10 Manfaat Buah Delima

Siapa yang menyangka bahwa manfaat buah delima itu ternyata banyak sekali. Dulunya saya mengira buah ini kurang memiliki manfaat dan hanya mirip seperti makanan monte karena dalemannya butir-butir seperti monte / makanan yang terbuat dari sagu mutiara (kalau tidak salah sebut). Buah yang rasanya manis atau cukup juicy ini merupakan buah yang tumbuh sangat bagus didaerah tropis. Buah delima memiliki nama latin Pomegranate sehingga kadang orang menyebutnya dengan buah pome.

Buah delima / buah pome diketahui berasal dari wilayah Pakistan, Iran, India Utara dan Afganistan. Anda juga akan mendapati buah tersebut tumbuh dengan baik di wilayah California, Afrika dan tentu saja Negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan buah delima di toko buah atau supermarket terdekat. Saya tertarik untuk mengulas manfaat buah delima ini agar menambah wawasan bagi para pembaca. Sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai manfaat buah naga. Bila anda belum membacanya silahkan membaca artikel tersebut karena manfaat buah naga tidak kalah dengan buah delima ini.

manfaat buah delima

Buah Naga dan Buah Delima

Apa Saja Manfaat Buah Delima?

Buah delima dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh buah delima tidak kalah dengan teh hijau. Buah delima juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik untuk tubuh anda, apabila anda memiliki masalah kekurangan vitamin C maka ambillah buah delima ini karena dalam setiap 100ml buah delima akan memenuhi setidakna 16 persen dari kebutuhan harian seseorang. Manfaat buah delima juga didasari fakta bahwa mereka memiliki kandungan Vitamin K dan vitamin B5 yang berkhasiat untuk kesehatan tulang anda dan meningkatkan metabolisme tubuh. Berikut ini beberapa daftar khasiat buah delima yang bisa anda dapatkan jika dikonsumsi secara rutin setiap hari:

1. Mencegah Penyakit Jantung
Apabila berbicara mengenai penyakit jantung, saya kadang merasa ngeri karena jantung merupakan bagian vital dalam tubuh kita yang sangat riskan bila terkena sebuah penyakit. Angka kematian akibat penyakit jantung juga cukup tinggi sehingga anda harus menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit ini. Manfaat Buah Delima dipercaya dapat membantu anda mencegah penyakit jantung. Kandungan polifenol yang tinggi membuah buah delima sangat cocok untuk hal ini. Buah delima juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Tingkat antioksidan yang tinggi pada buah delima bisa membantu anda mengurangi resiko pada dinding arteri dari kerusakan radikal bebas. Buah delima juga bisa membantu anda melawan pembentukan plak pada arteri yang disebabkan oleh kolesterol jahat.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Setelah penyakit jantung kemudian penyakit kanker, disinilah manfaat buah delima yang bisa anda dapatkan dengan menambahkan menu tambahan buah delima ketika selesai makan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa jus dari buah delima bisa menghambat pertumbuhan sel tumor didalam tubuh. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh buah delima juga berperan penting dalam memberantas penyakit kanker, baik kanker paru-paru, kander kulit, prostat dan bahkan kanker payudara. Jus buah delima merupakan pengobatan yang menyenangkan dan nikmat untuk dijalani sehari-hari ketika anda ingin mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Senyawa anti-inflamasi yang dimiliki oleh buah delima tidak hanya berhenti untuk mencegah kanker. Senyawa ini juga bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari beberapa penyakit seperti rheumatoid arthritis dan osteroarthrits. Manfaat buah delima ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C yang dikenal sebagai zat antibodi yang membangun sistem imun terhadap berbagai jenis virus dan bakteri yang senantiasa bisa menyerang tubuh kapanpun itu. Sistem kerja dari buah delima juga hampir sama dengan khasiat buah kunyit yang membangun sistem kekebalan tubuh.

