Amankah Buah Pisang Untuk Ibu Hamil ?

Sebagian orang masih menganggap bahwa manfaat buah pisang untuk ibu hamil itu tidak ada. Para ibu hamil lebih banyak yang memilih buah naga sebagai camilan sehari-hari dengan pertimbangan manfaat yang mereka dapat dari beberapa artikel atau tulisan di majalah. Ada juga yang menganggap bahwa mengkonsumsi pisang saat hamil tidaklah aman, apakah benar begitu ? mari kita bahas pada artikel ini.

Pertanyaan menarik yang selalu datang ketika saya membahas mengenai manfaat buah pada blog ini adalah, apakah buah tersebut aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ? berhubung saat ini saya sedang membahas mengenai manfaat buah pisang, maka saya ingin memberitahu kepada seluruh pembaca setia blog ini bahwa mengkonsumsi pisang itu aman kecuali jika memang orang tersebut mempunyai alergi terhadap pisang. Buah pisang adalah buah yang kaya akan vitamin dan asam folat. Asam folat merupakan sumber nutrisi yang baik untuk pertumbuhan otak dan perkembangan janin. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang membantu perkembangan sistem saraf pusat pada janin. Ini adalah ide yang sangat bagus untuk menjadikan pisang sebagai camilan saat anda hamil atau sudah melahirkan dan menyusui bayi anda.

manfaat buah pisang untuk ibu hamil

10 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Pada masa-masa kehamilan seorang ibu disarankan untuk jeli memilih makanan yang kaya akan nutrisi. Nutrisi tersebut diperuntukkan bagi pertumbuhan janin yang ada didalam perut ibu hamil maupun untuk kesehatan ibu itu sendiri. Apabila anda tidak memiliki alergi terhadap buah pisang maka anda bisa menjadikan pisang sebagai salah satu buah yang bisa dikonsumsi pada masa-masa hamil. Adapun beberapa manfaat pisang buat ibu hamil :

1. Mengandung Sumber Kalium yang Baik untuk Ibu Hamil.
Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 4.700 miligram kalsium tiap hari. Kalsium sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi rasa sakit atau kram secara tiba-tiba. Terkadang pada masa kehamilan seorang ibu akan mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan seperti sakit nyeri, kram maupun pembengkakan alami. Pembengkakan yang terjadi secara tiba-tiba juga bisa memicu terjadinya preeklamsia (tekanan darah tinggi pada ibu hamil) sehingga anda perlu berhati-hati jika mengalami hal tersebut. Kalium merupakan sumber mineral yang tepat untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan saat masa kehamilan.

2. Buah Pisang Kaya Akan Vitamin B6
Vitamin B6 merupakan bagian dari vitamin B yang mempunyai manfaat besar bagi perkembangan janin yang dikandung. Vitamin B6 sangat baik untuk pertumbuhan sistem saraf pusat pada bayi. Apabila anda menginginkan bayi anda miliki sistem saraf yang bagus maka anda bisa memberikan asupan vitamin B6 saat masa hamil. Vitamin B6 membantu proses pendistribusian oksigen ke seluruh jaringan sistem saraf melalui hemoglobin sehingga vitamin jenis ini juga membantu proses biosintesis neurotransmitter GABA, setronin dan dopamin. Manfaat buah pisang untuk ibu hamil ini bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi satu buah pisang setiap harinya. Perlu anda ketahui bahwa satu buah pisang berukuran sedang sudah mengandung 0,4 miligram atau setara 21 dari kebutuhan harian anda terhadap vitamin B6. Vitamin B6 harian yang dianjurkan oleh ahli kesehatan adalah sekitar 1,9 miligram sehingga anda masih bisa mencukupi asupan tersebut dengan jenis makanan yang lainnya.

Baca juga : Manfaat buah apel untuk ibu hamil

3. Kaya Akan Asam Folat
Manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang paling penting adalah kandungan asam folat. Asam folat merupakan kandungan yang dibutuhkan oleh janin maupun sang ibu untuk kesehatan keduanya. Asam folat yang ada dalam pisang merupakan asupan nutrisi yang mudah diserap oleh janin dan berperan penting untuk perkembangan saraf dan otak. Kandungan asam folat pada pisang juga membantu pertumbuhan sumsum tulang belakang dan mengurangi resiko kelahiran prematur atau cacat lahir.

4. Memiliki Sumber Kalsium yang Dibutuhkan
Mungkin anda tidak asing dengan fungsi kalsium bagi tubuh, namun apakah anda menyangka bahwa buah pisang juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium dibutuhkan pada saat masa kehamilan untuk membentuk sistem kerangka pada anak dan perkembangan tulang pada janin. Selain itu kalsium juga bermanfaat bagi kesehatan tulang sang ibu.

5. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi
Manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang tak kalah penting ada pada kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan merupakan sumber penting bagi peningkatan sistem kekebalan tubuh janin dan sang ibu. Kandungan antioksidan ini hadir bersama vitamin C yang dikandung oleh buah pisang. Vitamin C merupakan sumber vitamin yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

6. Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil juga Ada pada Proteinnya
Protein selalu dikaitkan dengan proses pertumbuhan. Makanan yang kaya akan protein selalu menjadi hal yang bagus bagi pertumbuhan manusia sehingga juga cocok bagi ibu hamil. Anda bisa mengkombinasikan buah pisang dengan beberapa jenis makanan lain. Jika anda seorang vegetarian, mengkonsumsi buncis maupun kacang-kacangan juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein selama masa kehamilan dan anda bisa menutup menu anda dengan buah pisang.

