Cara Mengobati Ambeyen Secara Cepat dan Alami

Hari ini saya ingin mengulas bagaimana cara mengobati ambeyen yang aman bagi tubuh dan tidak mengakibatkan efek samping. Penyakit ambeyen merupakan penyakit yang biasa ditemui pada orang yang telah memasuki usia diatas 45 tahun. Ambeyen kadangkala disebut dengan penyakit wasir di masyarakat, sedangkan dalam dunia medis penyakit ambeyen dikenal dengan nama Hemorrhoid. Di Indonesia penderita penyakit ambeyen bisa dikatakan cukup tinggi, menurut data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan ada setidaknya 10 juta orang menderita penyakit ini atau kalau menggunakan prosentase maka hampir 5,7 persen dari penduduk di Indonesia.

cara mengobati ambeyen

Pengertian Penyakit Ambeyen

Sebelum membahas cara mengobati ambeyen, terlebih dahulu saya akan menjelaskan mengenai pengertian penyakit ambeyen. Penyakit ambeyen adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan pada pembuluh darah manusia. Pembengkakan ini terjadi pada daerah dubur yaitu karena ada peningkatan tekanan pada pembuluh vena didaerah panggul dan dubur. Darah biasanya digunakan untuk membantu pergerakan pada usus kontrol sehingga kadang menyebabkan pembuluh darah menjadi bengkak dan renggang. Duduk dalam waktu yang lama dan beberapa aktivitas lain juga kadang menyebabkan ambeyen, hal ini karena kelamanaan duduk dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah pada vena.

Ambeyen dibedakan menjadi 2, yaitu ambeyen internal dan eksternal. Ambeyen internal adalah kondisi dimana pembengkakan pembuluh darah vena menyebabkan benjolan didalam dubur, sedangkan ambeyen eksternal terjadi pada kondisi pembengkakan pada daerah luar dubur. Kedua Jenis ambeyen ini bisa terjadi pada seseorang pada waktu yang bersamaan.

Beberapa Penyebab Penyakit Ambeyen

Kadangkala orang tidak mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkan terjadinya penyakit ambeyen, namun beberapa hal dibawah ini diketahui dapat menjadi penyebab ambeyen:

  • Penyakit diare / sembieit memicu ambeyen karena saat diare terjadi otot tegang yang meningkatkan tekanan pada pembuluh vena disekitar panggul
  • Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan ambeyen
  • Buang air besar yang buru-buru, kebiasaan BAB yang buru-buru dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah pada wilayah panggul sehingga memicu ambeyen
  • Menderita penyakit jantung / penyakit hati. Kedua penyakit tersebut dikenal dapat mempengarungi jumlah darah yang didistribusikan keseluruh tubuh sehingga bisa memicu pembengkakan.
  • Kehamilan, wanita hamil sering dihadapkan dengan penyakit ambeyen. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan aliran darah ke pelvis, bahkan proses persalinan juga bisa memicu ambeyen karena tegangan yang begitu besar ketika dorongan untuk melahirkan bayi yang cukup tinggi

Gejala Penyakit Ambeyen

Meski terkadang sulit untuk mengatahui gejala ambeyen, namun berikut ini yang paling sering terjadi sebagai tanda-tanda bahwa seseorang mengalami ambeyen internal ataupun eksternal :

  • Terjadi Pendarahan saat buang air besar
  • Gatal-gatal
  • Nyeri pada daerah panggul
  • Ada bercak merah yang terdapat pada saat BAB, biasanya dapat dikenali pada bekas tisu toilet

Gejala penyakit ambeyen tersebut perlu anda kenali karena mengabaikan permasalahan kecil dapat menimbulkan masalah yang besar nantinya. Beberapa orang tidak merasakan sakit karena gejala-gejala diatas, namun sebagian orang mengaku sangat terganggu dengan hal itu.

Cara Mengobati Ambeyen yang Mengganggu

Akhirnya kita sampai pada pembahasan mengenai bagaimana cara mengobati ambeyen dengan baik dan benar. Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana agar ambeyen tidak semakin parah, misalnya membasahi tisu dengan air atau bahan pembersih untuk mengurangi sakit ketika akan membersihkan sisa BAB. Bahan pembersih yang bisa anda gunakan adalah Balneol atau anda juga bisa menggunakan tisu bayi yang teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan tisu toilet.

Jangan terburu-buru saat buang air besar karena hal tersebut dapat memicu tegangan pada saraf yang mengakibatkan ambeyen kumat lagi, bila anda terbiasa menggunakan sabun untuk membersihkan kotoran habis buang air besar, usahakan untuk menggunakan sabun yang tidak mengandung pewarna dan parfum. Lakukan pembersihan dengan halus dan secara perlahan.

Bila rasa sakit masih terjadi, anda bisa menggunakan beberapa obat nonprescription, contohnya Acetaminophen (Tylenol) yang terkenal dapat membantu anda untuk mengurangi rasa sakit. Aspirin, ibuprofen dan naproxen merupakan jenis obat penyakit ambeyen yang dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Ingat untuk selalu melakukan konsultasi kepada dokter anda bila anda memiliki masalah dengan beberapa obat penyakit ambeyen diatas.

Anda juga bisa mencoba cara mengobati ambeyen dengan menggunakan kompres es pada wilayah tertentu yang terasa sakit akibat ambeyen. Anda juga dapat menggunakan air hangat bila anda tidak suka dengan balok es. Kompres kira-kira 10 menitan jika menggunakan es dan 10 hingga 20 menit jika menggunakan air hangat.

Apabila anda suka mengkonsumsi buah manggis, maka itu cukup membantu anda untuk mengatasi ambeyen. Cara mengobati ambeyen menggunakan buah manggis sebenarnya cukup mudah. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin dan memanfaatkan kulit buah manggis untuk mengatasi ambeyen. Kulit manggis termasuk bahan anti-inflamasi yang berguna untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh ambeyen.

Cara Mencegah Ambeyen

Pepatah bilang mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu saya ingin memberikan beberapa tips untuk mencegah penyakit ambeyen. Penyakit ambeyen biasanya diderita oleh orang yang sering duduk / kelamaan duduk. Bila anda tipe orang yang suka menghabiskan waktu anda dengan duduk dengan jangka waktu yang lama, anda harus sering mengimbanginya dengan aktivitas lain seperti jalan-jalan.

Amda bisa saja menggunakan bantuan bantal untuk ditempatkan dibawah pinggul agar mengurangi berat badan saat berbaring, namun jangan lakukan ini pada ibu yang sedang hamil karena perutnya bisa terasa sakit. Cara mencegah ambeyen yang lainnya adalah menggunakan pakaian dari bahan katun. Bahan katun dikenal dapat mencegah penumpukkaan uap air dalam tubuh, sehingga bisa membuat rileks.