Obat Panas Dalam Dengan Bahan Alami

Tahukah anda bahwa ternyata panas dalam itu bukanlah jenis penyakit seperti yang diduga selama ini. Panas dalam merupakan gejala awal beberapa penyakit yang berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon tubuh atau karena gangguan tenggorokan dan pencernaan. Hal inilah yang membuat kita menjadi sulit untuk mencari obat panas dalam yang pas karena kasus panas dalam pada satu orang mungkin akan berbeda dengan apa yang terjadi pada orang lain. Saat ini memang banyak produk komersial yang berlabel sebagai obat panas dalam. Obat tersebut memang membantu untuk memberikan pertolongan pertama agar gejala awal panas dalam tidak semakin parah.

Menurut seorang ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Internasional Bintaro yaitu Dr. T Bahdar Johan, Sp.PD, Panas dalam bukanlah sebuah penyakit karena tidak ada istilah panas dalam di dunia medis. Panas dalam merupakan tanda awal suatu penyakit dimana suhu pada tubuh pasien normal ketika dicek menggunakan termometer namun pasien sendiri merasakan panas pada bagian dalam tubuh.

obat panas dalam

Mengobati panas dalam

Obat Panas Dalam Yang Ampuh

Berhubung panas dalam memiliki karakteristik yang berbeda-beda tiap orang membuat banyak orang yang bingung mana yang tepat dan mana yang tidak. Menurut Dr T. Bahdar Johan, Sp.PD mengobati panas dalam sebanarnya tidak begitu sulit, cara yang biasa beliau gunakan adalah mendengarkan keluhan pasien yang terkena panas dalam dan menyesuaikan obat panas dalam yang cocok. Sebagian besar keluhan pasien memang mengarah pada kondisi sariawan, sakit gigi, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan dan merasakan rasa terbakar pada bagian dada.

Cara mengobati panas dalam biasanya hanya untuk menghilangkan gejala saja karena memang panas dalam bukanlah penyakit. Misalnya pasien mengeluhkan rasa sakit di lambung maka dokter memberikan obat lambung yang sesuai dan yang mengurangi hal-hal yang memicu panas dalam tersebut kembali lagi. Biasakan untuk tetap memeriksakan diri jika setelah berobat panas dalam masih terjadi karena dokter masih perlu mendiagnosis penyakit lain yang menimbulkan gejala panas dalam.

Artikel terkait : Mengobati Sakit tenggorokan secara efektif

Obat Panas Dalam Alami

Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia banyak yang lebih memilih menggunakan bahan alami untuk mengobati panas dalam. Tidak mengherankan karena Indonesia sejak dulu dikenal dengan ramuan herbal tradisional berupa jamu maupun rempah-rempah pilihan. Memilih bahan alami memang menjadi pilihan bijak mengingat efek samping dari bahan alami tidak begitu parah dibandingkan dengan penggunaan obat kimia. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati panas dalam :

1. Buah Manggis
Buah manggis telah dikenal masyarakat sebagai buah yang menyejukkan. Tekstur yang juicy pada buah manggis dapat membantu anda meringankan gejala panas dalam ringan. Anda bisa mengkonsumsi langsung buah manggis ketika anda merasakan gejala panas dalam. Buah manggis adalah obat panas dalam yang alami jadi anda tidak perlu khawatir mengenai efek samping kecuali anda memiliki alergi terhadap buah manggis.

2. Ketimun
Buah ketimun merupakan buah yang dapat melawan karsinogen yang memicu panas dalam. Oleh sebab itu kebanyakan makanan yang berlemak yang bisa memicu panas dalam selalu disertai dengan irisan ketimun. Coba deh perhatikan kalau anda makan pecel lele atau ayam atau daging bakar yang memang bisa memicu panas dalam.

