Materi Lengkap Pengertian Bulu Tangkis

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai pengertian bulu tangkis dan beberapa peraturan pada jenis olahraga ini. Bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang cukup dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Atlet Indonesia juga selalu mengambil bagian dalam setiap event kejuaraan baik skala nasional maupun internasional. Prestasi atlet Indonesia di bidang olahraga ini juga sangat membanggakan, dulu kita punya nama-nama seperti Taufik Hidayat, Susi Susanti, Rudy Hartono, Alan Budi Kusuma, Liem Swie King, Icuk Sugiarto, dll yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia bulu tangkis. Saat ini kita juga masih punya harapan dipundak Hendra Setyawan & Mohammad Ahsan, Nitya Krishinda Maheswari dan Greysia Polii, Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir hingga Praven Jordan dan Debby Susanto yang saat ini masuk dalam 10 besar rangking BWF.

Talenta-talenta muda juga berpeluang untuk menjadi penerus atlet kita dicabang olahraga ini, sehingga materi mengenai cara bermain bulu tangkis dan seluk beluk mengenai bulu tangkis bisa dipelajari sejak dini. Kita selalu berharap bahwa akan muncul talenta-talenta baru yang bisa mengibarkan bendera merah putih disetiap event kejuaraan bulu tangkis.

pengertian bulu tangkis

Taufik Hidayat Pemain Bulu Tangkis Indonesia

Pengertian Bulu Tangkis

Badminton / permainan bulu tangkis adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua pemain atau dua pasang pemain yang saling berlawanan dalam suatu lapangan berbentuk persegi yang dibatasi oleh net / jaring yang terletak pada bagian tengah lapangan yang membagi lapangan menjadi 2 bagian yang sama. Pemain menggunakan raket untuk melakukan serangan ke daerah lawan atau menangkis shuttlecock agar tidak jatuh kedaerah sendiri. Nama bulu tangkis sendiri secara harfiah didapatkan dari proses bagaimana olahraga ini dimainkan yaitu bulu yang diambil dari wujud shuttlecock, yang biasanya terbuat dari bulu angsa, sedangkan kata tangkis merupakan kata dasar menangkis.

Baca juga : Materi penguasaan teknik dasar bulu tangkis

Poin dalam bulu tangkis dihitung oleh juri yang mengawasi jalannya pertandingan di bagian tengah lapangan dan dibantu oleh asisten wasit yang berada dibagian belakang pemain. Perhitungan point dilakukan dengan cara menghitung shuttlecock yang masuk kedalam daerah lawan / ketika lawan melakukan kesalahan sehingga shuttlecock keluar dari lapangan atau saat pemain lain gagal mengembalikan shuttlecock karena jatuh di daerah pertahanan sendiri. Dalam pengertian bulu tangkis yang dikeluarkan oleh BWF, olahraga ini dibagi menjadi 5 partai, adapun pembagiannya adalah sebagai berikut :

1. Tunggal Putra
Partai tunggal putra dalam olahraga bulu tangkis dimainkan oleh 2 pemain yang saling berlawanan. Pada partai ini dipertandingkan antara satu pemain putra dengan satu lagi pemain putra untuk memperebutkan juara. Tunggal putra yang telah mengharumkan nama Indonesia di antaranya Taufik Hidayat, Heryanto Arbi, Ardy Wiranata, Liem Swie King, Rudy Hartono, Tan Joe Hok.

2. Tunggal Putri
Tunggal putri adalah pemainan bulu tangkis yang dilakukan oleh 2 pemain yang saling berlawanan. Berbeda dengan tunggal putra, tunggal putri adalah partai yang dimainkan oleh satu pemain putri melawan satu pemain putri. Tunggal putri telah mencatatkan nama Susi Susanti sebagai tunggal putri yang melegenda.

3. Ganda Putra
Berbeda dengan partai tunggal, partai ganda dimainkan oleh dua pasang pemain yang saling berlawanan. Hal ini berarti setiap regu memainkan dua orang untuk melawan 2 pemain lawan di tim yang berbeda. Sesuai namanya ganda putra berarti 2 pasang pemain dalam tim tersebut dimainkan oleh 2 pemain laki-laki. Saat ini kita memiliki Hendra Setyawan & Mohammad Ahsan yang masuk di ranking 2 dunia versi BWF yang mewakili Indonesia di partai ganda putra.

4. Ganda Putri
Berbeda dengan ganda putra, pada ganda putri dua pemain dalam satu tim haruslah wanita sehingga akan ada 4 wanita yang dibagi menjadi 2 pasang tim yang akan saling memperebutkan kemenangan. Saat ini kita juga mempunyai wakil ganda putri yang masuk sepuluh besar ranking BWF atas nama Nitya Krishinda Maheswari dan Greysia Polii yang menduduki ranking 5 dunia.