4. Berguna Untuk Mengontrol Tekanan Darah
Apabila anda memiliki masalah dengan tekanan darah anda yang tinggi, anda akan mempunyai opsi untuk menggunakan buah delima untuk mengontrol tekanan darah anda. Kandungan Asam Punicic merupakan unsur pokok bagaimana buah delima bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol. Perlu dicatat, apabila anda memiliki darah rendah maka anda perlu memperhatikan konsumsinya karena bisa mengakibatkan efek yang buruk terhadap kesehatan anda jika konsumsinya melebihi batas.

5. Membantu Sistem Pencernaan
Semua orang akan mengidamkan memiliki sistem pencernaan yang lancar dan sehat. Untuk mendukung keinginan tersebut tentu saja anda harus memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh anda. Serat bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi diantaranya buah pepaya dan buha delima. Buah delima dipercayai dapat memenuhi kebutuhan 45% serat anda hanya dengan satu buah delima. Kandungan serat satu buah delima setara dengan 20 hingga 35 gram.

6. Meningkatkan Kesuburan
Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Queen Margaret University, buah delima bisa meningkatkan tingkat kesuburuan manusia. Hal ini didukung oleh kepercayaan orang zaman kuno yang menganggap buah delima sebagai simbol kesuburan.

7. Anti Aging Alami
Manfaat buah delima yang mungkin banyak dicari oleh para perempuan adalah sanyawa untuk anti-aging. Buah delima mengandung banyak polifenol dan antioksidan yang berfungsi untuk melawan kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas. Kerusakan pada sel-sel kulit biasanya akan menimbulkan keriputan dan tanda-tanda penuaan lainnya. Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah delima sehari-hari untuk memperoleh kulit yang bersinar dan wajah yang cerah.

8. Mengurangi Rasa Stress
Selain mempengaruhi dari segi kesehatan, anda juga akan mendapatkan manfaat dari sisi psikologis dari buah delima. Buah delima bisa membuat hormon kortisol berkurang. Hormon kortisol merupakan hormon yang bisa membuat anda dalam kondisi stress. Penelitian untuk hal itu sudah dilakukan oleh Queen Margaret University, dan dari penelitian tersebut dinyatakan bahwa orang yang suka mengkonsumsi jus buah delima akan mengurangi resiko terkena stress.

9. Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit yang biasa ditemui pada orang yang memiliki usia lanjut. Penyakit ini membuat anda bisa lupa jalan pulang, sungguh sesuatu yang merepotkan nantinya jika pada usia tersebut anda akan kehilangan arah untuk pulang kerumah. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menggunakan buah delima agar terhindar dari penyakit alzheimer. Manfaat buah delima untuk penyakit alzheimer ini telah diteliti oleh Hartman yang menunjukkan bahwa alzheimer bisa dihindari dengan mengkonsumsi buah delima.

10. Mencegah Pembentukan Plak
Plak merupakan sesuatu yang menggangu di mulut anda. Plak juga mengganggu kesehatan mulut anda. Perlu anda ketahui bahwa makanan dan minum yang kita makan sehari-hari kadang mengandung baktei yang bisa menimbulkan plak di mulut. Plak ini bila dibiarkan bisa membuat gangguan kesehatan untuk gigi dan gusi anda. Mungkin anda bisa membersihkan mulut dengaan cairan pembersih yang bisa anda dapatkan diapotek. Cairan tersebut memang sangat berguna bagi kesehatan, lalu bagaimana jika menggunakan bahan alami untuk hal itu?. Cairan / obat kumur kadang mengandung alkohol yang membuat mulut anda terasa agak kaku dan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tesebut mulailah untuk menggunakan buah delima yang kahisanya juga hampir sama. Khasiat buah delima ini juga bisa menjadi diet anda sehingga selain untuk kesehatan juga bisa untuk program diet anda.

Dengan mengetahui beberapa khasiat buah delima diatas, anda mungkin tertarik untuk mengganti beberapa jenis obat kumur atau bahan lain yang bisa digantikan fungsinya oleh buah delima. Semoga artikel ini membuka pengetahuan anda akan manfaat buah delima dan membantu anda yang ingin menjalankan pola hidup sehat dengan rajin makan buah-buahan.