Mengupas Manfaat Buah Tomat Untuk Wajah

Tomat itu buah atau sayur ? hehehe entahlah tapi saat ini saya tidak akan membahas mengenai apakah tomat termasuk buah atau termasuk sayur. Hari ini saya lebih memilih untuk membahas manfaat buah tomat untuk wajah manusia. Menurut saya selama itu bukan dalam menu sayuran yang dimakan bersama nasi maka saya akan menyebutnya dengan buah, tapi Anda boleh menggunakan istilah lain jika Anda ingin melakukannya.

Tomat merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam perawatan kecantikan. Bahkan banyak tutorial bertebaran di Youtube dengan topik utama do-it-yourself mempercantik diri dengan bahan alami. Tidak salah memang, karena tomat merupakan bahan perawatan yang cocok untuk setiap jenis kulit dan harganya cukup murah bila dibandingkan dengan produk kecantikan yang lainnya. Satu buah tomat bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah kulit, baik untuk mengurangi minyak berlebih di wajah hingga dapat mengontrol jerawat.

manfaat buah tomat untuk wajah

Tomat untuk perawatan wajah

Manfaat Buah Tomat Untuk Wajah Manusia

Mengutip laman pioneerthinking.com, tomat adalah buah yang kaya akan kandungan antioksidan yang sangat membantu Anda melawan radikan bebas. Buah ini juga mengandung asam alami yang membebaskan kulit wajah Anda dari minyak dan penggunaan yang teratur sebagai perawatan kulit bisa mencegah terjadinya jerawat. Kandungan lain dari buah yang memiliki warna dominan merah ini antara lain vitamin E, C, B1, B2, B3 dan B6 yang kesemuanya membantu Anda untuk melembabkan wajah hingga membuat kulit menjadi halus dan cerah. Berikut ini beberapa manfaat buah tomat untuk kulit wajah :

1. Tomat Bagus Untuk Perawatan Jerawat
Jerawat merupakan salah satu masalah terbesar bagi mereka yang memasuki masa pubertas. Baik laki-laki maupun perempuan bisa berpotensi mengalami jerawat pada masa itu. Menurut carefair.com, manfaat buah tomat untuk wajah bisa meliputi pencegahan terjadinya jerawat bahkan mengurangi resiko jerawat pada masa pubertas. Tomat yang dioleskan pada permukaan wajah bisa memungkinkan pulpa untuk tetap berada diwajah Anda selama 1 jam. Hal ini bisa digunakan untuk meminimalkan minyak atau debu penyebab jerawat masuk melalui pori-pori kulit wajah. Anda juga bisa mengkombinasikan tomat dengan mentimun untuk bersama-sama dijadikan sebagai bahan perawatan kulit wajah melawan jerawat.

Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dan flek hitam.

2. Membuat Masker Tomat Itu Mudah dan Murah
Salah satu manfaat buah tomat untuk wajah yang paling konkret adalah Anda tidak perlu bingung mengenai jenis kulit yang Anda miliki. Terkadang sebuah produk perawatan kulit membutuhkan penyesuaian dengan jenis kulit tertentu. Jika Anda ceroboh dan salah menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda maka bisa jadi iritasi pada kulit. Hal itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan tomat karena buah ini cocok untuk segala jenis kulit. Menutip dari laman dailyglow.com tentang bagaimana cara menggunakan tomat untuk perawatan wajah, Anda cukup menghancurkan tomat lalu mengoleskannya pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menambahkan yoghurt untuk dikombinasikan dengan tomat. Cara ini sebenarnya cara yang sama jika Anda menggunakan alpukat sebagai bahan perawatan kulit wajah.

3. Jadikan Tomat Sebagai Cleanser Alami
Mungkin selama ini Anda mengetahui bengkoang sebagai cleanser utama yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Ternyata tomat juga bisa membantu Anda membuat cleanser / pembersih wajah secara sederhana. Tomat yang sudah ditumbuk bisa ditambahkan dengan jus atau susu, kemudian terapkan pada wajah namun terlebih dahulu bersihkan wajah dengan air bersih. Setelah diterapkan pada kulit wajah, tunggu selama 10 menit baru dibilas untuk mendapatkan manfaat buah tomat untuk wajah. Pembersih alami yang terbuat dari tomat ini bisa mengecilkan pori-pori kulit dan memberikan efek menyejukkan pada wajah.

Tomat bukanlah obat untuk mengobati penyakit kulit, namun sifatnya disini hanya untuk perawatan kulit yang meminimalisir gangguan kulit baik karena minyak berlebih ataupun debu. Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap tomat, jadi saya sarankan jika terjadi reaksi alergi setelah pemakaian maka sebaiknya Anda menghentikan penggunaan tomat. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter Anda apakah Anda memiliki alergi terhadap tomat atau tidak sehingga Anda bisa menikmati manfaat buah tomat untuk wajah tanpa khawatir.