Manfaat Teh Hijau Cap Kepala Jenggot

Beberapa waktu lalu beberapa teman saya menginginkan saya untuk membahas manfaat teh hijau cap kepala jenggot di blog ini. Kebetulan saya juga senang minum teh dan memiliki beberapa referensi yang bisa saya gunakan untuk sharing mengenai manfaat teh hijau bagi kesehatan. Lalu kenapa saya bahas teh cap kepala jenggot? alasan sederhananya karena teh ini mudah ditemukan di beberapa supermarket dan harganya cukup terjangkau. Beberapa waktu lalu saya beli teh dengan isi 25 kantong harganya sekitar Rp 9.000 jadi saya rasa tidak terlalu mahal.

Teh hijau merupakan salah satu minuman sehat yang kaya akan kandungan nutisi dan antioksidan yang berguna bagi tubuh, perkembangan otak dan dapat mengurangi resiko kanker. Nutrisi dan kandungan yang dimiliki dari teh hijau ini dapat anda dapatkan dengan mengkonsumsi 2 – 3 cangkir teh saja setiap hari atau sekitar 300 mg. Usahakan untuk membatasi konsumsi teh hijau cap kepala jenggot maksimal 300 mg per hari. Hal ini tentu saja ada alasannya, yaitu menghindari efek samping dari teh hijau.

Meskipun teh hijau memiliki sejumlah efek samping namun minuman ini termasuk aman untuk dikonsumsi apalagi bagi orang yang tidak memiliki alergi atau permasalahan kesehatan yang diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan. Beberapa studi yang dilakukan oleh tim medis di Amerika Serikat menyatakan bahwa senyawa bioaktif dan nutrisi lainnya bisa memacu otak anda menjadi lebih pintar.

manfaat teh hijau cap kepala jenggot

Apa Saja Manfaat Teh Hijau Cap Kepala Jenggot?

Kandungan nutrisi dan senyawa yang dimiliki oleh teh hijau terbukti ampuh untuk mengurangi beberapa resiko penyakit seperti penyakit jantung, parkinson, kanker dan beberapa penyakit lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat teh hijau yang bisa anda dapatkan dengan uang sekitar 9 ribu rupiah:

1. Senyawa Bioaktif yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang bisa mengurangi pembentukan radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan daun teh hijau yang mengandung banyak senyawa bioaktif yang sarat dengan kandungan polifenol seperti catechin dan flavonoid. Keduanya merupakan sumber yang bagus untuk antioksidan.

Teh hijau juga memiliki kandungan senyawa antioksidan bernama Epigallocatechin Gallate / EGEG yang melindungi sel-sel dan molekul tubuh dari berbagai ancaman atau kerusakan. Beberapa produk teh dikenal memiliki kandungan utama ini begitu juga dengan teh hijau cap kepala jenggot.

2. Senyawa dari Teh Hijau Bisa Meningkatkan Kemampuan Fungsi Otak
Teh hijau tidak hanya sebagai minuman kesehatan belaka, kandungan teh hijau dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak sehingga anda menjadi lebih pintar. Kafein merupakan bahan aktif dibalik manfaat teh hijau cap kepala jenggot. Kandungan kafein yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan kopi ternyata cukup aman bagi kesehatan tubuh dan otak anda. Kafein yang sesuai kadarnya dapat meningkatkan kinerja neurotransmitter seperti dopamin dan noreponefrin, selain itu kemampuan memori dan reflek otak menjadi lebih baik.

Selain Kafein, teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine. Asam amino ini berfungsi mengurangi efek anti kecemasan yang kadang disebabkan oleh kafein. L-theanime merupakan asam amino yang aktif dan dapat melintasi penghalang darah-otak yang kadang bisa terjadi karena beberapa hal. Oleh sebab itu beberapa orang mengakui bahwa mereka bisa menjadi lebih produktif setelah minum teh hijau.

3. Membakar Lemak Menjadi Lebih Mudah dengan Teh Hijau
Jika anda merasa memiliki lemak berlebih, mungkin teh hijau menjadi salah satu minuman yang bisa anda konsumsi sehari-hari untuk membantu anda membakar lemak. Sebuah studi telah dilakukan dengan melakukan penelitian pada 10 orang pria sehat. Dari studi tersebut didapatkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan oksidasi lemak sebesar 17 % dan memabntu meningkatkan energi sebesar 4%.

Apabila anda memiliki masalah dengan lemak anda, tidak ada salahnya untuk mengunakan manfaat teh hijau cap kepala jenggot ini untuk mengatasi permasalahan lemak yang kadang menganggu penampilan dan aktivitas anda. Kandungan kafein yang terkandung dalam teh hijau juga terbukti meningkatkan kinerja fisik sebesar 11 hingga 12 % dari biasanya. Sehingga dapat dipastikan bahwa mengkonsumsi teh hijau 2-3 kali per hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu pembakaran lemak.

