Manfaat Wortel Untuk Kecantikan dan Rambut

Mungkin selama ini anda beranggapan bahwa manfaat wortel untuk kecantikan itu tidak ada. Tahunya adalah wortel berguna bagi kesehatan mata karena memiliki banyak kandungan viamin A. Inilah yang mendorong saya mengulas mengenai wortel yang mana sangat berguna untuk kesehatan kulit dan rambut anda. Kesehatan kulit dan rambut sangat penting untuk penampilan bukan ? maka dari itu saya akan membahas artikel ini mulai dari manfaat wortel untuk kulit wajah dan kesehatan rambut.

Kandungan Wortel dan Khasiat yang Bisa Anda Peroleh

Sebelum membahas mengenai manfaat wortel untuk kecantikan atau untuk rambut, terlebih dahulu saya akan membahas apa saja kandungan yang dimiliki oleh wortel. Ini penting banget bagi anda karena dari pengetahuan mengenai kandungan wortel, anda bisa menjadi tertarik dan excited untuk mengkonsumsinya dalam menu sehari-hari anda. Yuk langsung saja kita bahas satu per satu kandungan yang dimiliki oleh wortel :

1. Vitamin A
Saya percaya bahwa semua orang akan mengetahui bahwa wortel itu sangat baik untuk mata karena kandungan vitamin A yang cukup banyak. Bahkan kalau tidak salah sejak saya TK, saya sudah diajari dan telah dibahas bahwa wortel merupakan sayur yang paling berguna untuk kesehatan mata karena satu wortel itu telah mengandung 204% kebutuhan vitamin A dalam sehari. Bayangkan anda tidak perlu menambahkan buah lain hanya untuk memenuhi kebutuhan vitamin A anda setelah mengkonsumsi wortel. Vitamin A merupakan suplemen yang membantu mata anda dari perubahan cahaya dan mempertahankan kelembaban mata agar tidak kering.

2. Vitamin K dan C
Selain mengandung vitamin A, ternyata wortel juga memiliki kandungan vitamin K dan C, setiap wortel ukuran sedang diperkirakan mengandung 8 mcg vitamin K, sedangkan untuk satu wortel ukuran menengah memiliki kandungan vitamin C sebesar 6 % dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin K yang terdapat pada wortel berfungsi untuk menjaga kesehatan ginjal dan kekuatan tulang. Sedangkan vitamin C berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta untuk kesehatan gigi dan gusi.

3. Serat dan Kalium
Selain kandungan vitamin, wortel juga dikenal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk membantu melancarkan pencernaan anda. Wortel juga memiliki kandungan kalium yang mengurangi resiko kanker. Pembahasan mengenai beberapa manfaat wortel untuk kesehatan akan saya bahas pada artikel yang selanjutnya. Berhubung pokok pembahasan artikel ini adalah manfaat wortel untuk kecantikan dan kesehatan rambut, maka saya memisahkan dengan artikel mengenai kesehatan tubuh.

manfaat wortel untuk kecantikan

Manfaat Wortel Untuk Kecantikan

Kecantikan merupakan sebuah aset yang dimiliki oleh kaum wanita, sehingga banyak cara yang dilakukan oleh kaum wanita untuk mendapatkan kecantikan terssebut. Dewasa ini ada banyak cara untuk mendapatkan kecantikan, baik dengan cara yang alami maupun melalui bantuan tim medis. Fokus pada artikel ini adalah memperoleh kecantikan menggunakan bahan alami, yaitu menggunakan wortel. Tahu apa saja manfaat wortel untuk kecantikan ? ini dia jawabannya:

1. Wortel Membuat Kulit Anda Lebih Cerah.
Mungkin bagi anda yang belum pernah mencoba menggunakan wortel sebagai masker agak ragu dengan hal ini. Apa bisa wortel digunakan sebagai masker ? jawabannya bisa-bisa saja dan bahkan wortel membuat kulit wajah anda bersinar secara alamai. Kandungan serat, vitamin C dan antioksidan yang dimiliki oleh wortel dapat membantu mengangkat sel kulit mati atau kulit kasar akibat debu atau paparan radikal bebas. Berikut ini tips penggunaan manfaat wortel untuk kecantikan dengan media masker. Jadi pertama kali ambil wortel yang diparut sebanyak 2 sendok makan, kemudian tambahkan dengan madu dan susu sebanyak masing-masing satu sendok teh, setelah itu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Aduk wortel dengan beberapa bahan tambahan hingga tercampur betul. Sebelum menggunakan masker wortel, usahakan untuk membersihkan muka terlebih dahulu menggunakan air bersih dan bilas dengan handuk. Setelah wajah dibersihkan baru oleskan masker di wajah secara merata dan didiamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Setelah itu bersihkan masker dengan menggunakan air bersih dan anda akan memiliki wajah yang lembut dan bercahaya.

