Manfaat Teh Basi Untuk Perawatan Rambut

Siapa yang menyangka bahwa manfaat teh basi sangat besar untuk kesehatan rambut. Mungkin banyak orang yang masih ragu dengan hal ini termasuk saya sebelumnya. Dulu saya ragu mengenai hal ini, lha wong teh sudah basi kok dipakai buat perawatan rambut, inikan malah membuat rambutnya rusak dan bau pikir saya saat itu. Ternyata pikiran saya waktu itu tidak ada benarnya sama sekali. Menurut Ahli rambut dari Korea teh basi mengandung banyak khasiat, terlebih teh hijau yang mengandung senyawa EGGG yang merangsang pertumbuhan rambut.

manfaat teh untuk rambut

Manfaat Teh Basi Untuk Rambut

Manfaat teh basi untuk rambut ini diperoleh bukan dengan cara meminumnya, justru itu malah membuat penyakit karena adanya proses oksidasi pada teh tersebut. Penggunaannya adalah dengan cara merendam teh tersebut dengan air hangat kemudian didiamkan selama 1 hari ditempat yang terbuka. Hal ini dilakukan supaya air teh yang didiamkan tersebut mengembun baru setelah dirasa cukup gunakan air teh tersebut sebelum / sesudah mandi atau keramas dengan cara menyiramkannya dengan pelan-pelan dan merata di seluruh bagian rambut. Setelah rata disemua bagian rambut gunakan handuk / penutup rambut agar rambut tetap lembab hingga selang setengah jam, tujuannya adalah air teh tersebut bisa benar-benar terserap oleh semua bagian rambut dan tidak terbuang dengan percuma. Setelah setangah jam bilas rambut dengan air bersih.

Menurut penelitian dari Universitas Maryland Medical Center, teh hijau memiliki senyawa yang dapat membantu menyuburkan rambut dan menyehatkan rambut. Senyawa ini disebut dengan EGGG yang selain memiliki khasiat yang bagus untuk rambut ternyata juga berfungsi untuk menjaga kulit tetap cerah dan sehat.

Manfaat Teh Basi untuk Rambut Rontok

Untuk memperoleh hasil yang bagus, saya menyarankan anda untuk menggunakan air teh basi yang berasal dari teh hijau. Air teh hijau memiliki khasiat untuk mengurangi produksi DHT (Dihidrotestosteron) yang merupakan penyebab utama terjadinya rambut rontok pada seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Korea menyatakan bahwa senyawa EGGG pada teh hijau meningkatkan aktivitas Dermal Papillae yang merupakan bagian rambut paling penting agar tidak mudah rontok. Senyawa ini juga aktif merangsang pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan rambut, tingkat metabolisme yang tinggi akan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan sehat. Teh hijau juga mengandung bahan antiseptik yang berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati beserta kotoran kepala yang dapat menghalangi folikel rambut. Folikel rambut yang terhalangi membuat adanya penyumbatan yang mengakibatkan rambut sulit untuk tumbuh kembali. Jika hal ini tidak diatasi secepatnya maka tidak hanya masalah rambut rontok yang bisa anda alami, namun juga kebotakan.

Manfaat Teh Basi untuk Rambut Uban

Rambut uban memang sangat menggangu penampilan kebanyakan orang Indonesia, bahkan sebagian orang rela untuk mengecat rambut putihnya menggunakan cat rambut yang mengandung zat kimia berbahaya yang sebenarnya tidak dianjurkan oleh dokter. Rambut uban biasanya terjadi karena kurangnya nutrisi rambut sehingga warna pigmen(warna hitam untuk orang Indonesia) menjadi hilang.

Air teh basi yang berasal dari teh hijau bisa mengatasi hal tersebut, setidaknya bagi yang ubannya belum merata, cara ini bisa membantu anda mengatasi permasalahan tersebut. Teh hijau mempunyai senyawa yang memiliki khasiat untuk menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala dan mengontrol produksi minyak. Kadar pH dan minyak yang seimbang mengurangi kemungkinan terjadinya uban di rambut anda. Kandungan penting lain yang dimiliki oleh air teh basi dari teh hijau adalah Polifenol, vitamin C dan vitamin E. Ketiga kandungan terebut membantu anda memperoleh rambut yang sehat dan mengkilap, hal ini tentu saja mengembalikan rambut anda yang sebelumnya rusak / beruban dan mengurangi bertambahnya uban di kepala anda karena paparan sinar matahari yang mengandung radiasi Ultra Violet (UV).

Dari beberapa manfaat diatas sebenarnya air teh basi juga memiliki khasiat untuk kesehatan kulit dan membantu anda mengurangi jerawat dimuka, hal ini karena kandungan senyawa seperti EGGG, Polifenol, Vitamin C dan Vitamin E yang terdapat pada teh basi tersebut. Jadi, jangan terburu-buru untuk membuang teh yang telah digunakan, ada khasiat lain yang bisa anda manfaatkan untuk kesehatan rambut dan tubuh lainnya.