Jenis Makanan Penurun Kolesterol Paling Efektif

Kolesterol dibedakan menjadi kolesterol baik dan kolesterol jahat atau dalam dunia medis disebut dengan LDL (Low-Density Lipoprotein) untuk kolesterol jahat dan HDL (High-Density Lipoprotein) untuk kolesterol baik. Pada kesempatan kali saya ingin mengulas lebih jauh mengenai makanan penurun kolesterol yang termasuk sebagai sumber HDL / kolesterol baik. Apabila kita mencukupi kandungan HDL maka akan membantu Anda dalam menurunkan kolesterol tinggi yang sangat berbahaya.

Bahaya yang sering mengikuti seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah resiko penyakit jantung. Saat ini penyakit jantung merupakan salah satu penyebab angka kematian yang cukup tinggi di Indonesia. Untuk melindungi diri Anda dari resiko penyakit jantung, Anda bisa menggunakan langkah aman yaitu memperbaiki nutrisi asupan harian yang terkait dengan lemak dan lemak jenuh yang memicu kolesterol tinggi.

makanan penurun kolesterol

Memilih makanan dengan kadar kolesterol rendah

Makanan Penurun Kolesterol Paling Efektif Di Dunia

Ada beberapa jenis makanan yang memicu kolesterol tinggi, namun ada juga jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Kita membutuhkan jenis makanan yang menurunkan kolesterol untuk menjaga keseimbangan karena pada dasarnya tubuh kita bisa menghasilkan hampir 80% dari kebutuhan kolesterol harian, jadi jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi justru membuat tubuh Anda kelebihan kolesterol yang pada akhirnya menggangu proses aliran darah dan menyebabkan serangan jantung. Berikut ini jenis makanan yang direkomendasikan untuk menurunkan kolesterol :

1. Lemak Ikan: Salmon dan Makarel

Jenis makanan penurun kolesterol yang paling direkomendasikan oleh para ahli adalah makanan yang mengandung lemak ikan. Lemak ikan bisa diperoleh dari ikan salmon segar atau makarel. Kedua jenis makanan tersebut mengandung kadar lemak tak jenuh ganda atau yang sering juga disebut dengan asam lemak omega 3. Omega 3 merupakan zat yang sangat efektif untuk menurunkan lemak dalam darah yang disebut dengan trigliserida. Omega 3 juga mengandung HDL yang cukup tinggi sehingga jika anda mengkonsumsi setidaknya 2 kali dalam seminggu bisa mengurangi resiko kolesterol tinggi dan resiko penyakit jantung.

2. Makanan Dengan Lemak Sehat: Minyak Zaitun, Minyak Canola dan Alpukat

Lawanlah lemak jahat Anda dengan menggunakan lemak sehat yang bisa Anda peroleh dari beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat. Makanan tersebut diantaranya minyak zaitun, minyak canola dan alpukat. Berbicara mengenai minyak zaitun dan canola maka saya teringat dari beberapa jenis makanan yang serupa namun memiliki kadar kolesterol yang tinggi, diantaranya mentega dan shortening. Ide bagus menurun saya untuk menggantikan mentega dan shortening dengan minyak zaitun dan canola karena keduanya merupakan minyak nabati cair yang mengandung lemak tak jauh tunggal yang bisa membantu Anda menurunkan kolesterol. Sedangkan alpukat adalah buah penurun kolesterol yang cukup efektif karena mengandung kandungan lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi.

3. Makanan Kategori Serat Larut: Jeruk dan Kedelai

Serat larut adalah makanan penurun kolesterol yang baik, hal ini karena serat larut secara aktif memblokir lemak jenuh / kolesterol agar tidak diserap dalam aliran darah manusia. Beberapa jenis makanan serat larut yang direkomendasikan untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah jeruk dan kedelai. Jeruk merupakan sumber serat larut yang memiliki kadar paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah lainnya, sedangkan kedelai dikenal memiliki sumber serat larut paling tinggi dibandingkan jenis kacang lainnya.

4. Kacang : Kacang Walnut dan Kacang Pistachio

Kacang walnut atau sering juga disebut dengan kenari merupakan kacang yang berasal dari Iran atau Inggris, sedangkan kacang pistachio banyak ditemukan di Timur Tengah dan Asia Tengah. Kedua jenis kacang ini memiliki asam lemak omega 3 paling tinggi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Penelitian yang dipublikasikan di “Journal of Nutrition” menyatakan bahwa kedua kacang ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang efektif untuk menurunkan LDL pada orang dewasa yang memiliki kolesterol tinggi.

Baca juga : Menurunkan kolesterol dalam 30 hari.

Untuk bisa memaksimalkan manfaat beberapa jenis makanan penurun kolesterol diatas, ada baiknya Anda mengkonsumsinya secara rutin. Saya rasa makanan diatas bukanlah hal yang susah untuk diterapkan karena sifatnya yang bisa dijadikan camilan atau minuman dengan berbagai variasi. Mungkin bagi Anda yang tidak suka dengan jenis ikan, bisa melewati terlebih dahulu atau Anda ingin mencoba membiasakan diri Anda ? semua tergantung pada kemauan dalam diri Anda dalam mengurangi resiko kolesterol tinggi.