8 Manfaat Renang Bagi Tubuh Manusia

Tahukah kamu apa sebenarnya manfaat renang bagi tubuh manusia? kalau sudah tahu berarti super sekali, kamu berada dijalan yang benar, hehe. Bagi yang belum tau tenang saja, kali ini saya akan membahas menfaat dari olahraga air yang disebut dengan renang. Sudah tahukan renang itu seperti apa? hayo ngaku aja kalau belum tau.. kalau pede bilang tau coba jawab pertanyaanku ini :
1. Dimana pertama kali renang ditemukan ?
2. Siapa orang yang pertama kali mengenalkan renang?

Nah lho, yang belum ngerti silahkan baca artikel sebelumnya yang membahas mengenai pengenalan renang biar paham. Karena renang merupakan olahraga, alangkah baiknya kita juga mempelajari mengenai manfaatnya bagi kesehatan tubuh, jadi tidak hanya nyebur dan berenang saja, kalau sudah mengerti fungsinya kan jadi tambah semangat untuk latihan dan mengembangkan gaya renang sesuai kreatifitas kalian. Renang memang dikenal dengan olahraga yang menyenangkan, saking menyenangkannya kadang kita bisa lupa kalau itu ternyata olahraga.
manfaat renang bagi tubuh

Manfaat Renang Bagi Tubuh Dilihat Dari Sisi Ilmu Kesehatan

Renang merupakan olahraga yang bisa dijadikan sebagai media relaksasi. Olahraga ini dilakukan pada sebuah kolam dengan kondisi air bersih dengan kedalaman yang bervariasi. Untuk luasan kolam, Federasi Renang Internasional telah menetapkan ukuran kolam Olimpiade dengan panjang kolam 50 meter sedangkan lebarnya 25 meter. Kamu tidak harus mengikuti referensi dari federasi renang untuk kolam renang dirumah. Anda bebas menentukan luasan kolam renang jika hanya untuk olahraga biasa / bukan atlet. Yang paling penting disini adalah bagaimana anda mengetahui manfaat dari olahraga ini. Berikut ini 8 manfaat renang bagi tubuh yang kadang tidak disadari oleh kalian :

1. Mengurangi Resiko Arthritis
Arthritis merupakan peradangan menyakitkan pada sendi yang mengakibatkan kekakuan sendi. Renang merupakan olehraga yang paling dianjurkan untuk mengurangi resiko Arthritis. Hal ini karena renang merupakan olahraga yang menggerakkan semua bagian tubuh namun tidak terlalu memberi beban dan ketegangan pada sendi. Pada saat berenang berat beban anda akan menjadi ringan daripada saat tidak berada di dalam air. Rheumatoid Arthritis merupakan salah satu tipe Arthritis yang memerlukan terapi renang untuk mengurangi rasa sakit pada sendi. Para ahli lebih menganjurkan penderita Rheumatoid Arthritis untuk rutin berenang daripada harus mengonsumsi obat-obatan.

2. Bisa Memiliki Umur Panjang
Jika anda ingin memiliki umur panjang, maka rutinlah berenang. Menurut studi yang dilakukan oleh University of South Carolina, orang yang rutin berenang setiap hari memiliki kecenderungan lebih sehat dan tingkat kematiannya lebih rendah 50% dibandingkan orang yang tidak berenang. Hal lain yang bisa menjadi bukti ini adalah adanya kelas renang di United States Masters Swimming untuk kategori umur 100-104 tahun, sungguh luar biasa.

3. Kebugaran Jantung
Olahraga renang juga berfungsi untuk melatih kekuatan jantung, Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh. Olahraga ini merupakan aerobik untuk melatih kardiovaskular. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa / stroke valume sebesar 18 %.

4. Membentuk dan Menguatkan Otot
Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya adalah menguatkan otot otot triceps, kalau belum tahu otot triceps itu apa otot triceps adalah otot yang terletak dibagian belakang lengan. Peningkatan massa oto triceps ini bisa mencapai 23,8% bila rutin berenang dalam delapan minggu atau lebih.

5. Melatih Keseimbangan dan Kelenturan
Dengan berenang berarti anda melatih kelenturan otot kaki dan tangan, anda bisa mencoba beberapa gaya renang dengan resiko yang tidak terlalu tinggi dibandingkan olahraga lain. Keseimbangan juga merupakan manfaat yang diperoleh dari hasil latihan rutin. Orang yang rutin berenang pasti akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak berenang.

6. Menjaga Berat Badan
Renang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga cukup ampuh untuk menjaga berat badan ideal. Bayangkan cukup dengan berenang selama satu jam anda bisa membakar 100 – 200 kalori, tentu saja dengan pertimbangan seberapa efisien anda berenang. Kalori yang dibakar tergantung dengan rutinitas latihan anda, semakin anda rutin maka renang bisa membakar kalori lebih baik dibandingkan dengan olahraga lain seperti bersepeda.

7. Relaksasi
Jika anda merasa jenuh atau stress dengan rutinitas kerja anda, coba deh langsung berenang di kolam dan nikmati waktu santai anda untuk menyegarkan tubuh dan pikiran anda. Ketenangan air cukup bagus untuk kesehatan mental anda apalagi ketika anda mulai menggerakkan tubuh anda untuk melepaskan tegangan otot atau sendi, badan akan merasa lebih fit dan bugar kembali. Usahakan untuk berenang di kolam yang tidak terlalu ramai agar relaksasi anda berjalan dengan sempurna.

8. Mengurangi Resiko Asma
Manfaat renang bagi tubuh yang terakhir adalah mengurangi resiko asma, hal ini dikarenakan renang sangat membantu dalam melatih pernapasan sehingga paru-paru menjadi lebih sehat dan melatih pernapasan lebih teratur.