Mengenal Sejarah Bola Voli

Hai semua, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai sejarah bola voli. Sejarah ini mungkin kamu butuhkan untuk materi pelajaran penjaskes atau untuk pengetahuan dasar saja. Seperti “Jas merah” kata yang dicetuskan oleh Bung Karno, yang merujuk pada pernyataan Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Bola voli merupakan olahraga yang dimainkan beregu atau disebut juga dengan tim, setiap tim memainkan 6 orang dalam sebuah pertandingan dan bisa digantikan dengan pemain cadangan jika ada pemain yang mengalami cidera. Permainan bola voli merupakan permainan yang menggunakan tangan dan diperbolehkan menggunakan kaki. Manfaat melakukan olahraga bola voli juga sangat banyak, selain untuk melatih kekuatan tangan, olahraga ini juga menggerakan kaki untuk berlari, melompat sehingga dapat melatih kelenturan dan kekuatan kaki dan tangan.

Kemudian permainan bola voli dimainkan di lapangan yang terbuka dan dapat juga di lapangan tertutup. Lapangan bola voli dengan menggunakan panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Pemenang dalam olahraga voli ini ditentukan dengan banyaknya poin yang didapat dari bola yang masuk ke dalam area lawan.Jika bola keluar maka point yang di dapat untuk lawan.

Sejarah bola voli telah dikenal sejak abad pertengahan, terutama Romawi. Kemudian permainan ini diperkenalkan di Jerman pada tahun 1893 dengan nama “faustball”, dua tahun kemudian olahraga ini diciptakan William G.Morgan pada tahun 1895. William G.Morgan adalah Direktur YMCA (Young Men Christian Association) di kota Holyoke, negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat mencoba permainan semacamnya yang diberi nama minonette. Dasar yang digunakan permainan minonette adalah memukul-mukul bola hilir mudik di udara, maka permainan minonette ini kemudian diubah menjadi bola voli.

Bola voli ini cepat meluas ke seluruh dunia karena digemari oleh masyarakat. Bola voli dipertandingkan pertama kali mulai tahun 1974 di polandia. Kemudian pad a tahun 1948 induk organisasi bola voli dunia dibentuk yang berkedudukan di Paris dengan nama IVBF (International Volley Ball Federation) yang beranggotakan 15 negara.

Bola voli masuk ke indonesia pada tahun 1928 semasa penjajahan Belanda. Permainan bola voli ini sangat cepat perkembangannya di seluruh indonesia.Dan bola voli ini termasuk salah satu cabang olahraga yang diresmikan di indonesia. Kemudian tanggal 22 Januari 1955 lahirlah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) dengan diketuai oleh W.J.Latumenten.Setelah terciptanya induk organisasi bola voli ini, maka pada tanggal 28 sampai 30 mei 1955 diadakan kongres dan kejuaraan nasional yang pertama di Jakarta.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sejarah permainan bola voli di dunia Internasional dan Indonesia, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, anda juga bisa membaca mengenai teknik dasar permainan bola voli.