Obat Batuk Untuk Bayi dan Anak

Sebagai orang tua mungkin anda pernah merasakan betapa khawatirnya anda ketika sang bayi mengalami batuk dan sulit tidur karena rasa tidak nyaman pada saluran pernapasannya. Saat ini memang banyak produk obat batuk untuk bayi yang bisa dibeli di apotek, apotek ada yang buka 24 jam tapi tentu saja kadang anda ragu untuk memilih obat mana yang sesuai dengan bayi anda. Jika anda tinggal bersama mertua atau orang tua anda, mungkin dari mereka akan menyarankan penggunaan bahan alami untuk mengobati batuk sang bayi. Bila anda tidak membekali diri anda dengan pengetahuan yang cukup mungkin itu justru membuat anda tambah bingung.

Penggunaan obat mungkin bukan jalan yang direkomendasikan oleh beberapa ahli kesehatan. Bahkan American Academy of Pediatrics sangat menyarankan untuk tidak menggunakan obat kimia untuk menghilangkan batuk pada bayi. Penggunaan jumlah obat yang banyak justru akan menimbulkan efek dikemudian hari dan hal itu memang tidak selamanya efektif. Mungkin anda bisa mendengarkan mertua anda jika beliau menyarankan penggunaan gosok uap didada sang balita agar mengurangi gangguan batuk.

obat batuk untuk bayi

Batuk Pada Bayi

Obat Batuk Untuk Bayi Sesuai Umur

Batuk adalah reaksi normal bayi, bahkan orang dewasa. Batuk merupakan reflek fisiologis seseorang untuk menghilangkan gangguan pada saluran pernapasa. Jadi sebenarnya batuk itu bukanlah suatu penyakit melainkan upaya tubuh untuk mengeluarkan benda / zat yang biasanya berbentuk lendir / muskus yang menggangu sistem pernapasan manusia. Berhubung bayi belum bisa mengatasi masalah ini tanpa dibantu orang dewasa maka berikut ini cara mengobati batuk pada bayi.

1. Udara Beruap
Cara paling aman untuk membantu mengobati batuk pada bayi adalah menggunakan udara yang beruap. Cara ini bisa digunakan untuk semua umur selama dalam pengawasan orang dewasa. Udara yang lembab akan membantu melonggarkan lendir dibagian hidung bayi. Anda bisa menggunakan humidifier untuk menghasilkan udara yang menghilangkan lendir. Anda juga bisa melakukan perawatan udara beruap dengan memandikan bayi dengan air hangat.

2. Menggunakan Minyak Kayu Putih
Menggosokan minyak kayu putih yang khusus untuk bayi bisa membantu bayi anda tidur dengan nyaman di malam hari. Cara ini biasanya digunakan untuk bayi dengan umur lebih dari 2 bulan. Meskipun dalam penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan pada minyak kayu putih tidak mempengaruhi kondisi hidung namun bahan-bahan tersebut akan membuat bayi bisa bernapas lebih baik. Cara penggunaanya tinggal gosok pada bagian dada leher atau pinggang dan hindari daerah-daerah sensitif pada bayi seperti area dekat mata, hidung, tangan dan mulut.

3. Sup Ayam Hangat
Cara ini disarankan hanya untuk bayi yang telah memasuki umur 6 bulan keatas karena sebelum umur enam bulan hanya disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan ASI. Sup ayam hangat adalah obat batuk untuk bayi yang paling muah dibuat dan aman untuk dikonsumsi. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sup ayam mampu mengurangi gejala dingin seperti nyeri, kelelahan, demam, flu dan batuk.

4. Perbanyak Cairan
Salah satu obat batuk untuk bayi yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics adalah menambah asupan cairan. Berhubung bayi belum bisa menerima segala jenis cairan untuk tubuhnya maka sang ibu berperan penting untuk memberikan ASI eksklusif untuk membantu mengatasi lendir yang menggangu tenggorokan bayi. Banyaknya lendir yang ada di tenggorokan bayi memicu batuk pada bayi sehingga ASI merupakan bantuan yang sangat berharga.

Baca juga : Penyebab batuk pada anak

Obat Batuk Untuk Anak dan Balita

Mengobati batuk pada bayi memang perlu hati-hati karena bayi belum bisa menerima beberapa jenis makanan untuk tubuhnya. Anda perlu konsultasi pada dokter apabila ingin memberikan makanan selain ASI pada bayi dibawah 6 bulan. Obat batuk untuk bayi juga diusahakan merupakan bantuan yang memang tidak langsung dikonsumsi oleh bayi seperti hanya menggunakan air hangat pada saat mandi atau menggunakan minyak kayu putih yang digosok pada dada. Aroma minyak kayu putih nantinya bisa membantu melonggarkan lendir pada hidung ketika bayi menghirup aroma minyak kayu putih tersebut. Kalau batuk terjadi pada balita yang usianya kurang lebih satu tahun anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini.

1. Madu
Madu adalah obat batuk yang efektif untuk anak-anak. Sebuah penelitian “Pediatrics” menyatakan bahwa anak-anak yang batuk pilek bila diberi madu sekitar 1 sendok makan pada saat 30 menit sebelum tidur dapat mengurangi gangguan pernapasan seperti batuk saat tidur. Perlu anda ketahui juga bahwa madu hanya boleh untuk dikonsumsi anak lebih dari usia 1 tahun untuk menghindari resiko botulisme. Botulisme adalah jenis infeksi bakteri serius yang mana madu bisa memicu hal tersebut jika dikonsumsi oleh anak dibawah 1 tahun.

2. Bawang
Menurut publikasi “The Internet Journal of Tropical Medicine” dari departemen mikrobiologi terapan di Universitas Ebonyi, bawang adalah bahan yang mengandung flavanoid yang bersifat antimikroba untuk mengatasi berbagai macam gangguan mikroorganisme. Penggunaan bawang sebagai obat batuk untuk anak disarankan hanya untuk usia diatas 4 tahun. Cara penggunaannya tinggal kupas bawang putih kemudian ditambah lemon kemudian dicampur dengan air panas yang telah mendidih dan bisa juga ditambahkan madu. Bila sudah agak dingin baru diberikan kepada anak anda.

Artikel terkait : Cara mengobati batuk berdahak.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan membari gambaran anda ketika bayi atau anak anda tiba-tiba mengalami batuk dan sulit untuk tidur. Berhubung bayi sangat sensitif terhadap jenis makanan tertentu maka perhatikanlan makanan mana yang boleh dan tidak boleh sesuai umur bayi. Konsultasikan juga kepada dokter anda ketika anda ragu dalam memberikan pengobatan dirumah. Semoga artikel menganai obat batuk untuk bayi ini bermanfaat bagi anda dan kesembuhan batuk bayi anda.