Cara Berlatih Teknik Dasar Bola Voli

Kita sudah sangat tidak asing lagi dengan permainan bola voli. Sebelumnya kita juga telah membahas mengenai sejarah bola voli di artikel ini. Dengan perkembangan olahraga bola voli ini sangat baik di daerah terpencil maupun kota. Bola voli ini juga banyak digemari dikalangan remaja maupun dewasa sehingga banyak menciptakan pemain-pemain yang sangat membanggakan.dari permainan ini apakah kalian sudah mengerti dengan teknik dasar bermain voli ?…Sebelum bermain bola voli harus sangat mengerti dengan teknik dasar karena teknik dasar bola voli merupakan unsur yang sangat menentukan kalah dan menangnya suatu regu dalam permainan bola voli. Oleh sebab itu, agar permainan bola voli ini dapat berjalan optimal maka tiap-tiap pemain harus menguasai terlebih dahulu teknik dasar dalam permainan bola voli. Beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai adalah sebagai berikut :

1. Servis
Servis atau juga disebut dengan serve adalah pukulan permulaan yang dilakukan untuk mengawali suatu permainan bola voli. Namun, servis ini juga dapat digunakan sebagai pukulan serangan yang bertujuan untuk mendapatkan poin. Dalam servis juga ada beberapa teknik yang dapat dilakukan di antaranya :

  • Servis atas
  • Servis bawah
  • servis samping

servis atasservis bawah

2. Passing
Passing adalah suatu usaha seorang pemain dengan menggunakan teknik tertentu untuk mengoperkan/mengumpan bola kepada teman dalam satu tim untuk dimainkan di daerah lapangan sendiri. Jika bola datang dari atas merupakan salah satu bola yang dinamakan bola parabol/melengkung dapat digunakan dengan passing atas dan jika bola telah dalam posisi rendah dapat digunakan dengan passing bawah.

passing atas bawah

3. Smash
Smash adalah suatu gerakan memukul bola dengan keras, menukik tajam. Smash juga merupakan bentuk serangan yang efektif untuk mendapatkan kemenangan dalam bola voli. Ada hal yang perlu mendapat perhatian dalam melakukan smash, yaitu : awalan, tolakan, saat bola di atas net, dan pendaratan. Adapun cara sederhana melakukan teknik dasar smash sebagai berikut :

  • Berdiri sikap melangkah menghadap ke arah net.
  • Berat badan pada kaki depan, Pandangan ke arah depan
  • Gerak awalan, melangkah sebelum melakukan tolakan biasanya dilakukan paling sedikit dua langkah dan langkah terakhir lebar
  • Gerak tolakan, menolak dengan kedua kaki ke atas dibantu dengan ayunan kedua lengan ke depan
  • Gerakan saat bola di atas net, bola dipukul dengan telapak tangan pada bagian atas bola bersamaan dengan pergelangan tangan diaktifkan.
  • Gerakan mendarat, mendarat dengan kedua ujung telapak kaki bersamaan, kedua lutut mengeper, kedua lutut direndahkan, berat badan dibawa ke depan.Kedua lengan di depan samping badan.

smash

4. Blocking
Blocking adalah upaya untuk menghalangi atau membendung serangan lawan dengan merentangkan kedua tangan pada tempat yang diperkirakan menjadi sebuah arah jalannya bola. Blocking juga tidak hanya dpat dilakukan satu orang pemain namun juga dapat 2-3 pemain. Maksud dari melakukan teknik blocking agar smash dari lawan menjadi gagal, dan bola dari hasil sebuah olahan umpan tim lawan dapat digagalkan masuk ke daerah pertahanan sendiri.

blocking