3. Cincau.
Kalau lagi cuaca panas enaknya minum es cincau kali ya.. Es cincau merupakan makanan dari tumbuhan yang biasanya diolah sebagai pelengkap minuman / dawet. Kandungan yang dimiliki oleh cincau ternyata bisa membantu anda mengurangi rasa sakit panas dalam. Tekstur yang lembut dan menyejukkan menjadi alternatif lain ketika anda ingin mengobati panas dalam. Anda juga bisa mencampur cincau dengan madu untuk variasi rasa.

4. Kacang hijau
Kacang hijau dikenal sejak dulu sebagai salah satu bahan makanan yang bisa mengurangi rasa sakit panas dalam. Ramuan di Cina juga banyak yang menggunakan bahan kacang hijau untuk mengatasi masalah kesehatan seperti gejala panas dalam. Banyak sekali jenis olahan yang menggunakan bahan kacang hijau sehingga anda tidak akan kesulitan memperolehnya.

5. Air kelapa muda.
Selain sebagai elektrolit alami, air kelapa muda juga bermanfaat bagi manusia sebagai obat panas dalam. Anda bisa menggunakan air kelapa yang ditambah dengan gula aren untuk mengurangi radang tenggorokan yang biasanya memicu panas dalam.

Cara Mencegah Panas Dalam

Lebih baik mencegah bila dibandingkan harus mengobati. Biaya pengobatan yang tidak murah menjadi alasan kita untuk menjaga kondisi kesehatan. Berhubung panas dalam itu disebabkan oleh banyak hal maka tips pencegahan ini diharapkan dapat membantu anda menghindari panas dalam. Berikut ini tips yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehai-hari :

a. Jangan kagetkan tubuh dengan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin
Perlu anda ketahui baha sistem pencernaan manusia memiliki batas suhu tertentu dimana anda sangat disarankan untuk tidak mengagetkan tubuh dengan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Makanan yang terlalu panas dapat menggangu lapisan lendir yang melapisi saluran pencernaan, sedangkan makanan yang terlalu dingin membuat sistem pencernaan mengkerut sehingga proses pencernaan terganggu.

b. Kurangi gorengan dan makanan berminyak.
Makanan berminyak karena digoreng bisa membuat iritasi pada tenggorokan apalagi ketika gorengan tersebut disantap saat masih panas. Tenggorokan yang terkena peradangan biasanya memicu gejala panas dalam.

c. Makan secara teratur
Jadwal makan yang tidak teratur bisa membuat gangguan pencernaan atau gangguan lambung. Bagi orang yang memiliki riwayat asam lambung sangat disarankan untuk memiliki jadwal makan yang teratur. Makan yang tidak teratur bagi penderita asam lambung bisa memicu naiknya asam lambung sampai ke dada dan tenggorokan. Naiknya asam lambung hingga dada membuat dada terasa terbakar seperti yang banyak dikeluhkan masyarakat.

Baca juga : Waspadai gejala asam lambung ini.

d. Olahraga teratur
Selain memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi untuk mencegah panas dalam. Orang yang sering mengalami panas dalam sangat disarankan untuk rajin berolahraga. Dengan rajin olahraga tubuh akan menjadi fit dan memiliki daya tahan yang baik. Perlu anda ketahui juga bahwa cepat merasa lelah juga bisa memicu panas dalam.

e. Hindari stres.
Daripada harus setiap hari minum obat panas dalam, anda bisa mencoba tips menghindari panas dalam dengan mengelola kondisi psikis / menghindari stres. Stres sangat menguras tenaga dan bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga memicu panas dalam.

Langkah bijak yang bisa kita ambil setelah membaca artikel ini adalah kita selalu menghargai kesehatan tubuh kita, jangan pernah lelah untuk sehat dan pastikan anda tidak mengalami gejala panas dalam setelah membaca artikel ini. Tak lupa juga untuk bijak dalam memilih obat panas dalam sesuai dengan apa yang anda alami, selalu konsultasikan ke dokter anda jika anda masih bingung / ragu dalam mengambil keputusan.