan dengan peningkatan metabolisme sudah dilakukan sejak lama. Sejak tahun 1980 banyak peneliti yang menemukan kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang metabolisme tubuh. Hal tersebut kemudian didukung oleh penelitian yang menegaskan bahwa manfaat metabolisme dari minum kopi ternyata cukup besar dan berlangsung lebih lama dibandingkan dengan sumber metabolisme yang lain.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Parkinson
Penyakit parkison merupakan penurunan fungsi otak karena sel-sel saraf pada otak mengalami penurunan kinerja. Jurnal yang diterbitkan dengan judul “The Journal of American Medical Association” pada tahun 2000 menyatakan bahwa kafein dapat menurukan resiko parkinson pada orang yang sudah memasuki usia lanjut.

7. Sumber Antioksidan
Menurut informasi yang kami baca pada publikasi Epidemiologi Cancer, Biomarkers & Prevention dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Edward Giovannucci menyatakan bahwa kopi ternyata menjadi sumber antioksidan yang lebih baik dibandingkan kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Dari sumber penelitian lain menyatakan bahwa manfaat minum kopi untuk antioksidan merupakan alasan mengapa orang Amerika memasukkan kopi sebagai menu dietnya.

8. Mencegah Penyakit Gout
Penyakit gout sering dikaitkan dengan orang yang sudah memasuki usia lanjut / lebih dari 40 tahun. Sebuah studi menyatakan bahwa minum kopi bisa mengurangi resiko mengalami penyakit gout yang lebih rendah. Bahkan kopi juga mengurangi resiko hingga 60 persen untuk penyakit asam urat.

Baca juga : Manfaat minum teh untuk kesehatan

Kedelapan manfaat tersebut tentu saja akan bagus untuk tubuh anda jika anda tidak memiliki riwayat yang berkaitan dengan pengalaman negatif setelah mengkonsumi kopi. Bijaklah untuk mendapatkan manfaat minum kopi, apabila anda masih ragu coba konsultasikan kepada dokter anda untuk mengetahui apakah anda memiliki pantangan untuk minum kopi atau tidak.