Mengenal Sejarah Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga yang dimainkan beregu atau disebut juga dengan tim, setiap tim memainkan 5 orang dalam sebuah pertandingan dan bisa digantikan dengan pemain cadangan jika ada pemain yang mengalami cidera. Permainan bola basket merupakan permainan yang menggunakan tangan dan tidak diperbolehkan menggunakan kaki. Manfaat melakukan olahraga bola basket juga sangat banyak, selain untuk melatih kekuatan tangan, olahraga ini juga banyak menggerakan kaki untuk berlari, melompat sehingga dapat melatih kelenturan dan kekuatan kaki.

Permaianan bola basket dimainkan di lapangan dengan panjang ukuran 26 meter dan lebar ukuran 14 meter. Permainan dilakukan 2 babak, durasi dari setiap permainan adalah 20 menit,dalam permainan tersebut juga mengenal istilah istirahat yang mana para pemain diberikan waktu selama 10 menit untuk memulihkan tenaga dan mendengarkan arahan dari pelatih. Pemenang dalam olahraga ini ditentukan dengan banyaknya poin yang didapat dari bola yang masuk kedalam ring basket. Perhitungan poin dilakukan oleh wasit nilai dasar 2 poin atau 3 poin, 3 poin atau “three poin” didapatkan jika pemain memasukkan bola dari wilayah “three point” yaitu diluar lingkaran dekat ring. Pemain akan mendapatkan 2 poin jika memasukkan bola didaerah bebas / telah memasuki lingkaran pertahanan lawan.

sejarah bola basket

Seperti yang kita tahu bahwa olahraga yang terkenal di Amerika ini telah melahirkan beberapa bintang kelas dunia seperti M.Jordan, tapi tahu kah anda sebenarnya siapa yang lebih berjasa untuk menemukan olahraga ini sebelumnya, dan bagaimana olahraga ini bisa masuk ke Indonesia?

Olehraga basket bukan merupakan olahraga asli dari Indonesia. Olahraga ini diciptakan oleh Prof. Dr. James A. Naismith, yang merupakan salah seorang guru pendidikan jasmani Young Mens Christian Association (YMCA) Springfield, Massachusets, Amerika Serikat pada tahun 1891. Prof. Dr. James A. Naismith diberi tugas untuk membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England.Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di ontario, Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket. Olahraga bola basket dikenalkan pada publik pada tanggal 21 Juni 1932 dalam konferensi di Jeneva, sehingga saat itu juga terbentuklah asosiasi yang menaungi Bola basket Internasional yang lebih dikenal dengan Federation Internasionale de Basketball Ameteur.

Bola basket masuk ke indonesia pada tahun 1920-an yang dibawa oleh perantau cina. Pada tanggal 23 Oktober 1951 didirikan persatuan Basketball Seluruh Indonesia (PERBASI), namun nama itu akhirnya diganti/direvisi menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dengan singkatan yang sama yaitu PERBASI.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sejarah permainan bola basket di dunia Internasional dan Indonesia, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, anda juga bisa membaca posting lain di halaman ini