7. Buah Pisang Bagus untuk Sel Darah
Manfaat buah pisang untuk perkembangan sel darah merah tidak bisa lepas dari khasiat vitamin B6 yang ada pada buah pisang. Vitamin B6 yang berperan aktif sebagai neurotransmitter membuat perkembangan sel darah merah dalam tubuh menjadi lancar dan produktif. Hal ini juga mencegah anda mengalami anemia pada masa kehamilan. Mencegah anemia merupakan salah satu manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang wajib diketahui oleh para ibu hamil. Anemia merupakan masalah prenatal umum pada kehamilan. Anemia bisa saja mengakibatkan komplikasi yang berdampak pada kesehatan janin dan sang ibu. Oleh karena itu mengkonsumsi pisang menjadi salah satu solusi untuk mencegah anemia dan menyehatkan kandungan anda.

8. Mengurangi Rasa Mual
Rasa mual menjadi kejadian lumrah pada ibu yang sedang hamil, mungkinkah anda mengalaminya setiap hari? lalu bagaimana cara mengurangi rasa mual tersebut ?

Mual adalah hal wajar yang sering dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama, bahkan hampir sebagian besar ibu hamil akan mengalami rasa mual ketika pada tiga bulan pertama kehamilan tersebut. Untuk mengurangi rasa mual tersebut anda bisa menggunakan buah pisang sebagai salah satu solusi mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

9. Mengurangi Resiko Sembelit
Sembelit bisa dibilang sepaket dengan rasa mual pada ibu hamil. Sembelit saat masa hamil cukup menggangu dan terasa sangat menyakitkan, oleh karena itu anda bisa mengurangi rasa sakit / resiko sembelit menggunakan buah pisang. Kandungan serat pada pisang akan membantu tubuh anda melakukan proses pencernaan menjadi lebih halus dan mendorong kotoran dari usus halus untuk dikeluarkan dari tubuh melalui sistem pencernaan.

10. Buah Pisang Bagus untuk Ibu yang Sedang Menyusui
Apabila ada pertanyaan disekitar anda mengenai buah apa yang baik untuk ibu yang sedang menyusui, jawab saja : salah satu buah yang baik untuk ibu menyusui adalah buah pisang. Kandungan nutrisi yang ada dalam pisang membantu sang ibu memproduksi ASI yang berkualitas. Kualitas ASI yang baik dapat membantu bayi anda memiliki antibodi yang bisa membantuk bayi untuk melawan berbagai jenis penyakit maupun virus.

Baca juga : Panduan konsumsi buah untuk ibu hamil

Pisang yang Bagus untuk Ibu Hamil

Setelah membahas mengenai 10 manfaat buah pisang untuk ibu hamil diatas, mungkin anda akan bertanya-tanya jenis pisang apakah yang bagus untuk ibu hamil? Beberapa orang menganggap bahwa pisang ambon berbahaya bagi ibu hamil. Mitos tersebut telah ada dimasyarakat sejak dahulu kala dan tidak bisa dibuktikan secara medis, namun ternyata pisang ambon merupakan buah yang paling banyak mengandung kandungan yang telah saya sebutkan diatas.

Mitos Mendapat Bayi Laki-Laki
Mitos mengenai seringnya makan buah pisang bisa mendapatkan bayi laki-laki adalah topik yang sangat menarik untuk dibahas. Beberapa kalangan terkadang menginginkan bayi laki-laki untuk anak pertama mereka dan berbagai carapun dilakukan salah satunya mengkonsumsi buah pisang agar mendapatkan bayi laki-laki. Apakah mitos itu benar ? sampai saat ini belum ada penjelasan secara medis mengenai jaminan bayi laki-laki ataupun perempuan. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Oxford dan Universitas Exeter juga belum bisa menjelaskan hal tersebut, namun mereka telah mempelajari bahwa hampir 750 wanita yang baru hamil pertama kali selalu mencari kolerasi antara konsumsi pisang dengan bayi laki-laki. Tingginya kadar kalium, natrium dan kalsium dianggap berkolerasi dengan kelahiran bayi laki-laki, namun tetap saja belum bisa menjamin keinginan manusia.

Bahaya Buah Pisang Bagi Ibu Hamil

Saya berkewajiban menyampaikan bahaya buah pisang untuk ibu hamil disamping manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Meskipun buah pisang memiliki semua manfaat yang dibutuhkan oleh ibu hamil, buah pisang dikenal oleh ahli medis memiliki kandungan kitinase, yaitu sejenis alergen yang terkait dengan lateks buah. Orang-orang yang memiliki alergi terhadap lateks sangat dianjurkan untuk menghindari buah yang mengandung kitinase. Periksakan diri anda untuk menjaga resiko ini tidak terjadi terlebih jika anda belum mengetahui apakah anda termasuk yang memiliki alergi terhadap lateks atau tidak. Jenis buah lain yang mengandung kitinasi adalah buah alpukat dan kiwi.