9 Obat Alami Sakit Gigi Untuk Pertologan Pertama

Mungkin bagi anda yang sudah pernah mengalami sakit gigi akan merasakan rasa nyeri yang begitu luar biasa. Untuk itu pada hari ini kami ingin membahas mengenai obat alami sakit gigi yang bisa anda gunakan sebagai pertolongan pertama / perawatan dirumah. Kita menyadari bahwa Indonesia kaya akan rempah-rempah atau bahan alami yang bisa digunakan untuk pengobatan sakit gigi. Sejak zaman dahulu ada begitu banyak ramuan yang digunakan untuk mengobati penyakit seperti halnya sakit gigi.

Berbicara mengenai sakit gigi, tentu saja gejala atau jenis penyakitnya macam-macam, mulai dari sakit gigi ringan / hanya sedikit nyeri pada bagian gigi dan rahang hingga ke tahap parah yang biasanya sampai menganggu sendi rahang. penyakit gigi yang paling umum di Indonesia antara lain infeksi, gigi berlubang, gigi terekspos, dan sakit pada bagian gusi. Gigi adalah bagian tubuh manusia yang terdiri dari banyak saraf sensitif sehingga apabila terjadi sedikit peradangan pada bagian pulp akan terasa banget nyerinya. Pulp adalah bagian tengah gigi yang merupakan kumpulan saraf gigi.

obat alami sakit gigi

Mengobati sakit gigi dengan bahan alami

Obat Alami Sakit Gigi Untuk Pengobatan Pertama

Kami selalu akan menganjurkan anda untuk datang ke dokter apabila anda mengalami sakit gigi. Bagaimanapun juga dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan guna menemukan jenis penyakit gigi yang anda alami, namun kadangkala sakit gigi datang secara tiba-tiba atau datang ketika malam hari dimana saat itu tidak memungkinkan untuk datang ke dokter gigi secara mendadak. Obat alami sakit gigi diharapkan bisa menjadi pengobatan pertama untuk mengurangi rasa sakit sampai pada waktunya anda memeriksakan gigi anda ke dokter gigi. Berikut ini obat sakit gigi dari bahan alami yang bisa anda gunakan :

1. Air Garam Hangat
Obat alami sakit gigi yang paling mudah untuk dibuat adalah larutan garam yang hangat. Cara membuatnya juga cukup mudah, anda tinggal memasukkan setengah sendok garam pada segelas air hangat kemudian diaduk hingga merata. Larutan garam tersebut kemudian digunakan untuk berkumur. Larutan garam dikenal efektif untuk melawan bakteri yang menyebabkan infeksi dan membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

2. Mrica dan Garam
Masih menggunakan bahan dasar garam, namun kali ini dikonbinasikan dengan Mrica. Kedua bahan ini memiliki kandungan analgesik, bersifat anti-inflamasi dan anti bakteri sehingga sangat membantu merungasi sakit gigi yang berkaitan dengan saraf sensitif. Cara penggunaannya cukup mudah, campurkan mrica dan garam yang kemudian ditetesi air hingga berbentuk pasta. Pasta tersebut kemudian dioleskan pada bagian gigi yang sakit dan tunggu beberapa menit. Setelah itu anda bisa membersihkan pasta dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal anda bisa menggunakan pasta seperti ini hingga beberapa hari sampai nyeri pada gigi mulai berkurang.

3. Bawang Putih
Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa bawang bisa menjadi salah satu alternatif obat sakit gigi alami. Bawang memiliki sifat antibiotik yang efektif digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada bagian gigi dan gusi. Untuk menggunakan bawang sebagai obat sakit gigi, anda bisa menumbuk bawang putih kemudian ditambahkan dengan garam lalu dioleskan pada bagian gigi yang sakit. Jika anda tidak masalah dengan konsumsi bawang putih, anda bisa langsung mengunyahnya dan boleh langsung disepah / dimuntahkan.

