Olahraga Peninggi Badan

Tinggi badan ideal merupakan idaman setiap manusia. Tinggi badan ideal terpenuhi jika perbandingan dengan berat bedan sesuai dengan kaidah kesehatan. Di Indonesia sendiri banyak masyakarakat yang belum memenuhi tubuh ideal karena perbandingan berat badan dan tinggi badan yang tidak sesuai. Permasalahan ini sebenarnya tidak hanya dalam hal kesehatan, dalam kehidupan sosialpun tinggi badan banyak dipakai sebagai persyaratan untuk masuk ke suatu sekolah/instansi. Hal ini yang membuat banyak orang mau melakukan apapun untuk memperoleh tinggi badan yang sesuai untuk mendapatkan tubuh ideal.

olahraga peninggi badan

Faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang

Perlu anda ketahui bahwa tinggi badan manusia dibengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya:

1. Faktor genetik
Faktor genetik merupakan faktor peninggi tinggi badan yang didasarkan dari unsur gen yang terdapat pada kedua orang tua. Faktor genetik merupakan faktor dasar bagaimana tinggi badan bisa diprediksi berdasarkan gen yang disebut HMGA2. Contoh dari faktor genetik yang mempengaruhi tinggi badan adalah perubahan huruf C (cytosine) pada kode genetik HMGA2 akan membuat orang tersebut setengah sentimeter lebih tinggi daripada orang yang hanya memiliki gen T(Thymin). Jika Budi memiliki C ganda dari kedua orang tua, maka Budi lebih tinggi satu sentimeter dari pada Ani yang memiliki T ganda.

2. Nutrisi Tubuh
Kualitas gizi sangat mempengaruhi tinggi seseorang, hal inilah yang membuat program perbaikan gizi untuk anak-anak mulai santer diberlakukan. Anak-anak yang semasa kecilnya memperoleh gizi yang bagus cenderung memiliki tinggi badan yang lebih baik daripada anak-anak yang kurang mendapat gizi. Gizi ini dapat diperoleh dari sumber protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Saya akan membahas lebih lanjut mengenai makanan yang baik dikonsumsi untuk peninggi badan pada artikel selanjutnya.

3. Olahraga
Olahraga merupakan kegiatan latihan yang bermanfaat untuk melatih dan memberikan beban untuk tulang kaki, hal ini membuat tulang menjadi tumbuh karena adanya hentakan berat badan. Beberapa olahraga peninggi badan akan menjadi bahasan pokok pada artikel ini.

Dari ketiga faktor diatas, Ada 2 hal yang bisa dimaksimalkan agar mendapat tinggi badan yang ideal, faktor genetik tentu saja merupakan anugerah Tuhan yang mesti kita syukuri dan kita harus berusaha pada faktor nutrisi dan olahraga. Faktor nutrisi diusahakan dimulai dari perbaikan gizi ketika masih anak-anak, sedangkan untuk dewasa mulai dilatih dengan olahraga yang melatih tulang kaki. Berikut ini olahraga yang perlu anda coba sebagai peninggi badan.

1. Basket
Olahraga basket merupakan olahraga yang melatih kecepatan dan ketepatan gerakan kaki dan tangan, meskipun kita memegang bola dengan tangan, tapi olahraga ini cukup melatih tulang kaki karena faktor lari yang terus menerus dan konstan. Olahraga basket juga disertai dengan gerakan melompat untuk memasukkan bola ke ring, ini sangat bagus untuk melatih kekuatan kaki. Olahraga basket sangat dianjurkan sebagai olehraga peninggi badan yang efektif.

2. Lompat tali (Skipping)
Dengan bermodalkan seutas tali anda dapat melatih kaki anda dengan gerakan lompat tali, selain murah olahraga ini dipercaya membuat tulang kaki mendapat rangsangan dari hentakan berat badan yang pada akhirnya menjadi faktor peninggi badan.

3. Badminton / bulutangkis
Seperti halnya basket, bulutangkis juga dapat meningkatkan tinggi badan manusia, hal ini diperoleh dari loncatan ketika melakukan smash atau jumping. Meskipun banyak menggerakkan tangan olahraga ini bagus untuk melatih tulang karena memang tidak memaksa kaki untuk bekerja keras.

4. Renang
Renang cukup dikenal sebagai olahraga peninggi badan yang efektif, olahraga renang mampu menggerakkan seluruh tubuh dengan gerakan yang cukup teratur dan tidak terlalu keras. Gerakan yang teratur inilah yang melatih peregangan otot-otot tubuh.

5. Senam
Senam memiliki beberapa gerakan yang dapat menjadi rangsangan peninggi badan, gerakan seperti cobra stretch, basic leg strecth dan super stretch adalah contoh gerakan yang mampu meninggikan badan. Gerakan pada teknik super stretch menjadi metode yang paling umum digunakan untuk mendapatkan tinggi ideal, teknik ini dilakukan dengan cara berdiri disertai mengangkat kedua tangan diatas kepala, kedua tangan tersebut diangkat setinggi-tingginya kemudian kaki bisa berjinjit untuk melakukan peregangan yang maksimal.

Kelima jenis olahraga peninggi badan diatas sebaiknya dilakukan secara rutin bisa 2 kali dalam seminggu atau 1 kali dalam seminggu jika anda memang benar-benar sibuk. Hal ini dikarenakan olahraga yang rutin dapat melatih otot-otot dan tulang kaki agar terangsnag untuk tumbuh sedikit demi sedikit, ingat tidak ada olahraga yang dilakukan hanya sekali dengan efek langsung tinggi. Proses ini dilakukan agar tulang kaki dan otot tidak merasa kaget dan terforsir yang akhirnya bisa mendatangkan cedera yang tidak diinginkan. Semoga informasi 5 olahraga peninggi badan ini bermanfaat bagi teman-teman dan selalu jaga kondisi tubuh agar selalu fit. Salam