Cara Mengobati Kencing Manis

Hai semua, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai cara mengobati kencing manis yang tepat dan efisien. Dalam dunia medis, penyakit kencing manis dikenal dengan Diabetes Melitus (DM). Istilah kencing manis ini diperoleh karena air seni pada penderita penyakit ini banyak mengandung gula darah. Saya sudah pernah menjelaskan lebih detail pada artikel Pengertian Diabetes melitus. Bagi yang belum pernah membacanya, saya sarankan untuk membaca artikel tersebut karena banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan mengenai penyakit ini.

Pada artikel tersebut saya menjelaskan bahwa penyakit diabetes terjadi karena tubuh tidak bisa mengolah glukosa dengan baik. Glukosa tidak bisa diolah dengan sempurna karena berbagai hal, salah satunya karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin dengan baik. Hormon insulin merupakan cairan yang diproduksi di Pankreas, fungsi dari insulin ini adalah membantu mengoolah glukosa yang diperoleh dari gula dan karbohidrat menjadi energi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

 

cara mengobati kencing manis

Cara Mengobati Kencing Manis / Diabetes Melitus

Penyakit kencing manis termasuk penyakit kronis, yaitu penyakit yang baru bisa dikenali dalam jangka waktu yang lama. Biasanya tanda-tanda penyakit kronis ini dianggap penyakit ringan sehingga banyak orang yang menyepelekannya. Secara umum penyakit diabetes ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, faktor keturunan dan obesitas. Bagi anda yang ingin mengetahui beberapa kebiasaan yang sering mengakibatkan diabetes, anda dapat membaca artikel sebelumnya mengenai beberapa penyebab kencing manis yang tidak disadari. Pada artikel tersebut saya menjelaskan kenapa obesitas mendorong banyaknya pertumbuhan prosentasi penyakit ini pada anak kecil yang sebenarnya lebih rentan mengalai diabetes tipe 1 daripada tipe 2.

Sebelum membahas mengenai cara mengobati kencing manis, alangkah baiknya membahas sedikit mengenai gejala-gejala yang biasanya ditumbulkan. Gejala-gejala ini dapat membantu anda dalam memberikan pertolongan pertama atau setidaknya mengetahui langkah yang sebaiknya anda ambil ketika anda atau saudara anda mengalami hal ini. Tanda-tanda kencing manis yang paling umum adalah sering kesemutan dikaki dan tangan, mudah lapar, mudah capek dan apabila mengalami luka sembuhnya lama banget. Gejala kencing manis ini pernah saya bahas pada artikel tanda-tanda kencing manis, jika anda belum pernah membacanya saya sarankan untuk membaca artikel tersebut untuk memberi wawasan lebih luas mengenai penyakit diabetes melitus.

Dari beberapa gejala penyakit kencing manis tersebut, kita bisa mencoba untuk mengobati kencing manis dengan cara yang sederhana. Cara ini bisa anda terapkan untuk mencoba mengurangi resiko yang lebih tinggi. Anda juga bisa mengajarkan pola pencegahan ini bagi keluarga anda yang tidak mengalami diabetes. Ingat bahwa diabetes ini bisa diturunkan ke garis keturunan anda. Apabila anda mengalami diabetes, sebaiknya anda menerapkan pola hidup yang sehat bagi diri anda dan bagi keluarga anda, karena keturunan dari penderita diabetes memiliki resiko memiliki diabetes dibandingkan dari orang yang tidak memiliki garis keluarga yang mempunyai riwayat diabetes. Berikut ini cara mengobati kencing manis yang bisa anda coba:

A. Melakukan Suntik Insulin

Cara ini hanya diperbolehkan jika dokter menyarankan hal tersebut. Tanyakan pada dokter apakah anda perlu menjalani tahapan ini. Suntik insulin berfungsi untuk memberikan supplai insulin yang tidak bisa diproduksi secara baik oleh pankreas. Biasanya suntik insulin diperuntukkan untuk diabetes tipe 1 karena pada tipe ini pankreas tidak bisa memproduksi insulin sehingga sanagt berbahaya jika tubuh memiliki banyak glukosa namun tidak ada insulin.

B. Memilih Makanan yang tepat

Untuk tidak memperparah diabetes, anda perlu menghindari makanan yang dapat memicu naiknya gula darah seperti nasi putih, minuman bersoda, pemanis buatan, yogurt rendah lemak dll. Bagi yang bingung mau makan apa, tenang saja saya mencoba memberikan tips memilih makanan diabetes yang tepat bagi anda. Anda bisa menggantikan nasi putih dengan nasi merah yang berasal dari beras merah. Anda juga sebaiknya mengurangi mengonsumsi garam atau makanan kalengan.

C. Olahraga Teratur

Olahraga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Olahraga ringan dan teratur lebih baik daripada anda terlalu ngoyo untuk olahraga berat. Coba lakukan aeorabik atau beberapa peregangan disaat anda memiliki waktu luang.

D. Mengobati Kending Manis dengan Bahan Herbal

Saya lebih senang dengan cara mengobati kencing manis menggunakan bahan herbal. Penggunaan bahan herbal ini tidak seperti bahan kimia yang nantinya bisa menimbulkan banyak efek sampingnya. Bahan herbal yang bisa anda gunakan antara lain : Pare, brotowali, gingseng dan Buncis. Untuk cara penggunaannya dan khasiat dari masing-masing bahan herbal tersebut anda dapat membacanya pada artikel obat tradisional untuk diabetes melitus.

Mungkin sampai disini saja yang bisa saya sampaikan. Anda bisa mengobati kencing manis dengan beberapa cara, namun sebaiknya anda berkonsultasi kedokter keluarga anda. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak sesuai misalnya penggunaan suntik insulin yang wajib atas sepengetahuan dokter. Anda juga bisa menggunakan bahan herbal seperti sayuran dari pare, buncis atau brotowali. Sekian semoga artikel cara mengobati kencing manis ini bermanfaat bagi semua.