Makalah|Teknik Dasar Sepak Bola Bila Ingin Jago Main Bola

Kali ini saya ingin berbagi materi mengenai teknik dasar sepak bola yang perlu dikuasai oleh para pemain. Kalau sebelumnya saya telah membahas mengenai sejarah sepak bola, kali ini saya ingin membahas hal teknis dalam permainan ini. Sepak bola merupakan olahraga dengan 2 tim yang saling berhadapan, sebagai sebuah tim tentu saja pemain tidak hanya mengedepankan permainan individu saja melainkan pemain harus bermain secara kolektif untuk mengalahkan tim lawan. Permainan kolektif inilah yang sejatinya menuntut para pemain agar menguasai beberapa teknik dasar permainan sepak bola. Saya akan membaginya menjadi 2 teknik yaitu:

Teknik Dasar Sepak Bola Tanpa Bola

Latihan teknik dasar yang dilakukan tanpa bola. Jenis latihan ini digunakan untuk belajar mengendalikan kecepatan dan kegesitan pemain, latihan jenis ini diantaranya :

  • Lari cepat kemudian diikuti dengan merubah arah
  • Lari zig-zag dengan menghindari tabrakan dengan tiang
  • Gerakan melompat-lompat
  • Latihan gerakan tipu tanpa bola, yaitu dengan melatih kegesitan badan
  • Latihan khusus untuk kiper / penjaga gawang

Teknik Dasar Dengan Bola

Latihan teknik dasar sepak bola yang langsung menggunakan bola. Contoh dari latihan ini adalah:

  • Melempar bola (throwing)
  • Menggiring bola (dribbling)
  • Mengumpan bola (passing)
  • Mengontrol/menerima bola (controlling)
  • Menendang bola (shooting)
  • Menyundul bola (heading)
  • Gerak merebut bola (intercept)
  • Gerak menyapu bola (sliding)
  • Gerak menangkap bola (untuk kiper/penjaga gawang)

Saya akan membahas beberapa teknik permainan sepak bola diatas namun tidak semua, karena sebagian sudah dimengerti dari nama gerakan/tekniknya seperti lari cepar kemudian merubah arah, atau gerakan melompat-lompat.

1. Melempar Bola (Throwing)

source : Wikimedia.org

source : Wikimedia.org

Kita tidak boleh menganggap enteng latihan throwing, meskipun hanya melempar bola kedalam lapangan (throw in) mempunyai aturan yang berlaku, yaitu :

  • Pemain harus melakukan lemparan bola menggunakan kedua tangan
  • Posisi bola sebelum dilempar harus dibelakang kepala dan harus melewati atas kepala
  • Arah lemparan harus menghadap ke lapangan
  • Kaki tidak boleh diangkat ketika melakukan lemparan
  • Tidak boleh membuang waktu cukup lama (sesuai keputusan wasit)

Apabila peraturan melempar bola tersebut dilanggar maka kesempatan untuk melakukan lemparan kedalam akan gugur dan digantikan oleh tim lawan, tentu saja ini sangat merugikan. Lalu bagaimana kalau pemain melakukan salto saat melakukan lemparan ke dalam? itu boleh saja asalkan ketika pas bola dilempar, kakinya mulai rapat dan menginjak tanah.

2. Menggiring Bola (Dribbling)

dribbling

source : wikipedia.org

Teknik dasar menggiring bola dapat diistilahkan dengan lari membawa bola dan tetap menjaga bola tetap dikakinya. Teknik ini memerlukan banyak latihan dan ujicoba. Menggiring bola merupakan pengembangan dari latihan lari zig zag tanpa bola dan gerakan tipu menghindari lawan. Gerakan ini biasanya dilakukan untuk mencari celah pertahanan lawan, mencari kesempatan untuk mengumpan / mengoper dan menjaga ball possession.

3. Mengumpan Bola (Passing)

teknik dasar sepak bola : mengumpan

source: flickr.com

Teknik dasar passing adalah mengumpan/mengoper bola ke anggota tim lain, anda perlu menguasai 2 jenis passing, yaitu short pass dan long pass, teknik yang digunakan saat short pass adalah menggunakan kaki bagian dalam dan power sedang, sedangkan long pass menggunakan kaki bagian luar dan kekuatan tendangan lebih besar dari short pass. Mengumpan bola erat kaitannya dengan latihan menendang dan menerima bola, ketika anda jadi pengumpan, anda harus sudah menguasai teknik shooting, jika anda penerima umpan maka anda harus menguasai teknik controlling. Passing dilakukan untuk menghindari lawan yang ingin merebut dan membuka peluang dengan umpan terobosan.

