Rossi dan Marquez Berpeluang cetak Rekor baru

Seri ke-13 akan digelar pekan ini di Misano World Circuit Marco Simoncelli, San Marino. Pembalap kawakan Valentino Rossi dan pesaing yang merangkap menjadi penggemar The Doctor, Marc Marquez siap mencetak rekor baru jika keduanya sukses di Misano. Kedua icon pembalap senior dan junior yang saat ini menempati posisi pertama dan posisi ketiga klasemen dengan raihan 288 poin untuk Marc Marquez dan 189 untuk Valentino Rossi. Pada Seri ini Rossi menantikan rekor pembalap pertama yang mengoleksi 5.000 poin dalam seri Grand Prix sedangkan Marc Marquez akan menyamai rekor Mick Doohan dalam hal jumlah terbanyak memenangkan balapan dalam satu musim. Marc marquez sendiri telah menyamai rekor yang diraih The Doctor pada musim 2002 dan 2005 ketika memenangi gelaran seri di Silverstone.

rekor rossi dan marquez

Berbicara mengenai rekor, kedua pembalap ini syarat dengan pencapaian luar biasa, kedua pembala beda generasi ini mampu menghibur penonton dengan dentuman gas dan keahlian mengendalikan motor dengan kecepatan tinggi. Keduanya juga memiliki gaya balap yang sama yaitu senang melakukan overtaking. Karakteristik yang dimiliki oleh The Doctor ini akhirnya menurun juga ke generasi baru yaitu Marc Marquez. Sebelum ada Marc, mungkin balapan masih didominasi dengan gaya balapan yang langsung tancap gas seperti yang dilakukan oleh Lorenzo dan Stoner, namun akhirnya balapan kembali seru ketika terjadi salip menyalip antara pambalap. Ada skenario  yang harus terpenuhi di Misano agar kedua pembalap ini mampu mencatatkan diri sebagai pemegang rekor.

Rekor 5.000 poin Rossi akan diperoleh jika dia paling tidak mampu mencapai garis finish di posisi empat. Saat ini poin keseluruhan yang telah dikumpulkan The Doctor dalam karirnya di Grand Prix adalah 4.987 poin. Rossi sendiri percaya dia memiliki kans yang cukup besar untuk memenangi balapan di Misano, yang merupakan rumah baginya. Rossi sendiri menyadari bahwa untuk mengusik Marc marquez tidaklah mudah, Hal yang paling realistis adalah terus menempel Dani Pedrosa dan memperebutkan juara dua bersama Pedrosa dan Lorenzo.

Skenario Marc Marquez untuk menyamai rekor Mick Doohan adalah dia menang di seri ini, dan melampaui rekor Mick Doohan ketika menang di seri Aragon, 28 September mendatang. Bagi Marquez rentetan rekor ini kurang lengkap kalau tidak bisa mempertahankan juara kedua-nya di gelaran MotoGP. Marquez bisa mengunci gelar jika dia memenangi seri ke-13 di Misano dan Aragon dengan kondisi dimana Pedrosa gagal meraih dua besar. Dalam hitungan matematika skenario tersebut membuat Marquez mendapat 338 poin sementara Pedrosa memperoleh 235 poin, yang artinya selisih 103 poin tersebut tidak bisa terkejar dalam 4 balapan tersisa. Selamat berjuang Rossi dan Marc !