Mengenal Tentang Renang

mengenal tentang renang

renang adalah olahraga yang dapat merelaksasi tubuh, renang merupakan olahraga yang dilakukan secara individu. Berenang biasanya dilakukan tanpa ada perlengkapan buatan. Kolam yang dilombakan biasanya berukuran dengan Panjang lintasan kolam renang adalah 50 m sementara lintasan pendek adalah 25 m. Dalam spesifikasi Federasi Renang Internasional untuk kolam ukuran Olimpiade ditetapkan panjang kolam 50 m dan lebar kolam 25 m. Kedalaman kolam minimum 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pertama lintasan hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok start. Kedalaman minimum di bagian lainnya adalah 1,0 m.

manfaat melakukan olahraga berenang selain jantung kita dapat terpacu, kombinasi gerakan tangan dan kaki dapat menguatkan otot-otot tangan dan kaki. Berenang juga dapat menjadikan pernapasan menjadi teratur dan tidak mudah lelah. olahraga ini juga sangat mempengaruhi terhadap peredaran darah. jadi berenang sangat berpengaruh dalam kesehatan bukan hanya dimanfaatkan untuk olahraga namun juga dapat untuk rekreasi. Selain itu, berenang dapat menumpuk keberanian dan perasaan mampu serta percaya diri sendiri, di samping itu dapat untuk membangkitkan suasana kegembiraan yang tidak dapat dijumpai di olahraga lainnya. Persentuhan dengan air merupakan pengalaman fisik yang dapat membangkitkan respon kejiwaan.

Olahraga renang juga melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang sehingga atlet harus benar-benar menguasai setiap pergerakannya dan mampu mencapai waktu yang ditentukan agar mendapatkan hasil yang optimal. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. renang juga merupakan olahraga yang sudah diresmikan oleh pemerintah dan sering diperlombakan dalam acara olahraga.

Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di “gua perenang” yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya 25:11), serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. Pada 1538, Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst).

Perlombaan renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Sebagian besar peserta waktu itu berenang dengan gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di Amerika Selatan. Renang merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renang Olimpiade. Persatuan renang dunia, Federation Internationale de Natation (FINA) dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah satu variasi gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952.

Biasanya olahraga renang ini sebelum kemerdekaan kita hanya dilakukan oleh bangsa kulit putih dengan teknik yang sudah maju sedangkan bangsa indonesia hanya dilakukan disungai atau danau tanpa teknik memadai namun perkembangan renang di jaman jepang menjajah kesempatan umum lebih besar. Pada tahun 1951 setelah terbentuk PBSI (Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia) Sejak itu renang di Indonesia menjadi maju PBSI diterima menjadi anggota PORI (Perserikatan Olahraga Republik Indonesia) yang kemudian dirubah menjadi KOI (Komite Olympiade Indonesia). Tahun 1952 PBSI diterima menjadi anggota FINA dan IOC pada Olympiade Helsinki 1952 Indonesia telah mengirim seorang perenang. Tahun 1959 PBSI berubah menjadi PRSI (Perserikatan Renang Seluruh Indonesia) dan renang mengalami kemajuan sampai sekarang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sejarah renang, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, anda juga bisa membaca posting lain di halaman ini