Menghindari Obat Batuk Anak 2 Tahun Kebawah

Terkadang kita akan dihadapkan pada situasi yang sulit ketika anak jatuh sakit dan tidak tega melihat sang anak batuk-batuk. Anda mungkin berfikir untuk melangkah dengan cepat untuk mencari obat batuk anak 2 tahun yang banyak dijual di Apotek. Hal tersebut merupakan reflek spontan orang tua yang sering terjadi di masyarakat karena tidak tega melihat anaknya kesakitan karena batuk apalagi hingga sampai batuk berdahak. Tapi tahukah anda bahwa memberikan obat pada anak-anak kecil bukanlah solusi yang tepat dan beresiko memberikan efek samping dimasa yang akan datang.

Batuk pada dasarnya bukanlah penyakit, melainkan reaski tubuh yang tidak nyaman karena ada gangguan di tenggorokan. Para medis biasa menyebut batuk sebagai respon fisiologis seseorang untuk mengeluarkan zat yang menggangu sistem pernapasan. Zat tersebut biasanya berupa lendir / muskus yang membuat tenggorokan merasa gatal dan tubuh memberikan reaksi berupa batuk untuk mengeluarkan muskus tersebut. Reaksi tersebut tidak hanya terjadi pada anak kecil saja, orang dewasa juga akan batuk ketika ada zat yang menggangu sistem pernapasan.

obat batuk anak 2 tahun

Menghindari penggunaan obat batuk anak 2 tahun

Alternatif Obat Batuk Anak 2 Tahun

Dalam beberapa studi yang telah dilakukan oleh pada ahli Pediatrics menyatakan bahwa obat kimia bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi batuk pada anak terutama yang masih berumur dibawah 2 tahun. American Academy of Pediatrics juga mengingatkan efek samping dalam penggunaan obat kimia dimasa mendatang yang bisa jadi menjadi resiko yang harus ditanggung oleh anak anda. Untuk itu kami berkesempatan untuk membahas mengenai cara mengobati batuk pada andak tanpa menggunakan obat kimia. Berikut ini tips-nya:

1. Gunakanlah Cairan Untuk Mengusir Batuk
Cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghindari obat batuk anak 2 tahun adalah menggunakan cairan. Cairan bisa membantu mengeluarkan lendir dan dahak yang menggangu tenggorokan. Anda bisa menggunakan air hangat atau minuman teh hangat tanpa kafein yang ditambah dengan madu untuk mengusir dahak ditenggorokan anak anda. Bisa anda anda masih minum ASI, sebaiknya anda memberikan ASI secara eksklusif. ASI merupakan cairan yang bisa membuat lendir menipis dan mengandung antibodi yang membantu mempercepat proses penyembuhan batuk pada anak.

2. Gunakan Sup Ayam Hangat Untuk Mengurangi Rasa Gatal Di Tenggorokan
Sup ayam adalah jenis makanan yang aman dikonsumsi ketika anak anda sedang batuk. Kuah hangat yang dilengkapi dengan kalbu membuat pernapasan lebih lega dan dahak di tenggorokan mulai berkurang. Studi yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics lebih menyarankan penggunaan sup ayam berkaldu dibandingkan obat kimia yang tersedia ditoko-toko obat.

3. Jaga Kelembaban Ruangan
Obat batuk anak 2 tahun sering kali tidak mempan jika si anak berada di ruangan yang memiliki udara kering. Udara yang terlampau kering bisa memicu iritasi pada paru-paru anak yang membuat batuknya menjadi lebih parah. Terkadang sang sanak juga merasa tidak nyaman ketika mau tidur karena kelembaban udara yang tidak sesuai. Anda bisa menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban udara dikamar anak anda.

4. Ajak Anak Anda Mengeluarkan Lendir / Dahak
Lendir / dahak yang dibiarkan justru memicu batuk menjadi lebih parah. Sang anak akan sering batuk dalam agar rasa gatal di leher hilang. Untuk itulah anda harus mengajarkan bagaimana mengeluarkan lendir yang berada dihidungnya agar tidak merembet ke tenggorokan. Cobalah ajari perlahan dan ajak anak anda mendorong lendir yang ada di hidung untuk keluar dan seka menggunakan tisu.

Baca juga : Obat batuk untuk anak dan bayi

Itulah cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghindari penggunaan obat batuk anak 2 tahun. Bagaimanapun juga penggunaan obat kimia untuk anak kecil tidak baik untuk kesehatannya dimasa yang akan datang. Oleh karena itu lebih baik mempertimbangkan untuk menggunakan obat alami untuk mengobati batuk anak dibawah 2 tahun.