Cara Menguruskan Badan ini Terbukti Ampuh

Menguruskan badan tidak harus dengan cara-cara ektrim, kita hanya perlu sedikit instropeksi diri kita terhadap pola hidu yang dijalani tiap harinya. Diet berlebihan tentu saja bukan yang ingin saya sampaikan, karena menurut hemat saya setelah banyak membaca mengenai artikel diet, ternyata diet yang berlebihan dan terkesan buru-buru untuk mendapatkan hasil instant justru banyak mudharatnya. Diet seperti itu ternyata membuat tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi yang layak sehingga malah membuat sakit, nah kalau niatnya mau mencari solusi maka jangan sampai mencari masalah baru deh.

Cara menguruskan badan yang akan saya bagikan ini insya allah aman bagi tubuh dan alami karena saya tidak bermaksud untuk menyuruh anda menggunakan obat-obatan kimia. Saya lebih mengedepankan agar anda memperbaiki kualitas hidup anda dengan menjalani program yang efektif untuk melangsingkan badan, diantaranya mengubah pola makan, pola hidup dan pola istirahat. Saya sendiri lebih senang untuk mencoba melakukan program diet untuk kesehatan, kalaupun badan menjadi langsing itu berarti hadiah karena proses menuju pola hidup sehat yang berhasil.

1. Gunakan Menu Makanan Sehat

menu makanan sehat

Seperti biasa kalau membahas mengenai cara melangsingkan tubuh tentu saja langsung berkaitan dengan makanan. Makanan sehat sebenarnya tidak mahal dan bisa anda temukan disekeliling anda. Coba deh mencari di Internet mengenai menu makanan sehat, pasti anda akan dengan mudah menemukannya. Saya sendiri berusaha untuk mengetahui apa yang saya makan, jadi kurang menyukai junkfood ataupun gorengan yang dijual di pinggir jalan. Tahu kenapa?

Alasan pertama adalah karena tidak mengetahui bahan apa yang digunakan dalam memasak, gorengan misalnya. Setelah banyak nonton acara di TV mengenai adanya oknum yang menghalalkan segala cara demi memperoleh keuntungan saat berjualan gorengan, saya rasanya kok miris ya. Sayapun pernah berfikir siapa yang peduli dengan kesehatan saya kalau bukan saya sendiri yang menjaganya, orang lain yang tak kenalpun pasti akan cuek dan lebih memilih menjalankan caranya tersebut.

Mengerti bahan-bahan yang digunakan dalam makanan tentu saja bisa menjaga kualitas asupan gizi bagi tubuh, jadi dengan tidak mengkonsumsi junkfood maka kolesterol dalam tubuh juga bisa dikontrol.

 

2. Kurangi Porsi Menu Berbahan Daging

daging

Daging merupakan salah satu penyebab kolesterol dan memiliki kadar lemak yang cukup tinggi, jika anda tidak bisa menghilangkannya dalam daftar menu harian anda bisa mencoba menguranginya. Ibarat kata sedikit demi sedikit lama-lama hilang, hehehe..

Saya sendiri tidak memaksa anda untuk sama sekali menghilangkan menu berbahan daging pada jam makan. Ya setidaknya mulailah mengurangi irisan daging di piring dan meletakkan sayuran dimana seharusnya daging berada. Bagaimana jika anda sulit untuk menjalani hal ini, jadi vegetarian itu kan nggak mudah?

Semua memang membutuhkan awalan yang sulit untuk dijalani, ibarat motor kalau tidak digas pada saat pertama kali juga tidak jalan. Saya lebih menekankan pada motivasi anda melakukan hal ini, kalau memang mengidamkan tubuh yang langsing dan sehat pasti semua kan mudah dijalani.