4. Mengurangi Resiko Berbagai Jenis Kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan angka kematian tinggi di Indonesia. Perlu anda ketahui bahwa kanker terjadi karena pertumbuhan sel dalam tubuh yang tidak terkendali. Hal ini biasanya dikarenakan oleh adanya kerusakan oksidatif dan kekurangan zat antioksidan.

Teh hijau diketahui sebagai sumber antioksidan yang bagus seperti halnya buah apel. Dalam beberapa studi yang telah dilakukan menyatakan bahwa orang yang rutin minum teh hijau memiliki resiko yang lebih kecil terhadap berbagai jenis kanker. Produk teh hijau seperti cap kepala jenggot menjadi pilihan konsumsi sehari-hari karena praktis. Manfaat teh hijau cap kepala jenggot terhadap resiko kanker bisa diketahui dari data berikut:

a. Kanker Payudara
Salah satu jenis kanker yang banyak terjadi pada wanita, analisis studi observasional menyatakan bahwa wanita yang suka minum teh hijau memiliki resiko 22% lebih rendah bila dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

b. Kanker Prostat
Kanker yang paling sering terjadi pada pria ini merupakan ancaman yang serius bagi setiap pria. Apabila anda ingin mengurangi resiko tersebut, rutinlah minum teh hijau karena studi yang dilakukan menyatakan bahwa pria yang minum teh hijau memiliki resiko 48% lebih rendah dibandingkan pria yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

c. Kanker Kolorektal
Studi ini dinyatakan dari analisis terhadap 69710 wannita di China. Dari studi tersebut dinyatakan bahwa peminum teh hijau memiliki resiko 57% lebih rendah mengalami kanker kolorektal dibandingkan orang yang tidak minum teh hijau.

Saran Penyajian:
Bagi anda yang beranggapan bahwa menambahkan susu pada teh hijau dapat menambahkan manfaat, mungkin anda perlu berfikir ulang untuk hal itu. Perlu anda ketahui bahwa mencampurkan susu pada teh hijau anda ternyata dapat mengurangi kadar antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau tersebut.

5. Teh Hijau Bermanfaat untuk Menurunkan Resiko Alzheimer dan Parkinson
Teh hijau juga berperan cukup besar untuk mengurangi resiko penyakit Alzheimer pada saat usia anda memasuki usia senja. Alzheimer merupakan jenis penyakit neurogeneratif yang paling sering terjadi pada manusia di usia lanjut. Penykit ini juga merupakan penyebab utama penyakit demensia.

Selain Alzheimer, penyakit otak yang tidak kalah berbahayanya adalah penyakit parkinson. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia sekitar 50 tahun. Penyakit parkinson dapat mengakibatkan produksi dopamin menurun sehingga kemampuan untuk menggerakkan tubuh menjadi berkurang. Gejala pernyakit ini adalah sering gemetar pada bagian tangan dan kaki pada saat tubuh tidak beraktivitas.

Lalu zat apa yang terkandung pada teh hijau sehingga mengurangi resiko penyakit alzheimer dan parkinson ? Manfaat teh hijau cap kepala jenggot untuk kedua penyakit tersebut terletak pada kandungan catechin-nya. Senyawa ini membangun sistem pertahanan pada neuron dalam sistem tubuh terutama pada bagian otak.

6. Teh Hijau Dapat Membunuh Bakteri Sehingga Menurunkan Resiko Infeksi.
Dilingkungan sehari-hari kita akan selalu dihadapkan dengan banyaknya bakteri yang bisa menyerang tubuh darimana saja. Contoh yang paling sering ada adalah bakteri Streptococcus Mutans. Bakteri ini merupakan salah satu jenis bakteri berbahaya yang biasanya berada dimulut. Bakteri Streptococcus Mutans biasanya menyebabkan bau mulut dan kerusakan gigi seperti gigi berlubang, apabila anda merupakan salah satu korban dari bakteri tersebut, sekarang anda sudah tahu bagaimana menanganinya. Nah untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan manfaat teh hijau cap kepala jenggot untuk mengurangi resiko kerusakan gigi dan bau mulut.

Selain bakteri Streptococcus, teh hijau juga memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat menghadapi segala serangan virus seperti virus influenza dan sebangsanya.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes Tipe 2
Manfaat teh hijau cap kepala jenggot yang biasanya dicari oleh masyarakat adalah kemampuannya yang dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang sering dijumpai dimasyarakat dan sekitar 300 juta masyarakat di seluruh dunia mengalami diabetes tipe ini.

