Panduan Konsumsi Buah Untuk Ibu Hamil

Panduan konsumsi buah untuk ibu hamil ini saya tujukan bagi anda yang saat ini sedang hamil atau untuk istri anda yang sedang hamil. Hal ini sangatlah penting karena kesalahan dalam mengkonsumsi buah-buahan dapat menyebabkan rasa tidaknyaman bahkan menimbulkan rasa sakit bagi wanita hamil. Panduan ini akan berisi mengenai buah apa saja yang baik dikonsumsi dan buah apa yang menjadi pantangan bagi ibu hamil.

Sebelumnya saya ingin menyampaikan selamat atas kehamilan anda, bagaimanapun juga hamil merupakan anugerah terindah yang dititipkan oleh Allah bagi setiap pasangan suami-istri yang ingin membina keluarga yang bahagia, ceria dan menyenangkan. Kehamilan tentu saja sesuatu yang didambakan terutama oleh ibu muda, oleh karena itu menjaga kesehatan kandungan sangatlah penting. Ada banyak cara untuk mejaga kesehatan kandungan dan salah satunya memilih buah-buahan untuk ibu hamil.

 buah untuk ibu hamil

Memilih Buah Untuk Ibu Hamil

Sebagai calon ibu yang bijak tentu anda tidak mau salah dalam hal memilih buah. Ada berbagai macam buah yang tersedia dipasar buah maupun supermarket, namun anda perlu memilih buah yang baik untuk ibu hamil dan meninggalkan buah pantangan. Pemilihan buah untuk ibu hamil ini sangat bermanfaat karena ada beberapa buah yang kurang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda juga perlu memastikan bahwa buah yang anda pilih merupakan buah yang segar dan memiliki mutu yang tinggi. Saran saya selalu beli buah ditempat-tempat yang anda percayai selalu menyediakan buah yang fresh. Berikut ini sedikit tips memilih buah yang segar.

  • Pilih buah yang kulitnya tidak ada bercak
  • Pegang buah untuk memastikan tidak blenyek
  • Jangan pilih buah yang sudah berkerut
  • Bila buahnya memiliki tangkai seperti anggur dan kelengkeng, jangan pilih yang sudah lepas dari tangkai

 

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Setiap buah memiliki khasiat masing-masing, tinggal bagaimana kita memilih buah tersebut untuk keperluan apa. Buah yang tidak cocok untuk peruntukannya justru dapat mengakibatkan masalah yang tidak anda duga, oleh karena itu penting sekali untuk menentukan manakah buah yang baik untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis buah yang dianjurkan untuk setiap calon ibu di Indonesia.

1. Buah Apel

Apel merupakan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk perkembangan janin ibu. Vitamin yang terkandung dalam buah apel diantaranya Vitamin A, B1, B3, B5, B6, B9 dan Vitamin C. Kandungan lain dari buah apel yang bermnafaat bagi kandungan adalah tannin dan serat.

2. Buah Naga

Jika sebelumnya anda telah membaca artikel mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil, anda tentu tahu betapa besarnya manfaat buah naga ini. Pada bahasan yang lalu saya menyampaikan bahwa kandungan asam folat, serat, kalori yang kecil dan kalsium pada buah naga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Dalam setiap 100 gram konsumsi buah naga anda akan mendapatkan beberapa nutrisi yang sangat penting. Untuk detail mengenai jumlah nutrisi yang terkandung silahkan menengok informasi mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil. Bila anda bingung bagaimana menyajikan buah naga, cobalah tips membuah jus buah naga.

3. Buah Cherry

Ibarat orang, buah cherry itu kecil tapi cabe rawit. Khasiatnya bagi ibu hamil sangatlah besar. Bahkan buah cherry mengandung zat besi 20 kali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk dan apel. Kandungan lain dari buah cherry diantaranya karoten, kalsium, fosfor, asam sitrat dan beberapa jenis vitamin. Cherry merupakan buah yang baik untuk ibu hamil, hal ini dikarenakan khasiat buah cherry yang membuat tubuh memiliki metabolisme yang baik serta membuat kulit bayi menjadi putih dan sehat.

4. Buah Anggur

Buah anggur dipercaya merupakan buah yang baik untuk ibu hamil, hal ini tentu saja karena kandungan zat besi yang tekandung dalam buah anggur sangat banyak. Pilihlah buah anggur yang masih tergelantung pada tangkainya. Buah yang tergantung pada tangkainya memiliki tingkat kesegaran yang lebih baik dibandingkan yang sudah terlepas dari tangkai. Manfaat ini juga ditambah dengan kandungan fosfor, asam organik, kalsium, lesitin, karoten, vitamin C, dan vitamin B1 yang tersedia dalam buah anggur.

Larangan Buah Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, baik ibu muda maupun yang sudah lama menjadi ibu. Informasi ini sangat penting terutama bagi ibu muda yang baru merasakan kehamilan untuk pertama kalinya. Berikut ini jenis buah yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Pepaya

Kalau dihitung nutrisi yang terkandung dalam pepaya memang cukup banyak, sayangnya buah ini tidak cocok untuk ibu hamil. Pepaya yang setengah matang / mentah merupakan sumber bahaya bagi ibu hamil. Kandungan dari pepaya mentah ini dapat memicu kontraksi rahim yang tidak diinginkan. Bila anda penggemar pepaya, usahakan mengurangi atau memilih pepaya yang benar-benar sudah matang untuk mengurangi resiko kontraksi tersebut.

2. Nanas

Alasan nanas masuk dalam daftar larangan buah untuk ibu hamil karena kandungan bromelain yang cukup tinggi. Konsumsi bromelain saat hamil dapat mengakibatkan persalinan yang prematur karena pelunakan leher rahim. Bila anda sering mengkonsumsi nanas, sebaiknya anda mulai merubah hal tersebut dan pilihlah buah yang baik untuk ibu hamil.

3. Durian

Durian juga merupakan buah yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat hamil. Kandungan asam arachidonat pada buah durian ternyata tidak bersahabat dengan kesehatan janin anda. Asam Archidonat ini merupakan pemicu timbulnya senyawa prostaglandin yang dapat mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur.

Itu tadi beberapa jenis buah-buahan untuk ibu hamil, pilihlah buah dengan bijak dan selalu cuci dahulu buah yang ingin anda konsumsi. Semoga artikel mengenai buah untuk ibu hamil ini bermanfaat bagi seluruh pembaca yang kebetulan mau mendapatkan momongan.