5. Ganda Campuran
Pada partai ganda campuran terdapat 2 tim yang akan saling bertanding, dimana setiap regu / tim harus memainkan 1 pemain laki-laki dan 1 pemain wanita. Saat ini Indonesia memiliki 2 pasang ganda campuran yang masuk 10 besar ranking dunia versi BWF, yaitu atas nama Tantowi Ahmad & Liliyana Natsir (ranking 2 dunia) serta Praven Jordan & Debby Susanto (ranking 9 dunia).

Perlengkapan Dalam Permainan Bulu Tangkis

Perlengkapan dalam olahraga bulu tangkis selalu menjadi bagian dalam pembahasan materi pengertian bulu tangkis. Agar permainan bulu tangkis bisa berjalan dengan lancar, berikut ini jenis peralatan yang biasa digunakan oleh pemain bulu tangkis :

1. Lapangan
Lapangan bulu tangkis berukuran 13,41 x 6,1 m yang terbagi atas dua wilayah dan dipisah oleh net. Tinggi net lapangan bulu tangkis yakni 155 cm. Net merupakan batas dimana perhitungan point dilakukan. Pemain yang berhasil memasukkan shuttlecock ke daerah pertahanan lawan maka akan mendapatkan poin. Setiap shuttlecock yang keluar dari lapangan karena gagal menangkis shuttlecock atau melakukan kesalahan servis sehingga shuttlecock keluar lapangan baik diarea sendiri maupun area lawan bisa menimbulkan penambahan point untuk lawan.

2. Pakaian yang nyaman
Pakaian yang dipakai oleh atlet bulu tangkis tidak boleh sembarangan. Berhubung mobilitas pemain cukup tinggi maka dibutuhkan pakaian yang ringan dan nyaman untuk digunakan. Biasanya pakaian tersebut berbentuk celana pendek dan t-shirt.

3. Sepatu bulu tangkis
Sepatu merupakan bagian penting dalam permainan bulu tangkis. Sepatu dan kaus kaki yang nayaman akan membantu pemain dalam setiap langkah penting baik untuk kestabilan saat menyerang maupun bertahan dari smash lawan. Pijakan yang kuat bisa menghindarkan pemain dari cedera.

4. Raket
Raket merupakan peralatan yang wajib ada jika ingin bermain bulu tangkis. Raket digunakan untuk memukul dan menangkis shuttlecock agar tidak jatuh di daerah pertahanan. Raket yang bagus adalah raket yang ringan dan memiliki ketegangan senar yang sesuai.

5. Shuttlecock / kok
Yang membedakan permainan bulu tangkis dengan olahraga lainnya adalah shuttlecock. Tenis mungkin juga menggunakan raket meskipun bentuknya beda dengan raket badminton, namun tenis tidak akan pernah menggunakan istilah shuttlecock untuk peralatan yang digunakan oleh pemain. Shuttlecock atau orang jawa biasa menyebutnya dengan istilah kok merupakan elemen penting dalam olehraga bulu tangkis. Shuttlecock sendiri biasanya terbuat dari bulu angsa.

Sejarah Singkat Bulutangkis

Tak lengkap rasanya jika membahas mengenai pengertian bulu tangkis tanpa mengulas sejarah bulu tungkis. Sejarah mencatat bahwa olahraga ini sebenarnya sudah ada pada abad 2000 SM di Mesir kuno dan China. Dulu rakyat di China menggunakan nama Jianzi untuk menyebut bulu tangkis. Perkembangan bulu tangkis mulai pesat ketika pada era modern rakyat Inggris melakukan permainan yang diberi nama battledores, hingga akhirnya pada abad ke-19 para tentara Britania menyempurnakan permainan bulu tangkis ini dengan menambahkan net / jaring yang dipasang untuk memisahkan pemain yang saling berlawanan di wilayah Pune, India. Permainan di India tersebut dinamakan dengan Poon.

Perkembangan bulu tangkis semakin pesat hingga akhirnya pada tahun 1934 dibentuklah Federasi Bulu tangkis Internasional / IBF dibentuk. Pada tahun itu Anggota IBF adalah Inggris, Wales, Irlandia, Skotlandia, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru dan Perancis, dengan India. Turnamen-turnamen besar mulai dilakukan dengan sebutan Piala Thomas , Piala Uber, Piala Sudirman dan kejuaraan dunia lainnya.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga materi mengenai pengertian bulu tangkis ini menambah wawasan kita dan mendukung penuh atlet-atlet Indonesia untuk berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional melalui bulu tangkis. Lengkapi wawasan anda dengan materi teknik dasar bulu tangkis.