4. Mengontrol / menerima bola (Controlling)

teknik dasar mengontrol bola
Teknik menerima sebenarnya tidak terlalu rumit, namun kadang kalau disepelekan bisa menjadi fatal. Anda bisa menggunakan bagian tubuh seperti kaki, dada dan kepala. Konsepnya adalah menghentikan bola yang diberikan teman kita, kalau bola rendah gunakan kaki, kalau sedang gunakan dada sedangkan untuk kepala sebenarnya kurang dianjurkan karena lebih baik langsung di umpankan lagi dengan teknik heading daripada di control sendiri. Peraturan yang berlaku adalah anda tidak boleh mengontrol bola menggunakan tangan karena itu mengakibatkan hands ball bahkan kartu kuning.

5. Menendang Bola (Shooting)

teknik dasar melalukan tendangan

source:wikipedia.org

Menendang bola merupakan teknik dasar sepak bola yang wajib dikuasai setiap pemain. Dengan berlatih teknik menendang pemain bisa menciptakan gol demi gol atau assist yang bagus. Menendang bola erat kaitannya dengan passing, karena passing merupakan tendangan yang lebih ke arah mengoper ke teman, sedangkan shooting lebih mengarah tendangan ke lawan, powernya pun lebih tinggi daripada passing. Berikut ini tips melakukan shooting yang bisa anda terapkan dalam latihan anda:

  • Posisikan kaki tumpu disamping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran
  • Posisi badan diusahakan sedikit condong ke depan
  • Kaki satunya ditarik kebelakang dan diayunkan tepat mengenai tengah-tengah bola
  • Usahakan kaki yang menendang bola itu merupakan punggung kaki
  • Kaki yang menendang diangkat kearah sasaran

6. Menyundul Bola (Heading)

teknik dasar menyundul bola

source:tempo.co

Gerakan teknik menyundul bola biasanya dilakukan untuk mencetk gol atau membuang bola (bagi pemain belakang). Teknik dasar ini dapat dilatih dengan melemparkan bola kemudian diterima dengan kepala tepat di jidat. Anda juga bisa menggunakan kepala bagian atas, teknik ini biasanya digunakan untuk melakukan operan ke teman lain yang akan mencetak gol ( biasa terjadi kalau ada tendangan penjuru). Usahakan jangan menggunakan bagian muka saat menerima sundulan, hal ini bisa membuat rasa sakit dan cedera pada bagian mata atau hidung.

7. Gerakan Merebut Bola (Intercept)

teknik dasar merebut bola

source:fr.wikipedia.org

Teknik dasar ini perlu dilakukan bersama teman, karena intinya adalah merebut bola dari kaki lawan. Ada perlu belajar membaca gerakan lawan dan usahakan membaca gerakan bola daripada menghadap secara fisik lawan main. Ketika anda mempelajari gerak tipu tanpa bola anda juga bisa menerapkan gerak tipu untuk merebut bola dari lawan. Hal yang paling mudah dalam intercept adalah menghadang laju bola yang diumpan secara long pass.

8. Gerakan Menyapu Bola (Sliding Tackle)

teknik dasar merebut bola

source: wikimedia.org

Sliding tackle merupakan gerakan merebut bola yang sebenarnya cukup riskan untuk dilakukan dan memperoleh kartu. Teknik yang perlu dipelajari adalah meluncur dengan menjatuhkan badan ke rumput. Anda juga perlu memperhatikan timing untuk melalukan sliding tackle karena salah sedikit perkiraan waktu bisa membuahkan kartu dari wasit. Hal yang tidak diperbolehkan dalam Sliding tackle adalah melakukan dari belakang lawan, tackle dengan teknik menggunting dan mengangkat kaki keatas ketika melakukan tackle.

9.Gerakan Menangkap Bola (untuk penjaga gawang)

teknik dasar penjaga gawang

source:wikipedia.org

Teknik dasar menangkap bola hanya berlaku untuk penjaga gawang, tentu saja karena dalam permainan sepak bola, pemain tidak boleh menyentuh bola kecuali kiper. Latihan yang biasa dilakukan adalah menangkap bola dari kanan atau kiri atau bisa juga dengan tembakan pinalti.

Itu tadi beberapa teknik dasar sepak bola yang sebaiknya anda pelajari dan kuasai agar menjadi pemain yang hebat, mungkin ada beberapa teknik dasar lain yang belum sempat saya tulis, misalnya juggling. Teknik juggling juga penting untuk para pemain sepak bola, bagaimanapun ketika anda sudah masir dengan juggling berarti anda sudah menganggap bola itu teman sejati anda. Setelah ini anda bisa mempelajari peraturan-peraturan yang berlaku dalam dunia sepak bola untuk menambah wawasan anda mengenai sepak bola. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, cintai sepak bola, jaga kesehatan dan sukses selalu