Gejala Penyakit Ambeyen dan Pengobatannya

Setelah beberapa waktu lalu membahas mengenai penyebab penyakit ambeyen dan membahas tentang pengertian penyakit ambeyen, kali ini saya akan fokus membicarakan apa saja sih gejala penyakit ambeyen itu. Bagi teman-teman yang belum membaca artikel sebelumnya saya harapkan bisa membaca artikel tersebut untuk mengetahui pengertian dan beberapa hal yang menyebabkan ambeyen terjadi.

Gejala penyakit ambeyen sebenarnya sulit dikenali karena sifatnya yang tidak menyakitkan sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami ambeyen / wasir. Anda perlu memperhatikan beberapa hal terutama saat buang air besar. Gejala pertama yang bisa anda kenali adalah terjadinya pendarahan pada saat buang air besar. Pendarahan tersebut tidak akan pernah terjadi jika anda dalam kondisi normal, sehingga ini menjadi poin penting anda ketika mengetahui bahwa ada bercak darah yang menetes / menempel pada tisu toilet anda.

Ketika anda telah menemui bahwa ada bercak darah pada saat buang air besar, anda perlu segera pergi ke dokter untuk memastikan bahwa anda mengalami ambeyen atau tidak. Pendarahan pada saat buang air besar juga bisa terjadi kalau anda memiliki penyakit lain seperti radang usus, infeksi atau bahkan tumor. Alasan lain dari pendarahan tersebut dapat mendorong anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh jawaban yang pasti.

gejala penyakit ambeyen

Gejala Penyakit Ambeyen

Pendarahan saat buang air besar sejatinya bukan satu-satunya gejala ambeyen. Penyakit ambeyen bisa diamati dari beberapa hal yang sifatnya berupa kondisi anomali pada daerah dubur. Berikut ini beberapa gejala ambeyen yang bisa menjadi acuan anda dalam mendeteksi penyakit tersebut:

1. Gatal – Gatal Pada Area Dubur
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa anomali yang terjadi diwilayah tersebut dapat menibulkan rasa gatal. Kondisi ini menyebabkan penderita ambeyen merasa tidak nyaman dan risih. Untuk menangani rasa gatal pada saat ambeyen anda bisa menggunakan air bersih untuk membilas atau menggunakan zat pembersih yang aman bagi tubuh. Usahakan jangan menggaruk-garuk apalagi dengan tangan kotor karena itu bisa mengkontaminasi dan membuat ambeyen menjadi semakin parah.

2. Nyeri
Bgaian panggul dan pantat akan terasa nyeri saat menderita penyakit ambeyen. Nyeri tersebut kadang disertai dengan rasa sakit pada pantat ketika akan buang air besar. Segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter bila anda mulai merasakan nyeri dan sakit pada area panggul dan pantat.

3. Terjadi Pembengkakan
Salah satu gejala penyakit ambeyen yang sering terjadi adalah terjadinya pembengkakan. Pembengkakan tersebut sebenarnya tidak menimbulkan sakit yang berlebihan karena tidak ada serat nyeri yang melekat pada pembuluh darah diatas pectinate. Rasa sakit baru terjadi ketika ada gesekan dengan benda keras yang menyebabkan tergoresnya tonjolan tadi. Pembengkakan biasanya terjadi pada penyakit ambeyen internal

Baca Juga : Penyebab Penyakit Ambeyen

4. Keluar Lendir / Mukosa Saat Buang Air Besar
Apabila anda menemukan bahwa ada cairan mukosa yang keluar saat anda buang air besar, anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Ambeyen terkadang bocor dan mengeluarkan lendir saat buang air besar. Lendir inilah salah satu gejala penyakit ambeyen yang kadang memicu rasa gatal-gatal pada anus.

Cara Menangani Ambeyen

Setelah mempelajari mengenai gejala penyakit ambeyen, anda bisa melangkah ada tahap selanjutnya yaitu membahas mengenai bagaimana cara menangani / mengobati ambeyen. Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara mengobati ambeyen dengan tepat, untuk lebih lengkapnya silahkan merujuk pada artikel tersebut.

Pada artikel ini saya ingin menambahkan apa yang belum saya sebutkan pada artikel lama yang membahas mengenai bagaimana cara mengatasi ambeyen. Ada beberapa kebiasaan yang bisa anda rubah untuk mencapai hal tersebut, salahsatunya dengan mengatur pola makan. Seringlah makan buah pepaya untuk memberi kenancaran saat BAB. Perlu anda ingat bahwa mengejan saat BAB dapat menimbulkan penyakit ambeyen. Anda juga harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi air mineral dibandingkan dengan teh, kopi dan soda.

Bila anda ingin menobati ambeyen menggunakan obat, anda bisa menggunakan Suppositoria yang bisa anda temukan diapotek tanpa menggunakan resep dokter. Obat ini merupakan salah satu obat yang aman digunakan tapi dengan sedikit catatan apabila anda merasa ada infeksi atau tidak cocok dengan obat ini, hentikan pemakaian obat dan tidak dianjurkan mengkonsumsi obat dengan berbeda merk dalam satu waktu. Apabila anda memiliki alergi terhadap obat tertentu, selau tanyakan kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.