Mengenal 5 Jenis Permainan Bola Sodok

Halo semua kali ini aku ingin membahas mengenai permainan bola sodok atau yang lebih dikenal dengan nama billiard / bilyard. Permainan ini terbilang cukup beken dan banyak diminati oleh masyarakat khususnya golongan menengah keatas. Permainan bilyard sangat seru, kita bisa menghilangkan stress dengan bermain bersama kawan-kawan. Permainannya cukup simple, yaitu memasukkan bola kedalam lubang menggunakan tongkat / stick bilyard.

Permainan bola sodok sudah menjadi gaya hidup untuk beberapa kalangan. Permainan ini sangat identik dengan meja besar yang bagian atas biasanya berwarna hijau yang memiliki 4 sudut dimana keempat sudut terdapat lubang untuk memasukkan bola sodok ditambah 2 lagi pada bagian kedua sisi meja tersebut. Bola sodok dinomori 1 hingga 15 ditambah dengan bola putih. Untuk memasukkan bola kedalam lubang, pemain harus menggunakan tongkat bilyard yang telah dirancang khusus.

gambar permainan bola sodok

Gambar Permainan Bola Sodok

Mendalami Jenis Permainan Bola Sodok

Secara awam masyarakat menilai bahwa permainan ini hanya memasukkan bola kedalam lubang menggunakan tongkat, sudah itu saja. Ternyata permainan ini tidak semudah yang dibayangkan karena memiliki peraturan-peraturan khusus. Peraturan inilah yang menjadi pembeda antara jenis-jenis permainan bola sodok. Pengen tahu lebih lengkapnya ? ini dia pembahasan untuk anda :

1. Permainan 8 Bola / Eight ball
Permainan 8 bola merupakan salah satu jenis bola sodok yang paling umum. Harus ada dua kelompok yang memainkannya dimana setiap kelompok memiliki jatah 7 bola yaitu nomor 1 hingga nomor 7 untuk kelompok pertama dan nomor 9 sampai nomor 15 untuk kelompok kedua. Kelompok yang menang adalah kelompok yang bisa memsaukkan bola ke dalam lubang meja billiard dengan jatah dan urutan yang sesuai dengan yang dibagikan.

2. Permainan Bola Sodok 9 Bola / Nine Ball
Permainan ini dilakukan dengan peraturan pemain harus memasukkan bola nomer 1 hingga nomor 8 secara bergantian. Kalau salah satu pemain tidak berhasil memasukan salah satu bola maka jatah mainnya langsung diganti oleh pemain lain. Dalam permainan ini juga tidak boleh mengenai bola lain atau yang bukan sasaran dari awal, bila itu terjadi maka dianggap pelanggaran, kecuali jika memasukkan bola nomer 9 dari hasil pantulan. Bila bola nomor 9 masuk karena pantulan yang kamu lakukan maka kamu dianggap sebagai pemenang.

3. Permainan One Pocket
Dinamakan one pocket karena kamu sudah menentukan lubang mana yang akan kamu gunakan untuk memasukkan delapan bola dari 15 bola yang ada. Bila kamu salah memasukkan bola ke lubang milik lawan kamu, maka itu menjadi keuntungan untuk lawan kamu karena dia dapat poin. Kamu harus fokus dengan lubang billiard kamu sendiri dan apabila kamu salah menarget dan memasukkan bola non-target, bola tersebut harus dikembalikan ke meja lagi.

4. Permainan Bola Sodok 14.1 Continuous
Permaianan ini cocok bagi pemain yang jarang gagal fokus. Pemain diwajibkan untuk menentukan bola mana yang manjadi sasaran dan lubang mana yang akan digunakan. Setiap sasaran yang masuk ke lubang sesuai dengan target maka dihitung dengan poin. Pemain pertama yang berhasil mendapatkan 150 poin dianggap sebagai pemenang dalam permainan ini.

5. Permainan dengan Sistem Eliminasi / Cutthroat
Cutthroat atau sistem eliminasi adalah jenis permainan bola sodok yang sangat seru. Permainan ini dilakukan oleh tiga pemain dimana setiap pemain mencoba untuk mengeliminasi 2 lawannya. 15 bola dibagi menjadi tiga kelompok: satu sampai lima, enam sampai sepuluh, dan 11 melalui 15. Pemain dapat memilih sekelompok bola sebelum pertandingan dimulai, atau ditugaskan kelompok karena setiap mulai memasukkan bola. Bila kamu menyapu bersih bola kamu, kamu bisa mengeliminasi lawan kamu dengan memasukkan bola lawan tentu saja setelah kamu kamu sudah masuk ke lubang semua. Bila lawan kamu kehabisan bola maka dianggap tereliminasi.

Seru bukan peraturan yang ada dalam permainan ini. Semoga artikel ini bisa membantu kamu biar tidak ditipu sama kawan kamu yang ngakunya sok pintar dalam billiard. Sukses selalu ya, semoga bakat kamu bisa terasah dan bisa menjadi pemain bola sodok yang handal. Harapan saya semoga permainan bola sosok ini menjadi lebih dikenal masyarakat sebagai permainan adu taktik.