Obat Penyakit Tipes Dari Tim Medis

Suatu hari tetangga saya nanya mengenai obat penyakit tipes yang manjur, kebetulan beliau belum mempunyai akses internet dirumah jadi ya maklum kalau beliau tidak menemukan jawabannya. Berhubung saya sering browsing jadi saya saya langsung bisa jawab pertanyaan beliau ini dengan beberapa acuan situs ternama seperti Mayo Clinic ataupun Webmd. Saya menyadari bahwa infromasi penting seperti ini wajib hukumnya untuk dibagikan kepada seluruh masyarakat Indonesia karena ini menyangkut kelangsungan hidup pasien penyakit tipes. Oleh karena itu saya juga wajib memberikan informasi obat yang cocok bagi penderita tipes dari sumber yang terpercaya.

Pada artikel sebelumnya saya mengangkat beberapa isu mengenai tipes, salah satunya ciri-ciri penyakit tipes dan gejala penyakit tipes pada orang dewasa. Mungkin bagi anda yang belum mengetahui mengenai keduanya berkenan untuk membaca kedua artikel tersebut karena keduanya sangat berkaitan erat dengan bagaimana kita bisa mengobati penyakit tipes agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Satu hal penting yang ingin saya sampaikan bahwa tipes itu memiliki fase-fase dimana anda harus menyikapinya dengan benar. Fase-fase tersebut bisa terjadi per minggu hingga sampai minggu keempat. Untuk lebih jelasnya silahkan anda membuka artikel mengenai fase penyakit tipes yang sering terjadi.

obat penyakit tipes

pengobatan penyakit tipes

Obat Penyakit Tipes Sesuai Arahan Tim Medis

Penyebab penyakit tipes adalah infeksi bakteri Salmonella typhi yang masuk kedalam tubuh memalui berbagai cara. Biasanya bakteri salmonella ini masuk bersama makanan atau minuman yang terkontaminasi. Berhubung penyebab tipes adalah bakteri, kita bisa melakukan pengobatan penyakit tipes menggunakan antibiotik. Lalu bagaimana dengan resistensi karena pengobatan menggunakan obat ? Itulah mengapa anda tidak boleh menggunakan obat sembarangan apalagi tanpa resep dari dokter. Berikut ini beberapa obat yang membantu anda melawan bakteri salmonella typhi :

A. Chloramphenicol
Menurut Dr. Zulfiqar Bhutta, Chloramphenicol masih menjadi obat yang memiliki tingkat kesembuhan efektif yang membantu kesembuhan pasien penyakit tipes. Beliau menyarankan penggunaan obat ini dengan catatan anda harus membatasi penggunaan obat lain seperti fluoroquinolones agar tidak terjadi resistensi obat yang berkelanjutan.

B. Amoxicillin
Amoxilin merupakan obat penyakit tipes yang penggunaanya cukup fleksibel, yaitu bisa dikonsumsi langsung atau menggunakan metode suntik ke dalam pembuluh vena. Amoxicillin merupakan obat yang efektif dengan kisaran kekambuhan hanya sekitar 4 hingga 8 persen. Amoxicillin juga terkenal sebagai obat yang aman atau ditoleransi terhadap terjadinya resistensi. Dr Bhutta juga merekomendasikan penggunaan obat ini dengan resep dokter.

C. Trimethoprim-Sulfamethoxazole
Mungkin Trimethoprim-Sulfamethoxazole atau TMP-SMX namanya agak asing bagi anda. Jenis obat ini biasanya digunakan untuk membantu mengobati pasien penyakit tipes yang sudah kronis. Penggunaan obat selama 6 minggu mampu mengobati gejala kronis dan menghindarkan pasien dari akibat tipes yang lebih berbahaya. WHO melaporkan bahwa pengobatan menggunakan TMP-SMX bisa sangat membantu namun dengan catatan memperoleh resep dokter.

D. Fluoroquinolones
Fluoroquinolones adalah obat penyakit tipes pada anak dan orang dewasa yang dianggap sebagai obat pilihan menurut WHO. Fluoroquinolones termasuk ciprofloxacin, levofloxacin dan norfloksasin. Ciprofloxacin yang merupakan jenis Fluoroquinolones dilaporkan dapat membersihkan bakteri salmonella hingga 80 persen pada beberapa kasus yang dilaporkan oleh WHO. Anda mungkin akan memerlukan perbincangan dengan dokter karena penggunaan Fluoroquinolones mungkin tidak akan cocok bila digunakan bersama Chloramphenicol.

