Obat Tradisional Diabetes Melitus dan Kering

Obat Tradisional untuk Diabetes Melitus dan Kering. Pembaca yang terhormat kali ini saya ingin menyampaikan informasi mengenai obat tradisonal yang aman digunakan untuk penderita diabetes. Kita tahu bahwa penyakit ini merupakan gangguan kesehatan yang cukup banyak terjadi di Indonesia. Saya memperoleh data dari WHO bahwa Indonesia merupakan negara ke-4 terbanyak menderita penyakit diabetes pada tahun 2000. Pada tahun tersebut tercatat ada sekitar 8.426.000 dengan peningkatan diperkirakan mencapai 152 % di tahun 2030, sehingga WHO memprediksi bahwa 21 juta masyarakat Indonesia terancam penyakit jenis ini.

obat tradisional diabetes

Obat Tradisional Diabetes

Obat tradisional yang ingin saya bahas ini meliputi penggunaan bahan alami yang diperoleh dari alam. Menurut beberapa literatur yang saya baca pengobatan dengan bahan alami dan tidak banyak mengandung zat kimia lebih aman bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping berlebihan jika dibandingkan dengan pengobatan dengan bahan kimia.

Dalam dunia medis Diabetes juga dikenal dengan Diabetes tipe I dan tipe II, sedangkan dimasyarakat ada juga yang mengenal istilah diabetes kering dan basah. Sebenarnya yang membedakan diabetes itu adalah tipe I dan tipe II, kalau tipe kering dan basah itu cuma penggambaran masyarakat dimana biasanya penderita diabetes militus ini menjadi kurus kering karena penyakit yng menggerogoti tubuh. Saya akan lebih memperjelas mengenai tipe-tipe diabetes pada artikel selanjutnya agar anda paham mengenai gejala dan cara mengatasi masing-masing tipe, ingat bahwa setiap tipe memiliki karakteristik yang berbeda sehingga anda juga harus mengetahuinya lebih mendalam agar tidak salah antisipasi.

 

Obat Tradisional Diabates Melitus

Kembali lagi ketopik utama yaitu obat tradisional yang bisa anda gunakan sebagai pengobatan alternatif yang aman bagi tubuh. Bahan-bahan alami dibawah ini cukup efektif untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Ingat bahwa kebanyakan penderita diabetes melitus / kencing manis diakibatkan karena kadar gula darah yang berlebih dan tidak terkontrol karena adanya gangguan insulin. Adapun macam-macam bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat alternatif adalah :

A. Pare
Berutunglah jika anda menjadi penggemar pare, pare merupakan sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh meskipun banyak orang yang tidak menyukainya karena rasanya yang cukup pahit. Tahukah anda bahwa pare mengandung sel-sel penting yang berfungsi untuk merangsang sekresi insulin di pankreas. Pare juga aktif meregenerasi sel-sel aktif yang berguna untuk menurunkan gula darah terlebih bagi penderita diabetes tipe 2. Cara menggunakan pare sebagai obat tradisonal diabetes melitus sebenarnya cukup mudah yauit hanya dengan memblendernya menjadi jus atau dengan memerasnya. Saya sarankan untuk seperlunya dan tidak usah berlebihan mengonsumsi pare karena bisa membuat perut anda sakit / mual-mual.

B. Ginseng
Siapa bilang ginseng hanya untuk menambah tenaga saja ? tumbuhan ini memang terkenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh, jadi tidak salah kalau banyak ramuan korea atau china yang selalu menggunakan ginseng sebagai bahan dasar pembuatan ramuan tersebut. Ginseng sendiri bermanfaat untuk mencegah diabetes tipe 2 karena sifatnya yang mampu membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah.

C. Brotowali
Brotowali atau dalam dunia ilmiah dikenal dengan istilah Tinaspora Crispa merupakan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan pada akar dan batangnya untuk mengontrol kandungan glukosa pada tubuh. Hal ini karena brotowali memiliki senyawa aktif yang disebut dengan Tinokrisposid. Cara menggunakan Brotowali sebagai obat tradisonal cukup dengan pemanfaatan ekstraknya / dengan cara merebus batang dan akarnya menggunakan air secukupnya. Setelah direbus air tersebut bisa diminum untuk mengurangi resiko penyakit diabetes. Apakah hal tersebut aman? menurut literatur yang saya baca, penggunaan air rebusan brotowali ini telah terbukti secara klinis aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung racun yang berbahaya. Penelitian juga telah dilakukan oleh RS King Chulalangkorn yang juga menggunakan ekstrak brotowali untuk membantu para penderita diabet mengontrol gula darah.

D. Buncis
Tidak salah lagi kalau sayuran ini termasuk salah satu cara alami untuk mengurangi resiko diabetes. Buncis memang banyak manfaat dan saya suka itu. Senyawa yang terkandung pada buncis terbukti meningkatkan produksi insluin yang artinya jika insulin anda terjaga maka anda selangkah lebih maju untuk mengatasi permasalahan diabetes melitus entah itu kering maupun basah / tipe 1 dan tipe 2. Cara penggunaannya cukup buat sayur berbahan buncis, mungkin anda ingin menambahkan bahan lain silahkan, semakin anda tidak merasa berat untuk mengkonsumsi buncis itu lebih baik.

Selain obat tradisional untuk diabetes melitus dan diabetes kering diatas, tentu saja anda masih perlu untuk melakukan tindakan preventif dengan cara menjaga pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur serta tak lupa berdo’a kepada Sang Pencipta untuk dikarunia kesehatan selalu dan dijauhkan dari mara bahaya.