Diabetes tipe 2 terjadi karena tubuh tidak bisa menghasilkan insulin yang berfungsi untuk menyerap glukosa dalam darah. Glukosa adalah sumber energi yang penting bagi tubuh dan apabila tubuh gagal menyerapnya maka akan terjadi penumpukan yang menyumbat aliran darah. Pada beberapa waktu lalu saya telah membahas mengenai penyakit diabetes tipe 2 ini, saya sarankan untuk mengunjungi tautan tersebut agar wawasan mengenai penyakit diabetes lebih lengkap.

Kembali ketopik utama yaitu manfaat teh hijau untuk mencegah diabetes tipe 2. Berhubung penyebab diabetes bermacam-macam, maka lebih baik anda melakukan langkah pencegahan terlebih bagi yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit diabetes. Studi yang dilakukan pada masyarakat jepang menunjukkan bahwa orang yang meminum teh hijau memiliki resiko mengalami diabetes tipe 2 cenderung lebih rendah 42% dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

8. Membantu Anda Mengurangi Resiko Menderita Penyakit Kardio
Penyakit kardio atau kardiovaskular merupakan penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Beberapa jenis penyakit yang tergolong dalam penyakit kardio adalah penyakit jantung dan stroke. Hal ini tentu saja menjadi perhatian cukup besar karena kedua penyakit ini memang merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Manfaat teh hijau cap kepala jenggot untuk mengurangi resiko penyakit kardio ada pada kandungan antioksidan yang cukup besar dari teh ini. Teh hijau membantu meningkatkan antioksidan dalam darah sehingga dapat melindungi partikel kolesterol LDL dari oksidasi. Perlu anda ketahui bahwa oksidasi kolesterol LDL merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

9. Manfaat Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan
Obesitas merupakan masalah terbesar bagi setiap orang akhir-akhir ini. Perut buncit tidak hanya menganggu penampilan tetapi juga kesehatan tubuh anda. Apabila anda merasa menjadi bagian dari kelompok perut buncit :p,
anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan anda. Hal ini didasarkan dari studi yang saya baca yang menyatakan bahwa peminum teh hijau dapat memiliki penurunan berat badan secara signifikan selama 12 minggu mengkonsums teh hijau. Studi tersebut dilakukan pada 240 orang pria dan wanita secara acak.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa penurunan berat badan tersebut terjadi karena adanya tingkat penurunan lemak pada lingkar pinggang dan daerah perut. Sehingga cocok sekali dengan orang yang memiliki perut buncit dan ingin kurus sebagaimana yang diharapkan.

10. Teh Hijau Menambah Umur Anda
Meskipun semua akan kembali kepada sang pencipta, namun mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker merupakan jalan terbaik untuk hidup lebih lama. Saat ini banyak orang yang meninggal di usia muda karena pola hidup yang kurang sehat, maka dari itu menjalani hidup sehat adalah kunci anda menjaga umur anda.

Sebuajh studi di Jepang yang melibatkan setidaknya 50.530 orang mendapati hasil bahwa orang yang suka minum teh hijau secara rutin memiliki resiko kemungkinan meninggal selama periode 11 tahun lebih kecil dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

Meskipun banyak pro dan kontra terhadap studi tersebut setidaknya kita bisa mengambil pelajaran mengenai manfaat teh hijau cap kepala jenggot yang dapat mengurangi resiko kemantian akibat sakit jantung dan kanker. Semua kembali kepada diri masing-masing, tentu saja anda tidak akan menambah umur anda hanya karena minum teh hijau secara rutin, anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dan melakukan olahraga rutin untuk menjaga metabolisme tubuh.

Efek Samping Teh Hijau Cap Kepala Jenggot

Secara umum, efek samping dari teh hijau cap kepala jenggot tidaklah besar, bahkan bila pada orang sehat efek samping tersebut tidak ada. Efek samping dari teh hijau merupakan pengecualian terlebih bagi ibu hamil datau orang-orang yang mengalami penyakit khusus yang apabila meminum teh hijau justru memicu penyakitnya kambuh. Mungkin saya ingin menambahkan saran penggunaannya saja. Kita tahu bahwa sesuatu yang berlebihan itu kadang tidak baik untuk diri kita sendiri, begitu juga dengan minum teh hijau ini. Konsumsi teh hijau yang dianjurkan adalah 300 mg per hari atau 2 sampai 3 cangkir teh saja per hari. Hal ini karena bagi beberapa orang yang meminum teh hijau melebihi saran penggunaan tersebut dapat memicu beberapa penyakit seperti glukoma, diare dan denyut jantung tidak teratur karena pengaruh kafein.

Demikian informasi mengenai manfaat teh hijau cap kepala jenggot yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menambah wawasan anda dan selalu jaga kondisi kesehatan tubuh anda.