Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Efektif

Mulut yang bau kadang membuat kita tidak pede menjalani rutinitas sehari-hari, lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut yang efektif? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips agar mulut tidak berbau nyengat yang bisa membuat penampilan Anda menjadi lebih percaya diri.

Bau mulut yang segar juga menjadi indikasi seseorang yang memiliki gigi dan gusi yang sehat. Seringkali napas yang bau dikaitkan dengan kondisi kesehatan gigi dan gusi. Hal seperti yang diungkapkan oleh Debra Glassman, D.D.S. dan Jennifer Jablow, D.D.S., dokter gigi yang berasal dari Amerika.

cara menghilangkan bau mulut

9 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Efektif dan Bisa Dilakukan Di Rumah

1. Pilih Makanan Rendah Karbo

Makanan berlemak pada akhirnya akan memecah dan menciptakan keton, yaitu efek samping dari lemak yang terfermentasi di perut. Bau keton inilah yang membuat kita memiliki bau mulut yang tidak sedap. Bau keton akan naik melalui kerongkongan dan menempel pada lidah kita.

Tempelan keton dalam lidah tersebut yang menjadai penyebab bau mulut pada sebagian besar orang. Untuk itulah manusia perlu mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dan lemak seperti brokoli, wortel dan buah-buahan segar.

Sayuran merupakan jenis makanan yang memiliki banyak manfaat. Selain membuat lingkungan menjadi lebih hijau, sayuran juga berfungsi menangkal banyak penyakit. Sayuran juga berperan mengurangi asam dalam tubuh sehingga mengurangi bau mulut yang sangat mengganggu.

2. Menyikat Gigi Teratur

Bau mulut bisa diakibatkan oleh adanya plak yang menempel pada gigi. Kumpulan bakteri akan membentuk plaj yang lengket pada gigi. Cara menghilangkan bau mulut yang efektif bisa dilakukan dengan sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan menggunakan floss setidaknya sekali.

Tapi perlu Anda perhatikan bahwa Anda tidak perlu berlebihan dalam menyikat gigi. Menyikat gigi terlalu keras dapat membuat gusi berdarah dan terjadi infeksi.

3. Rajin Berkumur

Rajin berkumur setiap hari tidak hanya menyegarkan napas seseorang, berkumur juga akan memberikan perlindungan ekstra terhadap gigi dan gusi kita dengan menyingkirkan bakteri. Rasa mint yang biasanya ada pada obat kumur akan membuat napas menjadi lebih segar, namun Anda perlu memperhatikan apakah obat kumur tersebut juga memiliki kemampuan untuk membunuh kuman atau tidak.

Obat kumur yang mampu membunuh kuman akan mengurangi resiko terjadinya bau mulut dan beberapa penyakit gigi dan gusi. Jika tidak tersedia obat kumur, Anda bisa menggunakan air bersih setelah Anda makan. Itu akan membantu mengeluarkan partikel makanan yang terjebak dalam gigi.

4. Membersihkan Lidah

Cara menghilangkan bau mulut yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan membersihkan lidah menggunakan alat khusus pembersih lidah yang biasanya berbentuk sikat lembut. Lapisan yang menempel pada lidah biasanya berasal dari berbagai bakteri bau yang menempel di lidah.

Ada juga alat lain yang disebut dengan scraper, yang dibuat khusus untuk membersihkan bakteri di lidah dengan menerapkan tekanan di permukaan lidah. Pamela L. Quinones, mantan presiden American Dental Hygienists ‘Association menyarankan untuk penggunaan scraper lidah yang lebih efektif dibandingkan dengan sikat biasa.

5. Hindari Makanan yang Asam

Makanan yang meningkatkan kadar keasaman pada lidah adalah bawang merah dan bawang putih. Ada zat tertentu yang terkandung dalam kedua jenis bawang ini yang membuat napas seseorang.

Bau yang diakibatkan oleh bawang ini sulit untuk dihilangkan, meskipun menggunakan sikat lidah. Cara menghilangkan bau mulut yang diakibatkan oleh bawang adalah dengan tidak mengkonsumsinya sebelum pergi bekerja atau kumpul dengan teman-teman.

6. Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Selain dapat menyebabkan kanker, rokok juga akan merusak dan menodai gigi kita. Rokok berperan dalam membuat napas kita menjadi bau. Berhenti merokok akan membuat kondisi kesehatan kita menjadi lebih baik dan juga memiliki napas yang tidak bau.

7. Mengunyah Permen Karet

Bakteri sangat menyukai gula, karena mereka akan menggunakan gula untuk membuat asam. Asam tersebut akan memicu bau mulut dibawah gigi. Berbeda dengan permen karet yang justru membantu menghilangkan bau mulut.

Permen karet merangsang air liur yang menjadi mekanisme pertahanan alami mulut terhadap plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut.

8. Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi yang tidak sehat akan menyebabkan bau mulut. Banyaknya bakteri yang berkumpul di dasar gigi akan menciptakan bau mulut yang sangat membantu.

9. Menjaga Kelembaban Mulut

Kerusakan gigi dan bau mulut bisa disebabkan karena asupan air liur yang kurang dalam mulut kita. Kita bisa membantu melembabkan mulut dengan minum air yang banyak jika produksi air liru kita sedikit.

Peningkatan air liur juga dapat dilakukan dengan mengunyah permen karet atau jenis permen lainnya yang bebas gula. Cara menghilangkan bau mulut dengan menjaga kelembaban mulut sangat efektif dan tidak menimbulkan efek samping.