E. Ceftriaxone
Ceftriaxone mungkin menjadi alternatif yang diberikan oleh dokter dibandingkan dengan penggunaan Fluoroquinolones yang memiliki tingkat resistensi obat yang lebih tinggi. Ceftriaxone merupakan antibiotik injeksi yang menjadi pilihan lain seperti halnya penggunaan sefalosporin. Efek samping yang biasanya ditimbulkan oleh penggunaan obat ini adalah alergi dan penyakit kuning. Oleh sebab itu anda perlu rekomendasi dokter mengenai obat mana yang cocok dengan kondisi anda.

F. Azithromycin
Azithromycin hampir sama dengan Ceftriaxone yang merupakan jenis obat penyakit tipes yang menjadi pilihan agar tidak mengalami resistensi saat penggunaan obat tipes seperti fluoroquinolones. Obat ini juga efektif untuk mengobati penyakit tipes terlebih pada anak-anak maupun orang dewasa.

Obat Tradisional Penyakit Tipes

Mungkin ada beberapa kalangan yang lebih memilih untuk melakukan pengobatan secara herbal guna mengurangi resiko efek samping dari bahan kimia yang ada pada obat. Hal tersebut sangat wajar karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah dan kental sekali dengan ramuan tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati suatu penyakit. Lalu bahan apa saja yang bisa dijadikan obat alami penyakit tipes ? berikut ini jawabannya :

A. Daun Basil / Kemangi
Daun basil merupakan anugerah dari alam yang memiliki sifat antibiotik dan antibakteri. Daun basil berkhasiat sebagai obat tradisional penyakit tipes yang membantu menurunkan demam, menjaga kondisi perut dan tentu saja menjaga sistem kekebalan tubuh anda. Penggunaanya cuku mudah, anda bisa menggunakan 20 daun basil / kemangi dengan 1 sendok teh jahe kencur untuk direbus menggunakan 1 cangkir air. Anda juga bisa menambahkan madu untuk variasi agar tidak bosan dengan aroma rebusan daun basil / kemangi. Setelah rebusan jadi anda bisa mengkonsumsinya dengan meminum 2 hingga 3 kali sehari sebagai langkah pengobatan penyakit tipes.

B. Bawang Putih
Barangkali selama ini anda tidak menyadari bahwa bawang putih merupakan salah satu obat penyakit tipes yang alami. Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit tipes. Penggunaannya juga cukup mudah anda bisa mengkonsumsi 2 siung bawang putih saat perut kosong untuk menghilangkan tipes atau menggunakan variasi lain seperi menambahkan setengah sendok bawang putih dengan susu yang direbus dengan air. Perlu anda perhatikan juga bahwa penggunaan bawang putih mungkin tidak cocok untuk anak-anak maupun ibu hamil, jadi anda mungkin bisa meminta pertimbangan dokter untuk hal tersebut.

Makanan Penyakit Tipes

Ketika anda tipes itu berarti sanitasi dilingkungan anda kurang baik atau anda yang suka memiliki kebiasaan jajan sembarangan. Kalau sudah terlanjur mengalami tipes mungkin anda membutuhkan beberapa jenis tipe makanan ini agar lekas sembuh. Menurut rekomendasi dari Mayo Clinic makanan penyakit tipes itu harus mengandung kalori yang tinggi dan bukan berasal dari makanan yang menganung serat tinggi. Makanan dengan serat tinggi tidak cocok bagi pasien penyakit tipes karena makanan tersebut sulit untuk dicerna sehingga bisa menimbulkan iritasi diusus. Berikut ini makanan yang dibutuhkan oleh pasien penyakit tipes : kentang rebus, pasta, nasi putih, pisang, roti putih dan jus buah.

Baca juga : Manfaat buah kelapa untuk kesehatan manusia

Selain mengkonsumsi makanan berkalori tinggi, tubuh pasien penyakit tipes juga harus diisi dengan air putih yang cukup. Takarannya bisa menggunakan enam hingga delapan gelas per hari. Kenapa begitu ? pada saat mengalami penyakit tipes, pasien biasanya akan sering buang air besar yang disertai dengan keluarnya cairan dalam tubuh. Hal ini bisa memicu dehidrasi bila tidak segera dibackup dengan air putih atau jus buah. Itulah mengapa air putih bisa dijadikan obat penyakit tipes yang alami dan aman bagi kesehatan tubuh manusia.