4. Bawang Merah
Selain bawang putih ternyata bawang merah juga berguna untuk mengobati sakit gigi secara alami. bawang memiliki kandungan yang bersifat antiseptik dan antimikroba yang bisa mengurangi efek sakit gigi. Kandungan yang dimiliki oleh bawang merah tersebut bisa digynakan untuk membunuh kuman penyebab infeksi pada gigi. Cara menggunakan bawang merah sebagai obat alami sakit gigi dan gusi juga bisa dibilang cukup mudah, anda cukup mengunyah langsung bawang merah yang telah dikupas kulitnya dan dibersihkan. Bila anda tidak doyan untuk mengunyah langsung anda bisa mengoleskan potongan bawang merah langsung ke area gigi yang sakit.

5. Cengkeh
Perlu anda ketahui bahwa cengkeh merupakan obat alami sakit gigi yang cukup ampuh. Sifat cengkeh yang anestesi, antibakteri, anti-inflamasi dan antioksidan dikenal sebagai obat yang mengurangi rasa sakit pada bagian gigi. Cengkeh juga ampuh untuk melawan beberapa jenis infeksi gigi. Cara penggunaannya yaitu haluskan cengkeh yang kemudian dicanpur dengan minyak zaitun / minyak sayur kemudian dioleskan pada gigi yang sakit.

6. Daun Jambu Biji
Bila anda ingin mendapatkan obat alami sakit gigi dengan dedaunan, anda bisa mencoba untuk menggunakan daun biji jambu. Caranya yaitu kunyah satu atau dua lembar daun biji jambu hingga nyeri gigi mulai berkurang. Anda juga bisa menggunakan rebusan daun biji jambu yang ditembahkan garam saat sudah hangat. Larutan tersebut kemudian digunakan untuk obat kumur jika sudah agak dingin. Daun jambu biji dikenal memiliki sifat antimikrobar, anti-inflamasi dan analgesik yang membantu mengobati sakit gigi.

7. Asafetida
Bagi yang masih asing dengan istilah ini, aafetida adalah rempah-rempah yang banyak dihasilkan di India. Biasanya Asafetida ini dijual dibeberapa tempat dalam bentuk bubuk. Asafetida merupakan bahan alami yang cocok sebagai obat alami sakit gigi dan gusi berdarah. Anda bisa membeli asafetida ditoko obat atau supermarket terdekat dan menyimpannya dirumah untuk pengobatan sakit gigi dirumah. Cara penggunaannya yaitu camppurkan asfetida dengan lemon kemudian dioleskan pada bagian gigi yang sakit.

8. Ekstrak Vanili
Ekstrak vanili merupakan obat sakit gigi alami yang ampuh. Ektrak vanili memiliki sifat menenangkan sehingga ketika gigi anda terasa sangat nyeri anda bisa menggunakan ekstrak vanili untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Cara menggunakannya yaitu celupkan kapas pada ekstrak vanili ditambah dengan sedikit air kemudian dioleskan ke bagian gigi yang nyeri.

9. Balok Es
Mungkin selama ini sudah banyak yang menggunakan balok es untuk mengurangi rasa sakit karena saraf pada gigi terganggu. Balok es dikenal sebagai bahan alami yang dapat meringankan sakit gigi. Caranya juga cukup mudah, gunakan balok es yang dibungkus kain katun tipis kemudian ditempelkan pada pipi. Sebuah teknik akupresur yang dapat meringankan rasa sakit gigi adalah untuk menggosok es batu antara jari telunjuk dan ibu jari selama beberapa menit. Perlu anda ketahui juga bahwa apabila saraf gigi anda sudah terinfeksi, jangan menempelkan es langsung pada gigi karena itu malah membuat gigi anda tambah akit. Anda justru disarankan untuk menggunakan teknik akupresur untuk mengurangi nyeri gigi tanpa kontak langsung.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, bila anda ingin tahu mengenai berbagai pengobatan  penyakit anda bisa menemukannya dihalaman khusus yang membahas pengobatan penyakit. Semoga artikel mengenai obat alami sakit gigi ini bisa bermanfaat dan membantu anda mengobati sakit gigi dirumah.