Ini Dia Resep Rendang Daging Sapi Ala Chef Angga

Siapa sih yang tidak tau tentang rendang, makanan asli Indonesia ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat didunia lho oleh CNN pada tahun 2011. Nah kali ini saya mau berbagi resep rendang daging sapi, kebetulan juga momennya setelah idul adha pasti daging sapi melimpah jadi tidak perlu risau mengenai harga yang sebelumnya melambung tinggi bagaikan roket. Hayo siapa yang idul adha tidak punya daging sapi? saya rasa pasti punya dong, emang deh idul adha 2014 ini waktunya pada memperbaiki gizi.

Trus kenapa daging sapi? ya meskipun rendang bisa dikreasikan menggunakan bahan lain, menurut saya daging sapi yang paling enak. Kalau berbicara mengenai rasa orisional emang bahan dasarnya adalah sapi. Tahukah anda bahwa makanan ini sebenarnya berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Jadi yang bilang asli Padang bilang aja karena setiap hari nemu rendang di Warung Makan Padang..hahaha emang dah warung padang kelasnya kita-kita dan kalau pengen banget makan rendang tidak usah khawatir tinggal belok dan beli diwarung padang pasti ada.

Sebelum mengupas mengenai resep rendang daging sapi, saya sebenarnya ingin menyampaikan dulu mengapa rendang banyak diminati. Dari beberapa artikel yang saya baca, saya selalu mendapatkan alasan yang memang Indonesia banget, yaitu kaya akan kandungan rempah-rempah. Bahan bahan seperti jahe, lengkuas, bawang merah dan bawang putih yang merupakan antimikroba sehingga tanpa bahan pengawetpun rendang bisa bertahan hingga empat minggu. itulah mengapa para ukm sekarang banyak yang membuka bisnis rendang kaleng bahkan ada yang sampai di ekspor.

Memasak rendang sebenarnya gampang-gampang susah, yang jelas anda harus bersabar karena lamanya proses memasak dan tidak bisa ditinggal sembarangan karena menggunakan santan. Jika anda meninggalkan masakan tersebut dalam waktu yang lama bisa-bisa santan anda pecah dan hasilnya pun kurang maksimal. Kalau anda pernah membuat gulai, ya seperti itulah hanya saja kalau rendang itu sampai airnya benar-benar tinggal sedikit dan warnanyapun kecoklatan. FYI rendang juga dikaitkan dengan istilah “Merandang” yaitu bahasa Padang yang berarti mengaduk terus tanpa henti.

Resep Rendang Daging Sapi Olahan Sendiri

resep rendang

A. Bahan Pokok Rendang Daging Sapi
Sesuai dengan judulnya anda perlu menyiapkan daging sapi segar yang nantinya dipotong dadu atau sesuai dengan selera, jumlah nya kira-kira 2 kg. Tak lupa untuk membuat 2 macam santan, yaitu santan kental 1 liter dan santan cair 1 liter, penjelasannya nanti ya kenapa harus pakai 2 macam santan. Siapkan juga

B. Bumbu-bumbu Rendang

3 lembar daun kunyit, bisa anda buat simpul agar tidak merepotkan saat mengaduk
4 helai daun jeruk purut, ini digunakan untuk mengurangi bau amis
3 batang serai yang dimemarkan
1 ruas asam

C. Bumbu Halus

1 ons cabai merah
20 siung bawang merah
10 siung bawang putih
5 buah kemiri
2 cm jahe
3 cm laos
Garam secukupnya

 

Proses Pembuatan :

Terebih dahulu rebus bumbu halus yang dilengkapi dengan daun kunyit, serai dan jadun jeruk menggunakan santan encer, seperti yang telah saya sampaikan diawal ketika menggunakan santan, berarti anda harus terus mengaduk agar santan tidak pecah.

Setelah dirasa cukup, masukkan potongan daging sapi kedalam rebusan santan tersebut kemudian aduk sampai santan mengering, kalau sudah mengering baru masukkan santan kental kedalam wajan namun jangan langsung semuanya, sedikit demi sedikit terlebih dahulu dengan sambil mengaduk.

Pada proses ini anda tinggal mengaduk masakan dengan terus menerus hingga santan kental tadi mulai mengering dan sudah manjadi lebih berminyak, saat itu terjadi mulailah untuk mengecilkan api agar tidak cepat gosong namun matang secara merata.

Kalau sudah mulai kecoklatan dan mendidih rata disertai dengan mengeringnya santan maka rendangpun matang. Anda sudah bisa menyajikan dengan irisan sledri dan brambang untuk menambah aroma gurih.

Demikian resep rendang daging sapi yang cocok untuk menu setelah idul adha, karena pada saat itu biasanya banyak keluarga yang mengumpul, usahakan menyajikan saat masih panas / hangat.