 

3. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

buah buahan
Mungkin setelah mengurangi porsi daging pada saat mencoba diet anda akan merasa cepat lapar, lalu yang biasa dilakukan oleh sebagian besar orang adalah mencari camilan. Nah untuk tips selanjutnya yang bisa kamu coba adalah mengganti camilan tersebut dengan buah-buahan. Camilan atau sebangsanya yang banyak mengandung kolesterol tidak baik untuk kesehatan dan berat badan anda. Meskipun cuma makanan ringan namun kalau konsumsi banyak kan istilahnya dikit demi dikit lama-lama jadi banyak (ini baru bener). Mengkonsumsi Buah-buahan adalah cara menguruskan badan secara alami yang sebenarnya mudah untuk dibiasakan, kalau anda merasa kok buahnya itu-itu saja anda bisa cek di internet berbagai variasi hidangan buah yang bisa disajikan, misalnya bikin salad, jus buah dsb.

 

4. Mulailah Mengurangi Gula, bahkan Hindari!

gula pasir
Selain menjadi penyebab diabetes, gula juga bisa bikin obesitas lho makanya kalau seneng ngopi ataupun ngeteh maka setelah membaca artikel ini coba kurangi porsi gula anda. Saya menyarankan mengurangi terlebih dahulu daripada menghilangkan gula secara langsung, kenapa? Minum tanpa gula bagi yang belum terbiasa itu rasanya tidak nikmat sama sekali, hambar dan sebagainya. Jadi biasanya orang yang gagal meninggalkan gula karena kurangnya beradaptasi dengan tidak adanya gula, cara mengurangi menurut saya efektif karena perasa kita tidak kaget dan bisa menerima apa yang disodorkan untuk kita.

 

5. Atur Pola Istirahat Anda

tidur
Aktivitas yang berlebihan bisa memicu kelaparan lho, kalau nggak percaya coba bergadang, nanti pasti kamu akan menyiapkan kopi, camilan, bahkan bikin mie instan. Ada studi yang dilakukan University of California yang menyatakan bahwa kurang tidur mengakibatkan menaiknya hormon Ghrelin, hormon inilah yang membuat anda merasa lapar.

Pola tidur yang bagus juga meningkatkan kualitas tidur, kualitas tidur setiap orang dapat membantu agar tubuh menjadi segar dan fit saat menjalani aktivitas setelah bangun. Ketika tubuh menjadi fit maka proses diet akan menjadi lebih kuat karena tubuh tidak terbebani masalah apapun yang berkaitan dengan kurang tidur.

 

6. Olahraga Secara Teratur

olahraga teratur
Kalau sudah mengatur pola makan dan pola istirahat tentu saja anda tidak boleh lupa dengan pola olahraga, ya namanya mau kurus dengan cara alami ya harus olahraga. Olahraga itu wajib, meskipun tidak ada hukum ataupun dalil yang menyatakan hal tersebut, tapi ingat siapa lagi yang peduli dengan kesehatan kita kalau bukan kita sendiri yang menjaganya. Olahraga teratur adalah upaya terbesar yang bisa anda lakukan untuk melangsingkan tubuh anda, ibaratnya kalau sayur tidak lengkap tanpa garam, maka diet tidak lengkap kalau tidak olahraga secara teratur.

Kenapa saya bilang olahraga teratur? ya saya tidak berharap anda satu hari olahraga full kemudian besoknya membalas dengan makan sepuasnya. Intinya kalau belum terbiasa coba untuk melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu, misalnya lari mengitari komplek 30 menit aja, kalau ternyata masih kuat coba tambah dengan push up, squat atau lompat-lompat. Mungkin besok saya mau berbagi mengenai program “7 minutes workout”, yang katanya bagus untuk kesehatan tubuh dan berat badan anda.

Yah akhirnya saya kehabisan kata-kata sampai disini, jadi ya mungkin itu saja cara menguruskan badan yang alami, sederhana namun efektif, saya tidak menyebutkan cara ini berkhasiat membuat badan anda ideal selama 1 bulan, namun saya lebih mengedepankan pola hidup yang bisa anda jalani untuk mendapatkan badan ideal dan sehat.