2. Pengobatan Bekas Luka / Scars.
Bekas luka mungkin bisa menggangu penampilan anda apalagi juga bekas luka tersebut terlihat sangat jelas dibagian tubuh anda. Mengobati bekas luka / scars merupakan salah satu manfaat wortel untuk kecantikan yang sangat penting dan membantu anda mengembalikan kepercayaan diri. Pengobatannya cukup mudah yaitu tinggal parut wortel / buat bubur wortel yang nantinya dioleskan pada bagian tubuh yang memiliki bekas luka tersbut. Kandungan yang dimiliki oleh wortel bisa membantu anda menghapus noda bekas luka di kulit.

3. Mencegah Paparan Sinar UV
Tahukah anda bahwa wortel merupakan sayuran yang menjadi bahan alami untuk digunakan sebagi sun block? wortel itu memiliki kandungan beta karoten yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Proses perubhan ini membuat tubuh memilii jaringan kulit yang lebih baik dan tahan dari teriknya sinar matahari. Kandungan antioksidan dan karotenoid juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terutama bagian kulit terhadap teriknya sinar matahari.

4. Wortel Adalah Bahan Alami Untuk Mencegah Penuaan
Penuaan merupakan salah satu permasalahan kulit yang betul-betul mengubah penampilan. Orang akan melakukan apapun untuk tampil lebih muda dengan wajah yang cerah. Manfaat wortel untuk kecantikan berperan pada hal ini, anda tidak perlu menggunakan bahan yang mahal seperti butiran emas atau yang lainnya. Vitamin C pada wortel berperan untuk memproduksi kolagen, dimana kolagen ini berfungsi untuk memelihara elastisitas kulit. Elastisitas kulit dapat mencegah kulit anda berkerut atau keriput.

5. Cocok Untuk Orang yang Memiliki Kulit Kering
Kulit kering biasanya terjadi karena tubuh kekurangan kalium. Kalium merupakan bagian penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembaban kulit. Bagi yang memiliki kulit kering, anda bisa menggunakan wortel untuk melembabkan kulit anda.

6. Mengobati Berbagai Penyakit Kulit
Penyakit kulit itu bermacam-macam jenisnya, baik jerawat, ruam dan dermatitis merupakan peyakit kulit yang sering dijumpai di Indonesia. Kandungan antioksiadan dan vitamin A yang dimiliki oleh wortel bisa membantu tubuh anda untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut.

7. Spray Wajah Alami Yang Menenangkan
Manfaat wortel untuk kecantikan yang selanjutnya adalah spray alami untuk wajah. Spray ini sangat berguna untuk menenangkan dan membersihkan wajah dari debu atau karena efek sinar matahari. Cara membuatnya cukup simpel yaitu tinggal buat ekstrak dari wortel kemudian ditambahkan pada air mawar. Simpan campuran air tersebut hingga beberapa waktu dan gunakan untuk menghilangkan rasa panas diwajah karena paparan sinar matahari. Spary ini juga berguna untuk mengobati luka bakar, minimal mengurangi rasa terbakar pada area kulit yang terbakar.

8. Wortel Adalah Zat Pembersih Dalam Tubuh
Kandungan seperti Vitamin A dan serat larut yang ada pada wortel merupakan bahan pembersih racun yang ada dalam tubuh. Kandungan wortel tersebut dapat membantu mengurangi akumulasi empedu dan membersihkan usus besar yang terganggu karena gangguan usus / pencernaan.

Manfaat Wortel Untuk Rambut

Selanjutnya setelah membahas mengenai manfaat wortel untuk kecantikan, saya akan membahas mengenai manfaat wortel untuk rambut. Rambut merupakan aset penting bagi wanita maupun pria dalam hal penampilan. Anda bisa menggunakan wortel sebagai bahan alami untuk menghindari efek samping dari bahan kimia yang biasanya digunakan untuk perawatan rambut. Berikut ini yang bisa anda dapatkan untuk rambut anda dari konsumsi wortel:

1. Pengobatan Rambut Rontok
Minum jus wortel secara teratur membuat kulitas rambut menjadi lebih baik. Apabila anda menginginkan rambut yang kuat, tebal dan bersinar anda bisa menggunakan jus wortel yang bisa menutrisi rambut anda. Kandungan vitamin yang dimiliko oleh wortel sangat berguna untuk mencegah dan mengurangi resiko rambut rontok.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut
Selain mencegah rambut rontok, wortel juga merangsang pertumbuhan rambut baru yang menghindarkan anda dari kerontokan. Vitamin C dan E yang dimiliki oleh rambut membuat sirkulasi di kulit kepala anda semakin teratur. Hal ini mencegah terjadinya rambut beruban dan merangsang pertumbuhan rambut dikepala.

Akhirnya sampai juga pada akhir bahasan kita mengenai manfaat wortel untuk kecantikan. Semoga artikel ini memberikan suatu ilmu baru terlebih pemanfaat wortel selain karena kita tahu bahwa wortel memiliki vitamin A yang berguna bagi kesehatan mata.